Remiten adalah Uang Kiriman TKI ke Indonesia

transfer dana

Tingginya jumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi makro negara. Salah satunya adalah dengan adanya pengiriman remiten dari TKI atau pekerja migran kepada keluarga mereka di Indonesia. Remiten adalah uang yang dikirimkan Tenaga Kerja Indonesia dari luar negeri menuju Indonesia. Remitansi adalah layanan pengiriman remiten kepada penerima tanpa menggunakan rekening bank. Jenis remitansi yang dilakukan TKI ke Indonesia adalah Incoming Remittance, yaitu kiriman uang dari bank luar atau dalam negeri ke Indonesia dalam mata uang asing. Pada kenyataannya masih banyak ditemukan TKI yang kesulitan untuk melakukan transfer uang dari negara dia bekerja menuju Indonesia.

Besarnya Potensi Transaksi Remiten ke Indonesia

finance payment security 74855 4416 - Remiten adalah Uang Kiriman TKI ke Indonesia

Menurut data dari World Bank, total aliran remiten ke Indonesia diperkirakan sebesar US$8,6 miliar di tahun 2014 dan terus meningkat setiap tahunnya. Perlu Anda ketahui, remiten adalah pasar potensial bagi lembaga perbankan. Hal ini yang membuat lembaga perbankan, lembaga non-perbankan maupun platform pembayaran terus berencana dan berusaha memaksimalkan peluang besar tersebut. Besarnya remiten yang dikirimkan oleh TKI akan berdampak baik dari segi sosial dan ekonomi keluarga. Remiten adalah sebagai penggerak ekonomi di Indonesia yang sangat penting keberadaannya.

Biasanya remiten (pengiriman uang) dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melalui operator transfer mata uang, Western Union (WU) atau MoneyGram. Pada dasarnya, remiten digunakan oleh keluarga penerima untuk memenuhi kebutuhan dasar dan pendidikan di negara asal. Aliran remiten ke Indonesia diperkirakan meningkat mulai sepekan menjelang Lebaran. Pada jangka waktu tersebut, banyak TKI yang mengirimkan uang kepada keluarganya di Indonesia guna memenuhi kebutuhan di hari raya. Menghadapi kondisi tersebut tentunya kantor pos akan meningkatkan upaya keamanan. Jumlah aparat keamanan dan kepolisian ditambahkan untuk berjaga di kantor pos. Tentunya upaya ini akan lebih memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Cara Mengirimkan Uang Remiten

pos credit card settlement instead cash settlement shopping 1359 1162 - Remiten adalah Uang Kiriman TKI ke Indonesia

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mengirimkan uang dengan mendatangi gerai pembayaran terdekat.

  1. Mengisi formulir
  2. Menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli
  3. Serahkan uang yang akan dikirim
  4. Fotocopy KTP atau Paspor asli

Apabila Anda ingin membayar secara online beberapa tagihan seperti air, listrik, dan pendidikan, langsung datangi loket pembayaran terdekat. Bagi penerima uang atau beneficiary, dapat langsung mendatangi gerai pengiriman terdekat dengan menyebutkan kode pengiriman uang, asal pengiriman, dan jumlah uang. Diharapkan para penerima uang dapat mengelola keuangan dengan kegiatan produktif untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.

Waspada Penyalahgunaan Remittance

500 F 248730201 NG9hjolSK5QRiCnIQQbcbDmggfYxv8K8 - Remiten adalah Uang Kiriman TKI ke Indonesia

Metode pencatatan jumlah uang yang diterima seseorang melalui pengiriman uang atau remittance, sebenarnya jarang dipublikasikan oleh negara. Sebagian pengiriman yang dilakukan melalui transfer bank, meskipun dapat dipertanggungjawabkan tetap saja tidak mudah dilacak. Hal ini tentu menimbulkan kekhawatiran unit intelijen keuangan bahwa remittance adalah salah satu penyebab praktik money laundry atau pencucian uang.

Remittance sejatinya digunakan untuk tujuan perdagangan, pemberian donasi kebencanaan, dan pembangunan ekonomi suatu negara, Namun tak jarang disalahgunakan untuk praktik kejahatan apabila tidak terpantau dengan baik. Oleh karena itu, berhati-hatilah ketika akan melakukan pengiriman uang lintas negara. Pastikan lembaga yang menangani pengiriman uang kredibel dan dapat dipantau secara real time.

Remiten adalah Kiriman Uang TKI secara Online

Tentu di zaman teknologi ini, Anda tetap ingin mengirim uang dengan cara yang lebih cepat dan nyaman. Qelola adalah aplikasi yang melayani pengiriman uang dan pembayaran lintas negara dari Malaysia ke Indonesia. Diharapkan platform pembayaran online ini dapat membantu para TKI untuk mengirimkan uang ke keluarganya di Indonesia secara mudah, cepat, dan praktis. Keluarga Anda juga akan merasa aman karena transaksi dilakukan secara langsung dan dapat mereka terima tanpa harus mengantri di bank atau kantor pos. Unduh dan install aplikasi Qelola sekarang juga! Lakukan pendaftaran dan aktivasi akun untuk melakukan transaksi dengan mudah dan cepat. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menggunakan aplikasi ini, segera dapatkan informasi lanjut pada website Qelola.

Tags: , , ,