Apa Syarat Syarat Kerja di Malaysia? Berikut Daftarnya

cara membuat paspor online

Syarat kerja di Malaysia dan negara-negara lain memang cukup banyak. Namun kerja di Malaysia merupakan impian untuk beberapa orang, dalam hal ini warga negara Indonesia. Selain karena jaraknya yang masih terbilang dekat dengan Indonesia, Malaysia juga memiliki biaya hidup yang tidak semahal negara lain. Faktor lainnya adalah bahasa Malaysia juga mudah dipahami karena tidak terlalu jauh dengan bahasa Indonesia. Namun faktor utamanya jelas karena gaji yang ditawarkan di Malaysia jauh lebih tinggi daripada di Indonesia. Dengan pekerjaan yang sama, buruh misalnya, mereka bisa mendapatkan gaji 3 kali lebih besar daripada menjadi buruh di Indonesia. Sehingga banyak juga masyarakat Indonesia yang tertarik untuk bekerja di sana.

Namun jika Anda berpikir bekerja di sana itu mudah, maka sekarang jauh lebih ketat. Banyak syarat yang harus dipenuhi agar bisa kerja di Malaysia. Meskipun begitu, semua persyaratan tersebut akan bermanfaat juga nantinya bagi para Buruh Migran Indonesia (BMI) atau biasa disebut dengan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Berikut ini adalah syarat-syarat kerja di Malaysia.

1.  Visa Bekerja di Malaysia

Saat ini Malaysia memang menjadi salah satu negara yang bebas visa. Namun visa bekerja berbeda dengan visa berkunjung sehingga Anda tetap harus memilikinya.

2.  Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi dapat Anda peroleh dari kepala Disnaker kabupaten atau kota.

3.  Paspor Indonesia

paspor indonesia 1 scaled 1 - Apa Syarat Syarat Kerja di Malaysia? Berikut Daftarnya

Pastikan paspor yang Anda miliki ini masih berlaku. Terlebih bagi Anda yang sudah pernah membuat paspor sebelumnya.

4.  Usia Minimal

Bagi Anda yang akan menjadi Penata Laksana Rumah Tangga (PLRT), usia minimalnya adalah 21 tahun dan maksimal 45 tahun. Sementara untuk profesi lainnya minimal 18 tahun dan maksimal 38 tahun.

5.  Terdaftar di DEPNAKER RI

Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) atau agen yang akan menjadi perantara keberangkatan Anda ke Malaysia haruslah yang sudah terdaftar di Depnaker Indonesia. Dengan begitu, kedatangan Anda di Malaysia akan dianggap sah atau legal.

6.  Kontrak Kerja

Sebelum berangkat Anda harus sudah mengetahui siapa yang akan menjadi majikan atau pimpinan perusahaan tempat Anda bekerja. Hal ini dibuktikan dengan dokumen kontrak kerja yang sudah ditandatangani oleh majikan atau perusahaan tersebut dan Anda sendiri.

7.  Lulus Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan kesehatan yang dimaksud adalah FOMEMA. Biaya yang dibutuhkan untuk mengikutinya adalah RM180 untuk calon TKI laki-laki dan RM190 untuk calon TKI perempuan. Tenang saja karena biaya ini akan ditanggung sepenuhnya oleh majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja.

8.  Permit Kerja

Permit kerja atau work pass ini nantinya akan diurus oleh majikan atau perusahaan tempat Anda bekerja karena akan ada biaya yang dikenakan setiap tahun. Setelah pihak yang akan menggaji Anda mengurusnya, barulah Anda diperbolehkan bekerja di Malaysia.

9.  Kartu Pengenal Pekerja Asing

Kartu Pengenal Pekerja Asing ini harus dikeluarkan secara resmi oleh pemerintah Malaysia. Hampir sama dengan syarat di atas, biaya pengurusannya dibebankan kepada majikan, yaitu sekitar RM110. Nantinya, penegak hukum setempat dapat mengakses data diri Anda hanya dengan memindai kode batang yang ada di kartu tersebut. Dengan memiliki kartu ini, Anda akan terdaftar secara hukum sebagai tenaga kerja asing yang tinggal di Malaysia.

10.  Majikan yang Terdaftar

Pastikan juga nantinya Anda akan bekerja kepada majikan dan perusahaan yang nama dan alamatnya sudah tercantum dalam permit kerja. Sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, Anda akan cepat mendapatkan bantuan. Baik dari pemerintah Malaysia maupun pemerintah Indonesia.

11.  Program Asuransi Malaysia

Anda juga harus memastikan bahwa pihak yang akan mempekerjakan Anda telah mendaftarkan Anda dalam program asuransi di Malaysia. Ketentuan ini tercantum dalam Workmen Compensation Act tahun 1952. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi Anda terutama terkait pemenuhan hak-hak Anda sebagai tenaga kerja.

 

checklist dokumen - Apa Syarat Syarat Kerja di Malaysia? Berikut Daftarnya

Demikian syarat-syarat yang harus Anda penuhi jika ingin bekerja di Malaysia. Memang terlihat banyak dan seperti sulit didapatkan. Namun jika Anda mengikuti PPTKIS legal yang secara khusus membantu dalam keberangkatan Anda sebagai TKI, beberapa syarat di atas akan dibantu dalam mencarikannya. Apalagi beberapa syarat di atas sangat membutuhkan kerjasama dari pihak yang akan mempekerjakan Anda nantinya. Karena pemerintah Malaysia juga harus memastikan bahwa PPTKIS yang Anda ikuti tidak ilegal. Anda sendiri juga harus cermat agar menghindari resiko tidak diterima di Malaysia nantinya.

Selain syarat di atas, Anda juga harus mempersiapkan hal-hal kecil namun penting sekali sebelum berangkat ke Malaysia. Salah satunya adalah urusan mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia dan sebaliknya. Qelola hadir sebagai aplikasi keuangan yang akan membantu para calon TKI dan yang sudah menjadi TKI dalam hal mengirim uang. Selain itu, Qelola juga akan membantu Anda dalam bertransaksi selama hidup di Malaysia. Jadi jangan ragu untuk download Qelola di play store.

Tags: , , ,