Penasaran Berapa Biaya Hidup di Malaysia? Simak Penjelasan Berikut Ini!

muslim business woman working about financial with business report calculator home office 68339 169 - Penasaran Berapa Biaya Hidup di Malaysia? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Malaysia, negara yang terkenal dengan menara kembarnya ini memang selalu menjadi daya tarik untuk tenaga kerja yang ada di Indonesia. Otomatis, ketika akan berangkat dan bekerja di Malaysia, Anda harus paham benar mengenai biaya hidup di Malaysia. Jika tidak memiliki informasi ini bisa saja perencanaan keuangan Anda tidak akan berjalan mulus, dan tentu, tidak dapat menyisihkan pemasukan untuk keluarga tercinta di Indonesia.

Nah, pada artikel ini Anda akan mendapatkan informasi mengenai perkiraan biaya hidup di Malaysia secara umum. Tentu angka yang tertera dalam artikel ini sangat relatif tergantung dengan kurs yang berlaku serta gaya hidup masing-masing dari Anda yang ingin bekerja di negeri Jiran. Namun secara umum, berikut perkiraan biaya hidup yang akan Anda perlukan di sana.

Tempat Tinggal, Kos, Apartemen dan Sejenisnya

evening bangkok 5219 1175 - Penasaran Berapa Biaya Hidup di Malaysia? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Untuk biaya tempat tinggal, pada dasarnya sama dengan di Indonesia, semakin dekat dengan pusat kota atau pusat keramaian maka harganya akan semakin tinggi. Katakanlah di area Jakarta, tentu akan sangat berbeda harga untuk hunian di daerah perkantoran dan daerah pinggiran. Hal yang sama juga berlaku untuk harga hunian di Malaysia.

Untuk harga apartemen yang berada pada sekitaran pusat kota, perkiraan harganya adalah sekitar RM1.500 atau sekitar Rp5.500.000. Jika masih terlalu mahal, Anda dapat mencari hunian atau tempat tinggal yang berada sedikit di luar pusat keramaian. Harganya cenderung lebih terjangkau, berada di angka RM950 atau sekitar Rp3.500.000 per bulan.

Berapa Biaya Hidup di Malaysia untuk Biaya Bulanan?

petaling street 78361 1130 - Penasaran Berapa Biaya Hidup di Malaysia? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Bagaimana dengan biaya bulanan untuk beras dan makanan jenis lain seperti daging? Sebenarnya untuk harga kebutuhan pokok seperti makanan tidak terlalu jauh berbeda. Rata-rata harga beras di Indonesia adalah Rp12.000 (meski jelas tergantung jenis beras dan daerahnya). di Malaysia sendiri harga beras rata-rata berkisar pada angka RM3,5 hingga RM4 atau sekitar Rp13.000.

Sedangkan untuk harga daging, yang mungkin jadi komoditas pangan yang juga menjadi acuan harga. Harga daging berkisar di angka RM27 atau sekitar Rp90.000. Di Indonesia harga daging berada di angka Rp120.000 per kilogram. Memang ada gap yang cukup besar, namun hal ini tergantung dengan kondisi pasar dan kurs yang berlaku.

Streetfood dan Makanan Lain

traditional bangkok street foods economy rice local morning market 42044 3894 - Penasaran Berapa Biaya Hidup di Malaysia? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Untuk harga streetfood dan makanan yang ada di toko atau restoran, dapat dikatakan harga di Malaysia cenderung lebih tinggi. Jika ditanyakan, berapa harga jajanan yang biasanya Anda beli di Indonesia? Mungkin angka Rp25.000 sudah cukup untuk membeli berbagai macam makanan ringan bukan?

Namun di Malaysia, kisaran harga makanannya adalah RM10 atau sekitar Rp35.000. Memang tidak terpaut terlalu jauh, namun uang sebesar Rp10.000 tentu cukup lumayan jika dihitung selama satu bulan penuh. Untuk menghemat, ada baiknya Anda membeli bahan pangan kemudian memasak sendiri.

Ongkos Transportasi, Variabel Penting pada Biaya Hidup di Malaysia

monorail train 78361 1131 - Penasaran Berapa Biaya Hidup di Malaysia? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Ketika memutuskan untuk bekerja di Malaysia, biaya hidup yang tidak dapat dilewatkan adalah transportasi umum. Penggunaan transportasi umum dapat menekan pengeluaran daripada harus membeli kendaraan pribadi yang harganya cukup lumayan. Jika biasanya harga bahan bakar jadi acuan harga transportasi, tidak demikian di Malaysia.

Biaya hidup di Malaysia yang tidak bisa dilewatkan ini terhitung lebih mahal. Untuk tiket satu kali jalan, Anda harus merogoh kocek sebesar RM3 atau sekitar Rp10.000. Di Indonesia, khususnya di kota besar, ongkos untuk transportasi umum hanya berkisar Rp4.000 hingga Rp6.000 saja bukan?

 

Pengelolaan keuangan untuk Anda yang berminat berangkat ke Malaysia tentu harus direncanakan dengan cermat. Selain demi kelangsungan hidup di negeri orang, pekerja yang biasanya berangkat ke Malaysia juga biasanya masih harus memikirkan untuk biaya hidup keluarga di tanah air. Meski demikian tak usah khawatir, rata-rata gaji untuk bekerja di Malaysia adalah sekitar Rp12.000.000. Cukup besar bukan?

Nah, untuk kepentingan mengirimkan hasil jerih payah yang Anda dapatkan nantinya, Anda tak perlu lagi repot. Telah hadir layanan Qelola, salah satu layanan yang memfasilitasi pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia yang dapat Anda gunakan. Uniknya, layanan ini juga dapat memberikan Anda akses untuk melakukan pembayaran tagihan bulanan rutin seperti listrik, PDAM, biaya pendidikan, dan lain sebagainya langsung ke institusi terkait. Dengan begini Anda tak perlu cemas uang yang Anda kirimkan akan disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini. Kini, Qelola sedang dalam masa promo sehingga transfer uang yang dilakukan masih dibebaskan dari biaya administrasi. Meski demikian jika promo telah berakhir, Anda juga tak perlu cemas karena biaya administrasi yang dikenakan akan sangat rendah sehingga tidak membebani Anda atau keluarga di tanah air. Segera unduh aplikasi Qelola, dan maksimalkan setiap fiturnya!

Tags: , , , , ,