TKI Bermasalah: Bekerja Tanpa Dokumen yang Legal

TKI Bermasalah

Setiap warga negara Indonesia yang menjadi TKI di Malaysia, atau negara manapun, harus memiliki dokumen yang lengkap dan sah. Hal ini tentu sudah dipahami oleh calon TKI dan TKI yang sudah bekerja di perantauan. Namun kejadian TKI bermasalah masih saja terjadi terkait dengan tidak lengkapnya dokumen yang dimiliki. Tidak jarang, TKI tanpa dokumen ini kemudian tertangkap oleh razia petugas di Malaysia.

Meski banyak TKI yang kemudian dianggap bersalah karena tidak memiliki dokumen lengkap, namun sebenarnya hal ini juga bukan kemauan dari TKI yang bersangkutan. Ada beberapa hal yang menyebabkan TKI berangkat ke Malaysia tanpa dibekali dokumen yang lengkap, antara lain:

  • Korban dari calo atau oknum yang menipu TKI.
  • Tidak mampu membayar biaya administrasi migrasi.
  • Tidak memahami birokrasi yang legal.
  • Pembatasan kebijakan dari imigrasi Malaysia.

Empat hal ini menjadi poin utama penyebab TKI tanpa dokumen masih banyak yang masuk ke Malaysia.

Lalu bagaimana cara menjamin TKI yang sudah terlanjur tertangkap oleh petugas? Artikel ini wajib Anda baca untuk bekal bilamana ada TKI rekan Anda yang tertangkap di kemudian hari.

Baca Juga : 4 Tips Jitu Memilih Agensi Pekerjaan Resmi bagi Calon TKI

Informasi Terkait TKI yang Bersangkutan

Untitled design127 - TKI Bermasalah: Bekerja Tanpa Dokumen yang Legal

Cari informasi valid mengenai rekan Anda yang tertangkap tersebut. Informasi yang diperlukan adalah seputar lokasi dimana TKI tersebut ditahan. Ketika sudah mengetahui lokasinya, Anda bisa datang membesuk rekan Anda tersebut. Anda akan dimintai informasi lengkap mengenai data diri Anda, termasuk dengan izin tinggal di Malaysia, dan kaitan Anda dengan TKI yang ditahan.

Jangan lupa bawa berkas yang Anda miliki terkait status Anda sebagai TKI legal di Malaysia. Berkas ini dapat ditunjukkan sebagai bukti sah bahwa Anda adalah pekerja legal yang tidak melanggar hukum dan statusnya sah.

Besuk TKI Bermasalah di Detention Center

Untitled design128 - TKI Bermasalah: Bekerja Tanpa Dokumen yang Legal

Setelah Anda sampai di lokasi TKI bermasalah ditahan, disebut dengan detention center, maka Anda bisa melaporkan diri dan menyampaikan maksud untuk membesuk. Karena lokasi detention center adalah lokasi terbatas, maka Anda tidak diperbolehkan membawa telepon genggam, kamera, laptop, senjata tajam, pistol, minuman keras dan obat terlarang. Titipkan barang tersebut di penitipan yang disediakan.

Isi formulir yang diberikan oleh petugas dengan informasi yang rinci dan jelas. Setelah mengisi formulir ini, Anda bisa melakukan komunikasi langsung selama kurang lebih 30 menit. Anda bisa memberikan bekal untuk TKI yang ditahan dengan membeli berbagai keperluan (sabun, pasta gigi, roti, minuman ringan, makanan, dan bekal lain) di lokasi yang disediakan petugas. Ingat, Anda tidak bisa membawakan bekal dari luar. Jadi bawa sejumlah uang ketika membesuk.

Menjamin TKI untuk Pulang ke Indonesia

Untitled design129 - TKI Bermasalah: Bekerja Tanpa Dokumen yang Legal

Setelah selesai, Anda bisa mendatangi petugas yang ada di lokasi tersebut dan menanyakan informasi terkait pejabat rumah tahanan. Sampaikan bahwa Anda adalah kerabat dari TKI bermasalah yang ada di detention center dan Anda ingin menjamin TKI tersebut. Pastikan secara jelas bahwa Anda akan menjamin tiket TKI untuk pulang ke Indonesia.

Jika TKI yang bersangkutan masih memiliki paspor dan masih berlaku, maka Anda bisa memberikan jaminan untuk tiket kepulangan sebesar 750 ringgit Malaysia. Harga ini adalah jumlah untuk pemulangan ke area Surabaya, harganya akan berbeda untuk setiap daerah di Indonesia. Ingat, jaminan hanya dapat diberikan jika TKI yang bersangkutan tidak ditangkap karena melakukan tindak kejahatan.

Lalu bagaimana jika TKI bermasalah ini tidak memiliki dokumen sama sekali? Anda bisa mendapatkan dokumen dari Indonesia berupa surat keterangan domisili dari kantor perwakilan di dekat lokasi Anda. Dokumen ini sebagai bukti sah bahwa TKI tersebut memang warga negara Indonesia yang sah.

Pemulangan ke Indonesia

Untitled design130 - TKI Bermasalah: Bekerja Tanpa Dokumen yang Legal

Setelah semua prosedur tersebut Anda jalankan, jangan lupa untuk menanyakan jadwal pemulangan TKI yang bersangkutan ke Indonesia. Informasi ini diperlukan untuk memberi kabar pada keluarga yang berada di Indonesia. Selain itu, jadwal keberangkatan juga dapat jadi info penting agar Anda bisa menjemput TKI di rumah tahanan dan mengantarnya ke bandara jika diperbolehkan.

Pada dasarnya, jika setiap calon TKI mengerti benar prosedur pemberangkatan legal yang diatur oleh pemerintah, kejadian TKI bermasalah seperti ini tidak perlu terjadi. Permasalah timbul karena kurang pahamnya calon TKI pada prosedur yang resmi, dan ingin segera berangkat ke Malaysia untuk bekerja dengan jalan pintas dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Mengurus TKI bermasalah memang harus segera dilakukan agar TKI terhindar dari denda yang lebih besar. Nah, sebagai TKI yang legal dan berangkat sesuai prosedur, Anda juga harus paham mengenai cara transfer uang dengan efektif. Anda bisa menggunakan layanan Qelola untuk urusan yang satu ini. Transfer real-time dan biaya yang sangat murah, hanya 1 ringgit saja untuk sekali transfer, menjadi kelebihan utama yang ditawarkan. Segera unduh aplikasinya di sini, dan jangan lupa untuk selalu mengikuti setiap prosedur legal yang sudah ditetapkan pemerintah!

Tags: , , , , , , , , ,