Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia Lebih Mudah

Ringgit dan Rupiah - Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia Lebih Mudah

Transfer uang saat ini menjadi salah satu aktivitas yang sangat sering dilakukan mengingat cepatnya pergerakan perekonomian. Berbagai kebutuhan dan kepentingan mengharuskan kita untuk melakukannya. Tidak hanya di dalam negeri saja, banyak transaksi yang mengharuskan proses transfer uang dari luar negeri maupun ke luar negeri yang dilakukan. Apalagi semakin hari semakin banyak penduduk Indonesia yang berbondong-bondong ke luar negeri. Baik untuk sekadar berwisata, berdagang hingga menetap dalam waktu yang lama untuk bersekolah maupun bekerja.

Tentu saja kebutuhan layanan transfer uang dari luar negeri maupun ke luar negeri yang mudah dan murah semakin banyak dicari. Bukan hanya untuk pekerja Indonesia di luar negeri yang harus mengirimkan uang untuk keluarga ataupun orang tua yang mengirimkan uang untuk anaknya yang bersekolah di luar negeri. Transfer uang dari luar negeri maupun ke luar negeri memang sudah banyak dibutuhkan berbagai pihak untuk kepentingan lainnya dalam usaha maupun pekerjaan.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut khususnya transfer uang dari luar negeri, kini ada banyak cara yang bisa digunakan. Mulai dari cara konvensional hingga yang menggunakan teknologi canggih. Mulai dari yang mengharuskan Anda melakukan prosesnya di kantor layanan secara langsung hingga yang hanya dilakukan secara online dari rumah. Berikut beberapa cara yang bisa ditempuh ketika ingin melakukan transfer dari luar negeri.

Via Agen Pengiriman Uang Luar Negeri

EP 1 e1584500234863 - Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia Lebih Mudah

Sumber: https://uangindonesia.com/

Hingga kini agen pengiriman uang ke luar negeri adalah cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang. Selain jumlahnya yang cukup banyak sehingga mudah ditemukan, agen pengiriman uang luar negeri juga tidak membebankan biaya yang cukup banyak. Namun, Anda butuh menyisihkan waktu yang cukup banyak karena harus melakukannya di kantor agen pengiriman tersebut.

Ketika menggunakan agen pengiriman uang luar negeri Anda diharuskan mengisi formulir pengiriman, memberikan identitas diri, membayar biaya pengiriman, dan memberitahu data pengiriman kepada penerima uang. Data-data yang diberitahukan antara lain nama pengirim, jumlah uang yang dikirim, negara asal transfer serta kode transfer pengiriman uang. Data ini nantinya diperlukan ketika penerima ingin mengambil uang tersebut.

Via Bank

Selain melalui agen, Anda juga melakukan mengirim uang dari luar negeri melalui bank. Sama halnya ketika menggunakan agen, mengirim uang dari luar negeri harus dilakukan dengan mendatangi kantor bank terdekat, mengisi formulir yang telah disediakan dan memberikan kartu identitas. Transfer antar bank juga membutuhkan kode transfer, dalam hal ini kode SWIFT. SWIFT sendiri merupakan singkatan dari Society For World Wide Interbank Financial Telecommunication.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menggunakan opsi ini karena kebijakan tiap bank berbeda-beda baik itu dari segi jangkauan, mata uang yang dilayani pengirimannya, kurs yang digunakan serta besaran biaya yang dikenakan baik kepada pengirim maupun penerima uang. Pastikan juga untuk memilih bank yang memiliki reputasi serta kredibilitas yang baik, sehingga pengiriman uang berjalan lancar dan aman.

Via ATM

Via ATM - Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia Lebih Mudah

Sumber: https://www.liputan6.com/

Jika tidak ingin repot-repot mengantri dan mengisi formulir berkali-kali, transfer uang dari luar negeri melalui ATM juga bisa menjadi pilihan.  Karena merupakan produk dari bank, maka Anda juga memerlukan kode SWIFT ketika melakukan transfer uang melalui ATM. Pastikan Anda telah memasukkan nomor rekening dan nomor SWIFT dengan benar karena walau terlihat mudah proses ini yang kerap menghasilkan kesalahan yang besar. Salah memasukkan nomor berakibat pada pengiriman uang yang salah. Simpan pula bukti transfer untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Via Fintech

phone1 1 - Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia Lebih Mudah

Sumber: https://qelola.com/

Cara ini adalah cara termutakhir yang memanfaatkan perkembangan teknologi dan sangat populer karena kemudahannya. Fintech atau Financial Technology dikembangkan oleh beberapa perusahaan startup dengan membuat situs ataupun aplikasi pengiriman uang luar negeri yang jauh lebih simpel.

Dengan aplikasi yang dikembangkan oleh Qelola, Anda cukup melakukan pendaftaran akun serta menyambungkannya dengan rekening bank ataupun kartu kredit dan Anda sudah bisa mengirimkan uang dari maupun ke luar negeri. Lebih praktis bukan? Berbeda dengan ketiga cara sebelumnya, menggunakan aplikasi ini tidak mengharuskan Anda untuk pergi ke bank atau ke mesin ATM hanya untuk mengirim uang. Biaya yang dikenakan pun jauh lebih murah.

Salah satu aplikasi fintech yang akan mempermudah proses transfer uang dari luar negeri adalah Qelola. Aplikasi dari Qelola memiliki seluruh manfaat yang diberikan jika Anda memilih transfer uang via fintech. Tidak sampai pada proses transfer uang dari luar negeri atau ke luar negeri saja, aplikasi Qelola juga dapat digunakan untuk transaski lainnya seperti membayar tagihan listrik, air, pendidikan, dan lain sebagainya. Cukup unduh aplikasi Qelola di sini dan dapatkan berbagai manfaat dalam satu aplikasi dan rasakan kemudahannya.

Tags: , , , , , , , , , ,