Perbedaan Waktu Indonesia dan Malaysia Tidak Jauh Berbeda

perbedaan waktu Indonesia dan Malaysia

Perbedaan waktu Indonesia dan Malaysia memiliki selisih 1 jam. Waktu Indonesia Barat (WIB) lebih lambat 1 jam dibandingkan dengan waktu di Malaysia. Waktu Indonesia Timur (WIT) berselisih 1 jam lebih awal dari Malaysia. Namun, khusus untuk Waktu Indonesia Tengah (WITA) mempunyai waktu yang sama dengan Malaysia. Indonesia dan Malaysia memang memiliki selishih waktu yang tidak jauh berbeda karena letak geografisnya berdekatan.

Asal Usul Perbedaan Waktu Indonesia dan Malaysia

Negeri Jiran tersebut terdiri atas dua pulau yang letaknya berjauhan, yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat berseberangan dengan Selat Malaka (Pulau Sumatera). Sedangkan Malaysia Timur berdekatan dengan Pulau Kalimantan. Pada zaman dahulu, meskipun jaraknya berdekatan, cara kirim uang dari Malaysia ke Indonesia tidak semudah sekarang. Pada era digital seperti sekarang, Anda tidak perlu datang ke bank untuk mengirim uang ke negara serumpun tersebut, begitu pula sebaiknya. Karena Anda dapat mengirim uang secara online (nanti Anda akan membaca detail tentang ini di bagian akhir artikel).

Jarak Indonesia dan Malaysia

indo malaysia map - Perbedaan Waktu Indonesia dan Malaysia Tidak Jauh Berbeda

Sumber: Pinterest

Daratan Malaysia dan Indonesia terpisah sepanjang 2.019 km. Jarak tersebut dimulai dari wilayah Tanjung Batu, Kalimantan Barat Laut. Setelah itu, melewati dataran tinggi Kalimatan. Kemudian melewati Teluk Sebatik dan Laut Sulawesi yang berada di Timur Kalimantan. Perbatasan tersebutlah yang memisahkan Indonesia dengan Malaysia. Memisahkan Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, serta Malaysia bagian Serawak dan Sabah.

Berdasarkan perbatasan dan jarak tersebut, dapat diketahui bahwa perbedaan waktu Indonesia dan Malaysia tidaklah jauh berbeda. Bahkan, Waktu Indonesia Tengah (WITA) Indonesia pun memiliki waktu yang sama dengan negara serumpun itu. Dengan mengetahui perbedaan waktu Indonesaia dan Malaysia, Anda dapat terbantu ketika berkunjung ke Malaysia. Selisihnya tidak banyak, sehingga Anda akan mudah dalam menghitung dan beradaptasi di sana.

Perbedaan Waktu antara Indonesia dan Malaysia

 indo malay time - Perbedaan Waktu Indonesia dan Malaysia Tidak Jauh Berbeda

Indonesia

Pembagian waktu di Indonesia memiliki tiga zona sebagai berikut:

  • WIB (Waktu Indonesia Barat): Aceh; Sumatera Utara, Barat, dan Selatan; Kepulauan Riau; Riau; Bangka Belitung; Kepulauan Bangka Belitung; Jambi; Bengkulu; Lampung, Banten, DKI Jakarta; Yogyakarta; Jawa Timur, Tengah, dan Barat; Kalimantan Barat, dan Kalimatan Tengah.
  • WITA (Waktu Indonesia Tengah): Bali; NTB; NTT; Kalimantan Selatan, Timur, dan Utara; Sulawesi Utara, Tengah, Barat, Selatan, dan Tenggara; dan Gorontalo.
  • WIT (Waktu Indonesia Timur): Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Pembagian tiga zona waktu di Indonesia dipengaruhi oleh luas wilayahnya, yaitu sekitar 1,9 juta kilometer persegi. Indonesia memiliki letak geografis 96 derajat bujur timur sampai 141 derajat bujur timur. Luas wilayah yang membentang ini menyebabkan Indonesia memiliki tiga zona waktu, yaitu WIB, WIT, dan WITA. Pembagian tersebut tertuang dalam UU Kementerian Hukum dan HAM. Selain itu, sesuai dengan Keputusan Presiden No. 41 Tahun 1987.

Malaysia

Meskipun negeri jiran tersebut terdiri atas dua pulau dan terletak berjauhan, Malaysia tetap memiliki satu zona waktu. Malaysia memiliki zona waktu yang sama dengan WITA (Waktu Indonesia Tengah). Berbeda dengan Indonesia yang memiliki tiga zona waktu.

Indonesia memang terdiri atas beberapa pulau yang letaknya saling berjauhan. Perbedaan waktu di Indonesia sesuai dengan posisi pulau di bumi. Berdasarkan zona waktu tersebut, Indonesia dan Malaysia memiliki selisih waktu satu jam (khusus WIB dan WIT). Sementara WITA memiliki waktu yang sama dengan Malaysia.

Ringkasan Perbedaan Waktu Indonesia dan Malaysia

  • WIB berbeda 1 jam lebih lambat dari waktu Malaysia.
  • WITA sama dengan waktu Malaysia.
  • WIT berbeda 1 jam lebih awal dari waktu Malaysia.

Berdasarkan Greenwich Mean Time (GMT)

Indonesia GMT+7

  • WIB          GMT+7
  • WITA       GMT+8
  • WIT          GMT+9

Malaysia GMT+8

Tidak heran jika Malaysia disebut sebagai negara serumpun dan jiran (tetangga). Letak geografisnya yang berdekatan membuat selisih waktunya tidak berbeda jauh. Bahkan, keduanya pun dapat saling memahami bahasa yang digunakan masing-masing (meskipun berbeda dalam pelafalan), sehingga sebagian orang tidak dapat menirunya. Bahkan, wilayah perbatasan Kalimantan Timur dan Kepulauan Riau pun menggunakan bahasa yang sama, yaitu Melayu.

Daya Tarik Negara Malaysia

unsplash menara kembar - Perbedaan Waktu Indonesia dan Malaysia Tidak Jauh Berbeda

Sumber: unsplash.com

Dari segi pariwisata, negari jiran memiliki beberapa tempat rekreasi yang unik dan indah. Beberapa di antaranya adalah Lake Garden, Menara Kembar Petronas, dan KL Bird Park. Tidak hanya itu, Malaysia memiliki beragam kuliner khas. Kuliner yang memanjakan lidah para turis, tak terkecuali warga Indonesia. Maka, tidak heran jika banyak orang Indonesia yang tertarik berkunjung ke Malaysia. Selain jaraknya yang berdekatan, perbedaan waktu Indonesia dan Malaysia pun tidak jauh berbeda. Dengan demikian, jika Anda datang ke Malaysia, tidak akan bingung dengan selisih waktunya. Demikian pembahasan mengenai perbedaan waktu Indonesia dan Malaysia. Seperti yang sudah disinggung di atas, berkat adanya perkembangan teknologi, Anda dapat mengirimkan uang untuk sanak dan keluarga Anda di Indonesia secara langsung dengan menggunakan aplikasi Qelola. Dengan Qelola, transaksi Anda akan menjadi lebih mudah, cepat, dan aman. Ingin lebih tahu lebih banyak tentang Qelola? Pelajari selengkapnya di sini.

Tags: , ,