Cek BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

bpjs ketenagakerjaan

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJSTK merupakan badan hukum publik yang bertugas dan bertanggungjawab melindungi seluruh pekerja di Indonesia dari risiko sosial ekonomi tertentu melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan. Sebelum berubah nama, layanan ini disebut Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) yang dikelola oleh PT Jamsostek (Persero). PT Jamsostek kemudian berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS tertanggal sejak 1 Januari 2014. Lalu bagaimana cara cek BPJS Ketenagakerjaan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Program-Program Unggulan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan

cara mencairkan bpjs ketenagakerjaan 3 - Cek BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

BPJS dapat bertindak sebagai investasi. Mengapa demikian? Karena program BPJS yang tersedia tidak hanya berupa perlindungan, tetapi juga dalam bentuk tabungan atau investasi yang dapat dicairkan di kemudian hari. Sejak beroperasi aktif sejak 1 Juli 2015, setiap tenaga kerja dapat memperoleh jaminan-jaminan sosial yang dibutuhkan setalah didaftarkan oleh perusahaan tempatnya bekerja. Berikut ini adalah 4 macam program unggulan BPJSTK yang dapat dinikmati oleh pegawai dan tenaga kerja Indonesia:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK): Program jaminan ini merupakan program perlindungan kepada tenaga kerja dari berbagai risiko kecelakaan yang mungkin terjadi dalam hubungan kerja. Misalnya kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan menuju tempat kerja atau terjangkit penyakit yang ditimbulkan oleh lingkungan pekerjaan.
  2. Jaminan Kematian (JKM): Program ini memiliki manfaat berupa uang tunai yang akan diberikan kepada ahli waris dari peserta yang telah meninggal dunia. Uang akan diberikan saat kepesertaan dinyatakan masih aktif dan tidak disebabkan oleh kecelakaan kerja.
  3. Jaminan Hari Tua (JHT): Program ini memberikan manfaat dalam bentuk uang tunai yang jumlahnya sesuai dengan akumulasi iuran. Selain itu ditambah dengan hasil pengembangannya yang dapat digunakan untuk jaminan hidup di hari tua nanti.
  4. Jaminan Pensiun: Program jaminan sosial ini bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi penerimanya atau peserta atau ahli warisnya. Dalam jaminan ini dengan memberi penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, cacat tetap total atau meninggal dunia. Selanjutnya, manfaat yang diterima peserta adalah pemberian uang yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Besaran Iuran BPJSTK

BPJSTK merupakan hasil transformasi dari Jamsostek. Terdapat beberapa jenis iuran yang harus dibayar oleh para peserta BPJSTK, di antara lain:

  • Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), besaran iurannya ditentukan oleh risiko kecelakaan kerja dan seluruhnya dibayar oleh pemberi kerja, yakni iuran:
    • 0,24% untuk risiko kecelakaan sangat rendah;
    • 0,54% untuk tingkat risiko rendah;
    • 0,89% untuk tingkat risiko sedang;
    • 1,27% untuk tingkat risiko tinggi;
    • 1,74% untuk tingkat risiko sangat tinggi.
  • Jaminan Kematian (JK) iuran sebesar 0,3% dari upah sebulan. Iuran seluruhnya dibayar oleh pemberi kerja.
  • Jaminan Hari Tua (JHT) iuran sebesar  2% dari upah sebulan. Pemberi kerja membayar iuran sebesar 3,7%.
  • Jaminan Pensiun iuran sebesar 1% dari gaji pokok yang diterima sebulan.

Cara Cek BPJS Ketenagakerjaan

syarat pencairan bpjs ketenagakerjaan 3 - Cek BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Ketika Anda akan mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat memilih salah satu cara cek BPJS Ketenagakerjaan berikut ini.

Mendatangi Langsung Kantor BPJSTK

Anda dapat langsung mengunjungi kantor BPJS dan menunjukkan kartu BPJSTK milik Anda. Kemudian petugas akan memberitahukan jumlah saldo yang Anda miliki dan dapat meminta pencetakan slip saldo BPJS. Dengan cara manual ini, Anda perlu bersabar untuk mengantri dan datang langsung ke kantor BPJS.

