Wisata Jalan Kaki Kuala Terengganu, Nikmati Tata Kota yang Indah!

Kuala Terengganu

Satu lagi kota di Malaysia yang menjadi rekomendasi kami dalam berwisata, adalah Kuala Terengganu. Konsep tata kota yang rapi dan cantik, mungkin itu salah satu alasan terkuat mengapa kota ini menjadi tujuan para turis datang dan singgah. Anda juga dapat menikmati pemandangan laut dan beberapa pulau di sekitar kota ini. Namun terlebih dahulu, mari bahas seluk beluk Terengganu yang bisa ditemukan.

Karena tata kota yang begitu rapi dan terencana, Kuala Terengganu menjadi salah satu kota yang paling ramah wisatawan. Anda bahkan tak perlu banyak menaiki kendaraan umum ketika berkunjung di kota ini, sebab wisata unggulan yang dimiliki justru adalah wisata jalan kaki, dimana Anda bisa menikmati keindahan kota secara langsung. Tapi apakah tidak lelah jika harus berjalan kaki terus menerus?

Tenang, effort yang Anda lakukan akan terbayar lunas ketika Anda singgah ke beberapa objek wisata unggulan kota ini. Check this out!

Suaka Kuala Terengganu

Untitled design1122 - Wisata Jalan Kaki Kuala Terengganu, Nikmati Tata Kota yang Indah!

Menjadi objek pertama yang masuk ke dalam daftar wisata di Kuala Terengganu, objek ini menyajikan keindahan bibir pantai yang sangat mengagumkan. Tata letak yang rapi, arsitektur bangunan yang modern, serta air laut yang tenang, akan menjadi resep sempurna menghabiskan waktu bersantai selama beberapa hari di area ini.

Anda juga bisa menikmati keindahan menara dengan 7 lantai yang begitu ikonik. Konon, beberapa mantan sultan yang pernah berkuasa disemayamkan di sini. Namun tak perlu takut karena konsep modern dari pusara para sultan justru akan memberikan sensasi unik ketika Anda berkunjung. Jangan lupa untuk membawa kamera dan berfoto di setiap sudut Suaka Kuala Terengganu ya!

Muzium Negeri Terengganu

Malaysia memiliki banyak sekali museum yang tersebar di setiap sudut kota di dalamnya. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan Malaysia juga memiliki sejarah panjang yang tersimpan dalam museum-museum ini. Salah satunya adalah Muzium Negeri Terengganu yang berada di Kampung Losong, Kuala Terengganu.

Museum yang dibuka untuk kunjungan umum sejak tahun 1996 ini memiliki luas area 75.000 meter persegi. Bisa dibayangkan betapa besar area museum tersebut bukan? Cerita yang ada di balik museum ini adalah sejarah kemegahan kerajaan Terengganu yang diabadikan dalam foto-foto lawas bangunan istana yang ada di area ini pada zaman dahulu.

Bukit Puteri

Untitled design1121 - Wisata Jalan Kaki Kuala Terengganu, Nikmati Tata Kota yang Indah!

Hampir sama dengan konsep wisata yang bisa Anda temukan di kota-kota Malaysia yang lain, Terengganu juga memiliki spot melihat keindahan kota dari ketinggian. Titik ini disebut dengan Bukit Puteri atau Puteri Hill. Untuk mencapainya, Anda bisa menggunakan bantuan dari eskalator sampai ke tingkat paling atas. Mungkin saja Anda bisa berjalan kaki, tapi lebih direkomendasikan untuk memanfaatkan eskalator agar tenaga Anda bisa digunakan menjelajah objek selanjutnya.

Mencapai ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, Putri Hill memiliki sebuah benteng yang berdiri kokoh di bagian puncaknya. Selama perang sipil, benteng ini digunakan sebagai objek pertahanan. Namun kini Anda bisa mengunjungi benteng untuk menikmati sisa kejayaan masa lalu dan sedikit mencicipi nilai sejarah yang dikandungnya.

Istana Maziah, Sisa Kejayaan Kerajaan Terengganu

Selanjutnya adalah Istana Maziah yang menjadi bukti kejayaan Kuala Terengganu pada jaman dahulu. Lokasinya tak jauh dari Suaka Kuala Terengganu, jadi bisa Anda kunjungi dengan berjalan kaki. Kiblat arsitektur yang digunakan pada istana ini adalah arsitektur Uzbekistan, tak heran jika rasanya sangat unik ketika berada di dalam bangunan istana.

Dibangun pada tahun 1897, istana ini sempat menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan. Seiring berjalannya waktu, objek wisata unik ini mengalami renovasi beberapa kali hingga menjadi bentuk yang indah seperti sekarang. Sangat menarik bukan?

Belanja di Pasar Payang

Untitled design1123 - Wisata Jalan Kaki Kuala Terengganu, Nikmati Tata Kota yang Indah!

Disebut juga sebagai Pasar Pusat, daya tarik wisata terkuat dari lokasi ini adalah acara pasar malam yang diadakan secara rutin. Berbagai barang antik bisa ditemukan di pasar ini, dan tentu menjadi objek wajib dikunjungi bagi Anda yang memang ingin berburu barang-barang klasik.

Pada waktu yang bersamaan, Anda juga bisa menikmati wisata kuliner yang disediakan di dekat Pasar Payang, tepatnya di Jalan Kampung Cina. Akulturasi budaya terasa kental pada sajian kuliner yang dijajakan di sini. Anda direkomendasikan untuk mencicipi Keropak Lekor, atau mungkin kerupuk ikan atau kerupuk sagu. Tentu saja Anda tak perlu khawatir soal harga, karena semua yang dijajakan di sini ramah untuk kantong turis.

Baca Juga: 6 Destinasi Pantai di Malaysia yang Keindahannya Sangat Luar Biasa

Mengunjungi Kuala Terengganu memang bisa menjadi satu agenda yang menyenangkan. Wisata jalan kaki, pemandangan kota yang indah, dan objek wisata yang mengesankan, akan jadi perpaduan terbaik mengisi waktu liburan Anda. Tentu saja, waktu liburan akan berjalan lebih maksimal jika Anda tak perlu terganggu dengan tagihan awal bulan. Untuk urusan ini Anda bisa percayakan pada Qelola, layanan remitansi yang menyediakan fitur pembayaran tagihan bulanan dengan biaya administrasi rendah. Unduh aplikasinya di sini, dan maksimalkan waktu liburan Anda!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,