Bekas Kota Pertambangan Minyak yang Indah, Miri, Malaysia

Miri

Menjelajah Malaysia memang tak akan ada habisnya. Mulai dari wisata alam yang mengesankan, hingga wisata edukasi dan wisata modern yang dibuat sedemikian rupa, semua diorientasikan untuk kepuasan wisatawan. Salah satu kota yang wajib masuk daftar kunjungan Anda adalah Miri, Malaysia. Terasa asing dan tidak sering terdengar? Nyatanya kota ini menyimpan potensi wisata yang tak kalah dengan spot lainnya.

Kota yang berbatasan langsung dengan negara Brunei Darussalam ini merupakan kota bekas pertambangan yang memiliki garis pantai cukup panjang. Tentu saja, Miri tak hanya menawarkan pemandangan yang indah di pantainya, namun objek wisata yang unik.

Penasaran apa saja objek wisata di area Miri? Simak langsung poin di bawah ini!

Rumah Super Panjang, Entulang Long Houses

Untitled design1114 - Bekas Kota Pertambangan Minyak yang Indah, Miri, Malaysia

Pernahkah Anda membayangkan sebuah rumah dengan panjang lebih dari 100 meter? Ya, Anda tidak salah baca, sebuah rumah dengan panjang lebih dari 100 meter bisa Anda temukan di Miri dengan cukup mudah. Tentu selain karena bangunannya sangat unik dan ikonik, tidak sedikit wisatawan asing yang ingin berkunjung ke rumah ini sehingga terbilang mudah ditemukan.

Jika dilihat di bagian dalam, Anda akan melihat banyak sekali pintu yang dibaliknya tinggal satu keluarga. Setiap keluarga di sini saling mengenal satu sama lain, sehingga mereka bisa hidup rukun dan minim konflik. Rumah jenis ini adalah rumah asli masyarakat daerah Miri yang diturunkan kepada anak cucu dari leluruhnya.

Oleh-Oleh di E-mart

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tanpa membawa buah tangan untuk keluarga yang ada di rumah. Nah, untuk mendapatkan oleh-oleh khas Miri, Anda bisa berkunjung ke E-mart. Sebenarnya area ini merupakan pasar modern yang menjadi pendukung utama kehidupan masyarakat Miri. Namun pasar ini juga menyediakan banyak oleh-oleh menarik yang pasti layak dibawa pulang.

Mulai dari batik, pakaian dan kain khas, hingga kuliner yang tahan lama bisa menjadi cinderamata khas Miri untuk dibawa pulang dan dibagikan. Bersiap untuk membawa cukup banyak uang ya, agar setiap benda yang Anda inginkan bisa dibeli dan tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Canada Hills, Nikmati Pemandangan Miri yang Indah!

Untitled design1113 - Bekas Kota Pertambangan Minyak yang Indah, Miri, Malaysia

Menjadi salah satu dataran tinggi yang bisa dijumpai di Miri, Canada Hills memiliki pemandangan menakjubkan indahnya Kota Miri dari sudut yang sangat tepat. Sejauh mata memandang, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan kota yang rapi, lepas hingga ke arah laut yang indah. Perpaduan ini membentuk satu harmoni yang sempurna, jadi jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikannya.

Selain menyediakan pemandangan yang indah, Anda juga dapat menelusuri jejak-jejak pertambangan minyak di Malaysia yang masih bisa dilihat dari bekas sumur dan telaga minyak. Area ini bisa ditemukan di The Grand Old Lady. Produksi minyak pada area ini terbilang cukup lama, mulai dari tahun 1910 hingga tahun 1972. Ini pula yang kemudian menjadi modal pembangunan Kota Miri hingga menjadi modern seperti sekarang.

Toko Siti Payung, Tempat Kue Khas Miri

Salah satu objek yang wajib untuk dikunjungi adalah Toko Siti Payung. Di sini, kamu bisa ‘bertemu’ dengan kue lapis khas Miri yang disebut Kek Lapis oleh masyarakat sekitar. Rasanya juga beragam, tinggal Anda sebagai pembeli pintar-pintar memilih perpaduan rasa yang sesuai dengan selera Anda.

Satu hal yang khas dari Kek Lapis Miri adalah tekstur garisnya yang rapi dan beraturan, dipadu dengan pewarnaan yang cantik. Tak heran jika banyak orang kemudian jatuh cinta pada pandangan pertama ketika melihat kue-kue mungil ini.

Klenteng Taoist Terbesar di ASEAN

Untitled design1115 - Bekas Kota Pertambangan Minyak yang Indah, Miri, Malaysia

San Ching Tian Temple, dinobatkan menjadi klenteng aliran Tao terbesar di kawasan ASEAN dengan luas total area mencapai 1,5 hektar. Bisa dibayangkan betapa besarnya komplek klenteng ini bukan?

Terletak sekitar 3 kilometer dari pusat Kota Miri, Klenteng San Ching Tian ini akan memancarkan kesan Tiongkok yang sangat kental. Akses merah dan kuning emas pada ornamen yang ada di sana, gang dan gerbang megah yang siap menyambut Anda, hingga arsitektur unik yang menjadi dasar pembuatannya. Kunjungan Anda kemari dijamin tidak akan terlupakan dan membuat Anda berdecak kagum karena keindahannya.

Baca Juga: Lebih Mudah, Ini Dia Cara dan Syarat Perpanjang Paspor Anak

Kelima objek wisata di atas merupakan objek yang direkomendasikan untuk dikunjungi ketika Anda singgah ke area Miri. Tentu saja, persiapan yang matang, itinerary yang detail, serta persiapan fisik yang baik harus dilakukan agar liburan Anda di Kota Miri bisa berjalan dengan lancar.

Liburan di Miri akan terasa lebih berkesan jika Anda tidak terganggu oleh repotnya pembayaran tagihan bulanan bukan? Untuk urusan ini, Anda bisa mempercayakannya pada Qelola. Layanan remitansi yang satu ini bisa diandalkan untuk membayar tagihan listrik, PDAM, hingga BPJS dengan mudah dan cepat. Anda bisa mengunduh aplikasinya di sini, dan menghilangkan gangguan pada waktu liburan Anda yang berharga!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,