Menggunakan SMS

Melalui SMS (Short Message Service), Anda dapat mengecek saldo BPJSTK tanpa harus datang ke kantor dan antri untuk menunggu giliran. Berikut ini langkah registrasi dan mengecek saldo BPJS melalui SMS.

  • Ketik: REG#No. BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung dan kirim ke 08111009696, contoh: REG#02C00034567#110791#linda
  • Anda akan mendapatkan balasan SMS berisi nomor ID
  • Untuk mengecek saldo, silahkan Anda kirim SMS lagi dengan format Ketik: SALDO#No. ID lalu kirim ke 08111009696 contoh: SALDO#321435673
  • Terakhir, Anda akan menerima balasan SMS berisi saldo Anda.

Melalui Website BPJS

Pengecekan saldo secara online melalui website resmi BPJS merupakan cara termudah dan terpraktis karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berikut langkah mengecek saldo BPJS secara online:

Registrasi Online BPJSK

Kunjungi halaman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/registrasi.bpjs. Isi dengan lengkap form yang tersedia kemudian klik Submit Data. Setelah itu, Anda akan menerima SMS atau e-mail yang berisi kode aktivasi.

Aktivasi Akun

Masukkan kode aktivasi pada halaman berikutnya dan pilih Submit. Cek notifikasi email untuk mengkonfirmasi aktivasi akun.

Login Akun BPJS

Login ke akun Anda dengan memasukkan email dan PIN. Silahkan akses es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.

Cek Saldo BPJSK secara Online

Klik Cek Saldo JHT. Pilih KPJ BPJSTK Anda kemudian klik Submit. Jumlah saldo Jaminan Hari Tua Anda akan ditampilkan. Apabila Anda membutuhkan informasi lainnya, silahkan pilih menu lainnya, seperti e-klaim dan simulasi JHT.

Cek BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

bpjstk 1 - Cek BPJS Ketenagakerjaan Melalui Aplikasi BPJSTKU

Layanan BPJSTK dapat Anda nikmati dengan mengunduh aplikasi BPJSTKU. Aplikasi BPJSTKU dikembangkan oleh BPJS Ketenagakerjaan Official yang dimutakhirkan pada 12 Februari 2020 dengan versi 3.1.34 di Google Play Store. Layanan yang disediakan sepeti simulasi perhitungan Jaminan Hari Tua (JHT), informasi kantor cabang, layanan pelaporan dan pengaduan, pelaporan kecelakaan kerja secara real time, dan kartu digital.

Login ke Aplikasi BPJSTKU. Masukkan alamat email dan kata sandi yang telah dibuat sebelumnya. Setelah login berhasil, cek saldo BPJSTK pada laman depan aplikasi BPJSTKU pilih menu “Lihat Saldo”.

Apabila belum memiliki aplikasi BPJSTKU, Anda cukup mendownload aplikasinya lewat Google Play atau AppStore. Setelah Anda berhasil mengunduh aplikasi tersebut, silahkan melakukan pendaftaran pengguna aplikasi BPJSTKU pada menu “Pendaftaran Peserta Baru”. Anda bisa mendaftar secara mudah dengan Data Kependudukan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Pilih jenis kepesertaan yang diinginkan, apakah Penerima Upah (PU), Bukan Penerima Upah (BPU) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI). Ikuti cara login dan cek BPJS Ketenagakerjaan sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kemudahan Membayar Online Iuran BPJS

Melihat beragam layanan online BPJS, Anda semakin dimudahkan dalam menikmati layanan BPJS dimanapun berada. Pembayaran BPJS menjadi semakin mudah. Bagi Anda yang bekerja di luar negeri seperti di Malaysia, Anda tetap dapat membayarkan iuran BPJS untuk keluarga Anda. Gunakan aplikasi Qelola yang akan membantu Anda menyelesaikan pembayaran BPJS secara langsung. Unduh dan install aplikasi Qelola melalui smartphone Anda sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan pengaktifan akun Qelola untuk melakukan pembayaran. Dapatkan informasi lebih lengkap di sini.

Tags: , , , ,