6 Destinasi Wisata Alam Terfavorit di Kuching Malaysia

wisata alam kuching malaysia

Alam pada dasarnya memang menjadi tempat wisata yang menyenangkan. Selain dapat menghibur diri, Anda juga dapat menikmati indahnya panorama flora dan fauna yang masih hidup secara alami. Wisata semacam ini juga dapat Anda lakukan ketika berada di kota Kuching, Serawak. Anda dapat mengunjungi beberapa tempat bernuansa alam yang masih asri sambil melepat penat dan terlepas dari penatnya aktivitas kota.

Ingin tahu apa saja wisata alam di Kuching, Serawak Malaysia? Simak informasinya di bawah ini.

Damai Beach

087de9c50e56d08204f7bb03e3b4ae3e - 6 Destinasi Wisata Alam Terfavorit di Kuching Malaysia

Sama halnya dengan pantai pada umumnya, berwisata di pantai ini Anda dapat melakukan berbagai hal yang menyenangkan, misalnya bermain pasir, berenang, atau pun sekadar bersantai menikmati pemandangan air laut yang mem-biru. Tempat wisata ini juga salah satu spot terbaik bagi Anda untuk merehatkan sejenak pikiran dari segala aktivitas sehari-hari.

Gunung Mulu

SpotOn GunungMulu 01 Cover 1471522827 - 6 Destinasi Wisata Alam Terfavorit di Kuching Malaysia

Jika bosan dengan objek wisata berupa pantai di Kota Kuching, bagaimana jika Anda mengajak teman atau kerabat untuk mengunjungi sebuah taman nasional dengan sebutan Gunung Mulu. Tempat wisata alam ini memiliki sebuah gua yang sangat panjang, bahkan gua tersebut digadang-gadang menjadi gua terpanjang yang ada di dunia. Menarik bukan? Terlebih, gua tersebut dijadikan sebagai habitat oleh kawanan Kelelawar. Sehingga berkunjung ke taman nasional ini, Anda tidak hanya dapat menikmati rindangnya tumbuhan namun juga dapat menyaksikan aktivitas dari satwanya seperti Kelelawar tersebut.

Taman Negara Similaju dan Kubah

Similajau%20National%20Park - 6 Destinasi Wisata Alam Terfavorit di Kuching Malaysia

Masih terkait dengan tempat wisata alam berupa taman nasional, terdapat Taman Similaju dan Kubah yang dapat dikunjungi. Anda dapat menjadikan kedua taman nasional ini jika pada tempat sebelumnya tidak dapat di akses. Kedua taman nasional Similaju dan Kubah sama-sama memiliki keindahan alam yang menarik dan menyejukkan mata. Tidak heran jika taman nasional tersebut dijadikan sebagai salah satu objek wisata bagi para pecinta alam.

Di taman nasional seluas 2.230 hektar ini wisatawan bisa menemukan jenis tanaman pakis yang langka, anggrek, hingga pohon palem. Untuk bisa sampai di sini wisatawan hanya membutuhkan waktu tempuh selama 20 menit dari Kota Kuching.

Pulau Talang Satang

tr wakatobi coral2 0 - 6 Destinasi Wisata Alam Terfavorit di Kuching Malaysia

Penyu laut yang luar biasa adalah spesies terancam di seluruh dunia. Untuk melindungi makhluk laut yang luar biasa ini, Sarawak menciptakan Taman Nasional area laut pertamanya di Talang Satang. Pulau ini menjadi tempat konservasi terbesar dari penyu hijau dan penyu sisik, yang keduanya merupakan spesies yang terancam punah. Perairan di sekitar pulau juga adalah tempat pembiakan dan pembibitan serta memberi makan bagi ribuan spesies laut lainnya.

Meskipun tujuan utamanya adalah konservasi, seperti semua Taman Nasional lainnya, Talang Satang terbuka untuk wisata alam. Karena sifat sensitif kura-kura laut dan wilayah kecil dari empat pulau, kunjungan ke pulau-pulau ini dibatasi. Pengunjung hanya diperbolehkan mengunjungi Pulau Satang untuk berwisata. Kegiatan rekreasi darat dan air hanya diizinkan di area yang telah di tunjuk.

Panchor Hot Spring

kampung panchor hot spring - 6 Destinasi Wisata Alam Terfavorit di Kuching Malaysia

Panchor Hot Spring dipercaya sebagai tempat populer bagi orang yang mencari penyembuhan alami. Air panas di sana mengandung berbagai mineral terlarut, yang dapat menyembuhkan penyakit kulit tertentu dan bahkan penyakit jantung. Wakil Menteri Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup Datuk Sri Dr James Dawos mengatakan sekitar 2.500 orang mengunjungi sumber air panas setiap bulan.
Kampung Panchor Hot Spring, yang terletak di Kampung Panchor Dayak, 40 km dari Kota Kuching, dikelilingi oleh hutan dan alam, menawarkan suasana yang tenang dan sejuk. Lokasi pemandian air panas ini dapat diakses melalui Jalan Kuching-Serian. Mata air panas ini terbuka untuk umum setiap hari mulai pukul 07.00 pagi hingga 22.00 malam dengan biaya masuk sebesar RM4 untuk orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun.

Taman Nasional Maludam

800wm - 6 Destinasi Wisata Alam Terfavorit di Kuching Malaysia

Taman Nasional Maludam menjadi tujuan khusus karena hutan rawa gambutnya. Terletak 3 kilometer dari Kampung Maludam di Divisi Betong, Taman Nasional Maludam dapat diakses dengan perahu.
Taman ini ditetapkan sebagai tempat perlindungan bagi habitat rawa gambut dari Red Banded Langur, The Proboscis Monkey, Silvered Langur, dan Long Tailed Macaque. Dua spesies burung enggang juga hidup di taman. Yakni Black Hornbill dan Oriental Pied Hornbill.
Anda dapat melakukan penjelajahan dengan safari sungai menggunakan layanan perahu masyarakat setempat. Di sepanjang Sungai Maludam hingga Lubok Mangkuk Anda dapat menjumpai hutan rawa gambut dan memiliki kesempatan untuk menikmati alam dan satwa liar setempat. Pengunjung yang bermalam disarankan untuk menginap di Kampung Maludam Homestay karena Taman Nasional Maludam tidak memiliki akomodasi pengunjung.

Apakah hanya itu saja wisata alam yang dimiliki oleh Kuching? Tentu saja tidak. Masih banya wisata alam lainnya yang dapat Anda kunjungi di Kota Kuching. Misalnya wisata alam berbentuk kepulauan. Anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti berenang maupun menyelam ke dasar perairan untuk melihat kehidupan satwa di dalamnya. Cukup banyak bukan tempat wisata alam yang dimiliki oleh Kota Kuching?

Baca Juga: Asal Mula Kota Kuching di Malaysia dan Sejuta Pesonanya

Saat Anda berada di Kota Kuching, Anda tidak perlu khawatir dengan pembayaran yang harus Anda lakukan saat hendak bertransaksi. Anda bisa menggunakan Qelola sebagai alat bantu dalam transaksi Anda. Bagi Anda yang belum tahu, Qelola adalah sebuah platform keuangan yang menawarkan sebuah cara yang lebih baik dalam mengelola dan mengirim uang Anda. Aplikasi mobile Qelola dapat membantu para pekerja migran (TKI) yang bekerja di luar negeri untuk mengelola dana di negara asal (Indonesia) secara efektif di mana saja dan kapan saja. Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola di gadget kesayangan Anda sekarang juga!

 

 

 

Tags: , , , , ,