Visa adalah Surat Penting bagi TKI, Ketahui Syaratnya di Sini

visa kerja

Paspor adalah syarat mutlak bagi Anda yang ingin bepergian ke luar negeri. Untuk negara-negara tertentu, paspor saja ternyata tidak cukup. Selain membawa paspor Anda juga harus memiliki visa terlebih dahulu. Nah, paspor dan visa ini ternyata dua hal yang berbeda lho. Visa juga harus dimiliki oleh calon Buruh Migran Indonesia (BMI) yang akan bekerja di luar negeri. Beberapa negara di Asean seperti Brunei Darussalam, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam sebenarnya bebas visa. Akan tetapi apabila Anda punya kepentingan kerja di negara yang sudah disebutkan tadi, Anda tetap harus mengurus visa terlebih dahulu.

Mengenal Seluk Beluk Visa

visa adalah 2 - Visa adalah Surat Penting bagi TKI, Ketahui Syaratnya di Sini

Visa adalah dokumen atau surat izin resmi seseorang agar bisa masuk ke suatu wilayah negara tertentu. Visa ini dikeluarkan oleh perwakilan negara tujuan yang berwenang. Dokumen ini nantinya harus ditunjukan saat Anda melalui pintu masuk imigrasi. Dengan kata lain, visa adalah dokumen yang menerangkan bahwa Anda telah memiliki izin untuk masuk, menetap sementara, atau meninggalkan suatu negara.

Visa pada sebagian negara adalah berupa stempel yang dibubuhkan pada paspor asli. Ada juga yang menggunakan media stiker yang nantinya ditempatkan pada lembaran paspor. Untuk menghindari tindak pemalsuan paspor dan visa, stiker visa dibuat dengan teknologi canggih yaitu menggunakan tinta cetak yang dilengkapi hologram. Bahkan, saat ini juga sudah ada yang namanya visa elektronik. Visa elektronik ini bisa dibuat secara online tanpa harus datang ke kantor kedutaan besar yang bersangkutan.

Data-data yang tertuang di dalam visa sendiri mencakup data pribadi dari pemilik visa. Selain itu visa ini juga berisikan data tentang negara tujuan yang akan dikunjungi, maksud atau tujuan dari kedatangan Anda, serta masa berlaku visa.

Kenapa Buruh Migran Indonesia Perlu Visa?

visa adalah - Visa adalah Surat Penting bagi TKI, Ketahui Syaratnya di Sini

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bagi Anda yang ingin bekerja di luar negeri harus memiliki visa. Visa yang dimaksud adalah visa kerja. Visa kerja sendiri ternyata masih dibagi menjadi tiga yaitu visa kerja sementara, visa kerja semi-permanen, dan visa kerja permanen. Yang membedakan ketiga visa tersebut adalah lama waktu seseorang bekerja. Bagi Anda yang akan berangkat menjadi Pekerja Migran Indonesia di luar negeri, izin visa kerja yang diperoleh biasanya sesuai dengan lamanya kontrak kerja. Jika kontrak kerja Anda sudah habis, maka harus segera pulang ke Indonesia. Jika kontrak kerja Anda di luar negeri diperpanjang lagi, maka Anda bisa mengajukan visa kerja lagi dari awal. Untuk bisa mendapatkan visa kerja, ada syarat-syarat yang harus Anda penuhi dahulu seperti:

  • Paspor yang masih berlaku (minimal 6 bulan sebelum habis masa berlakunya).
  • Pas Foto (tergantung ketentuan negara yang bersangkutan).
  • Keterangan tentang keuangan anda seperti jumlah uang dalam rekening atau pihak penjamin.
  • Surat undangan atau surat keterangan calon majikan atau surat keterangan dari sekolah.
  • Memiliki asuransi kesehatan (asuransi TKI).
  • Membayar biaya visa.
  • Formulir permohonan visa yang sudah diisi dan ditandatangani.

Bagi Anda calon Tenaga Kerja Indonesia harus paham betul tentang pentingnya visa kerja ini. Jika Anda bekerja ke luar negeri dengan menggunakan visa selain visa kerja, maka status Anda akan menjadi TKI ilegal. Jika Anda sudah mengantongi visa kerja, maka Anda pun bisa tinggal dan bekerja di negara tujuan dengan tenang. 

Baca Juga: Simak 6 Tips Cepat Mengurus Visa Kerja Keluar Negeri

Hal Penting Selain Visa yang Harus TKI Perhatikan

qelola app 2 - Visa adalah Surat Penting bagi TKI, Ketahui Syaratnya di Sini

Visa adalah dokumen penting yang harus dibawa oleh Tenaga Kerja Indonesia yang berniat tinggal dan bekerja di luar negeri. Visa dan paspor adalah dua dokumen resmi yang akan membuat status mereka menjadi legal di negeri orang. Selain kelengkapan dokumen seperti paspor dan visa, ada hal lain lagi yang harus diperhatikan oleh TKI seperti bagaimana mengelola upah bulanan mereka nantinya. 

Di era yang canggih seperti sekarang, Anda bisa mengelola keuangan bulanan dengan memanfaatkan aplikasi keuangan online. Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel dan segala transaksi keuangan bisa dilakukan dalam genggaman. Salah satu aplikasi keuangan yang cukup populer terutama di kalangan TKI Malaysia adalah aplikasi Qelola. Ya, aplikasi ini adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk para TKI yang ada di Malaysia untuk bisa melakukan transaksi keuangan.

Transaksi ini meliputi transfer uang ke tanah air, bayar-bayar tagihan yang ada di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk pembelian pulsa, kuota internet, dan voucher games. Jangan khawatir dengan biaya administrasinya, selama bulan Mei ini biaya administrasi yang dikenakan adalah senilai 30% dari 2 ringgit Malaysia. Jadi tunggu apalagi, manfaatkan aplikasi Qelola untuk pengelolaan upah bulanan Anda dan transaksi menarik lainnya. Unduh aplikasinya disini!

Tags: , , , , , ,