Langkah-Langkah Membuat Visa Kerja di Malaysia

visa malaysia

Visa kerja merupakan salah satu syarat Anda dapat bekerja di Malaysia. Pemerintah Malaysia saat ini memperketat prosedur warga negara asing yang akan bekerja di Malaysia. Sehingga tidak heran jika syarat yang diberikan terhitung tidak sedikit. Bahkan beberapa persyaratan mengharuskan keterlibatan dari calon majikan atau perusahaan tempat Anda akan bekerja. Salah satunya adalah visa kerja, yaitu bukti izin bekerja yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia.

Visa sendiri memiliki beberapa jenis seperti visa berkunjung, visa belajar, visa kerja, dan sebagainya. Jika Anda ingin bekerja di Malaysia, Anda harus mengurus visa kerja terlebih dahulu. Anda tidak bisa memiliki visa berkunjung lalu nekat bekerja di Malaysia dan berjanji akan mengurus visa kerja nantinya. Selain itu pembuatan visa kerja ini membutuhkan waktu setidaknya 3 minggu hingga 1 bulan sejak persyaratan dikumpulkan dan diajukan permohonannya sampai visa kerja sudah jadi. Maka dari itu, mari persiapkan dengan baik syarat membuat visa kerja. Berikut adalah langkah-langkah membuat visa kerja di Malaysia.

a.  Harus Sudah Mendapat Pekerjaan di Malaysia

Bagi Anda yang ingin membuat visa kerja di Malaysia tentu harus memiliki pekerjaan terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Sekarang sudah banyak lowongan pekerjaan ke Malaysia yang dapat Anda akses. Baik perusahaan komersial maupun lembaga sosial. Bisa juga dengan mengikuti kursus keterampilan tertentu dari agen atau perusahaan terdaftar yang dapat membantu keberangkatan Anda sebagai TKI di Malaysia. Malaysia tidak akan memberikan visa jika Anda tidak terikat oleh instansi apapun di sana.

b.  Pengumpulan Dokumen dan Legalisir

visa malaysia 3 - Langkah-Langkah Membuat Visa Kerja di Malaysia

Sumber: www.expat.com

Setelah mendapat pekerjaan, Anda dapat mulai mencicil dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Berikut daftarnya:

  1. 2 pas foto resmi ukuran 4X6 berlatar belakang putih
  2. Fotokopi semua halaman paspor (termasuk halaman yang kosong)
  3. Fotokopi KTP
  4. Formulir permohonan visa
  5. Surat rekomendasi dari perusahaan atau majikan (termasuk kontrak kerja)**
  6. CV Anda yang terbaru
  7. Fotokopi ijazah terakhir atau sertifikasi dari lembaga pendidikan (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris)***
  8. Deskripsi pekerjaan
  9. Bagi yang sudah menikah, sertakan juga fotokopi Kartu Keluarga, fotokopi Buku Nikah, dan fotokopi Akta Kelahiran Anak serta paspor anggota keluarga jika ada
  10. Visa Approval Letter (VAL)*
  11. Uang sebesar Rp876.000,-

*VAL (calling visa) hanya bisa dilakukan oleh perusahaan yang akan mempekerjakan Anda dan sudah terdaftar dalam MDEC (Malaysian Digital Economy Corporation). Cara mendapatkannya lihat poin c di bawah ini.

** Kontrak kerja harus dikirimkan dalam bentuk cetak dan dikirim melalui pos. Hal ini dikarenakan pihak kedutaan ingin melihat tanda tangan asli Anda.

***Ijazah dalam bahasa Inggris haruslah hasil terjemahan dari penerjemah tersumpah dan memiliki cap resmi. Biayanya sekitar Rp150.000–Rp400.000, tergantung pada bahasanya.

c.  Mengajukan Permohonan Visa

Hal yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengirimkan dokumen 1–4 melalui email ke perusahaan tempat Anda bekerja nantinya. Serta kontrak kerja (dokumen 5) yang sudah ditandatangani ke alamat perusahaan tempat Anda bekerja dalam bentuk cetak. Nantinya perusahaan tersebut akan mengeluarkan surat permohonan kepada MDEC untuk mengeluarkan VAL. Kemudian VAL tersebut akan dikirimkan ke email Anda. Waktu yang dibutuhkan untuk mendapat persetujuan VAL berkisar antara 1–2 minggu. Baru setelah itu Anda bisa datang kembali ke kedutaan atau kantor perwakilan dengan membawa semua dokumen (termasuk dokumen asli yang telah difotokopi harus dibawa) untuk mendapatkan visa kerja Anda.

d.  Mendapat Visa Kerja

visa malaysia 1 - Langkah-Langkah Membuat Visa Kerja di Malaysia

Sumber : www.blibli.com

Untuk mendapatkan visa kerja, Anda dapat menuju ke kedutaan atau agensi yang akan membantu keberangkatan Anda sebagai TKI. Disana Anda akan diminta mengisi beberapa formulir sembari petugas memeriksa kelengkapan semua dokumen Anda. Jika sudah lengkap, barulah Anda diminta memberikan biaya yang telah ditentukan (poin 11).

Ketika proses tersebut sudah dilalui, Anda akan mendapatkan 2 struk, yaitu struk bukti pembayaran dan struk yang digunakan untuk mengambil visa. Rata-rata waktu yang dibutuhkan dalam proses ini adalah 5 hingga 7 hari kerja. Anda akan mendapatkan visa jenis Single Entry untuk masuk satu kali. Baru nanti setelah sampai di Malaysia, pihak perusahaan akan menguruskan visa jenis Multiple Entry agar Anda dapat keluar masuk Malaysia kapanpun.

Sampai sini mungkin Anda akan merasa terbebani dengan banyaknya hal yang harus disiapkan sebelum membuat visa kerja. Namun pemerintah Indonesia dan pemerintah Malaysia akan berusaha membantu setiap langkahnya. Itulah kenapa Anda harus sudah mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu. Perlu dipahami juga bahwa jalur legal jelas akan jauh lebih aman dan lebih menjamin kebutuhan administratif Anda selama di Malaysia. Jadi jangan sampai tertipu terhadap calo yang ilegal. Selain biayanya bisa jauh lebih mahal, keaslian dokumennya juga bisa diragukan.

Setelah sampai dan memulai kegiatan pertama Anda di Malaysia, tentu akan banyak transaksi yang akan Anda lakukan. Dan akan menjadi lebih mudah jika Anda sudah memiliki aplikasi keuangan yang secara khusus dapat Anda gunakan di Malaysia. Salah satu aplikasi yang dimaksud adalah Qelola. Qelola hadir sebagai aplikasi keuangan yang akan mempermudah hampir semua transaksi yang Anda lakukan selama tinggal di Malaysia. Penasaran dengan fitur-fiturnya? Download langsung aplikasi Qelola disini.

logo qelola - Langkah-Langkah Membuat Visa Kerja di Malaysia

Tags: , , ,