Dapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan ke Luar Negeri, ini Tipsnya!

tiket pesawat murah

Membeli tiket pesawat menjadi salah satu pengeluaran yang harus Anda siapkan ketika merencanakan liburan. Tiket pesawat memang memakan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika tujuan liburan adalah luar negeri. Namun hal ini tidak menjadi alasan Anda untuk membatalkan rencana liburan bersama teman dan keluarga. Anda bisa lho, mendapatkan tiket pesawat murah untuk liburan dengan mengikuti tips cerdas berikut ini.

1. Perhatikan Masa Perjalanan Pesawat

Sebelum memesan tiket pesawat, cek dahulu masa perjalanan liburan untuk pulang dan pergi (PP). Anda disarankan untuk menghindari high season ketika permintaan tiket pesawat tinggi dan harga tiket pesawat sedang naik-naiknya. Jika Anda tetap ingin pergi liburan saat high season, pesan tiket pesawat jauh-jauh hari sekitar 3 bulan sebelum keberangkatan.

2. Gunakan Metode Incognito

Semakin sering Anda mencari informasi terkait harga pesawat di internet, harganya semakin naik pula. Setiap online travel agent (OTA) atau website maskapai penerbangan memiliki sistem tertentu yang digunakan untuk merekam aktivitas pencarian atau browsing seluruh pengunjung di laman-nya. Solusi bagi Anda yang sering browsing harga tiket pesawat, cobalah gunakan selalu metode incognito atau penyamaran untuk menghindari jebakan tiket pesawat mahal. Dengan menggunakan metode incognito, segala histori jelajah Anda tidak diketahui oleh jendela pencarian. Dijamin peluang Anda mendapat harga tiket pesawat murah semakin besar.

3. Pilih Opsi Connecting Flight

Jika waktu liburan Anda lebih panjang dan ingin mendapat tiket pesawat murah, Anda bisa memilih opsi connecting flight. Harga tiket penerbangan dengan connecting flight terkadang jauh lebih murah dibandingkan penerbangan nonstop flight. Gunakan mesin pencari atau search engine untuk mengetahui dan membandingkan harga penerbangan langsung, sekali transit, dan dua kali transit. 

4. Gunakan Situs Agregator

Untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs pemesanan yang ada, Anda bisa menggunakan situs agregator khusus untuk tiket pesawat, seperti Skyscanner. Anda bisa mengetahui dan membandingkan situs mana yang menjual tiket pesawat dengan harga paling murah. Tak jarang harga tiket pada situs resmi maskapai penerbangan lebih mahal dibandingkan dengan harga pada situs penjualan pihak ketiga. Namun untuk semakin meyakinkan, periksa dan pastikan kembali harga tiket pada situs resmi maskapai.

5. Manfaatkan Promo Tiket Murah

woman with tickets giving thumb up 23 2148170055 - Dapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan ke Luar Negeri, ini Tipsnya!

Anda bisa berburu promo tiket pesawat dengan harga miring ke berbagai destinasi wisata. Manfaatkan dan jangan lewatkan kesempatan ini. Biasanya informasi seputar diskon dan promo tiket pesawat dapat Anda peroleh melalui 3 kanal milik maskapai penerbangan, seperti media sosial, newsletter, dan travel fair. Selain promo melalui kanal milik maskapai penerbangan, beberapa bank juga bekerjasama dengan maskapai untuk menarik minat pelanggan. Biasanya melalui transaksi kartu kredit. Tidak ada salahnya mendaftar kartu kredit yang sering mengadakan promo tiket pesawat.

6. Gunakan Poin dan Miles

Jangan lupa daftar keanggotaan frequent flyer jika Anda sudah menjadi pengguna setia suatu maskapai penerbangan. Nah, dengan keanggotaan tersebut, Anda bisa mendapat poin dan miles yang bisa ditukarkan dengan potongan harga bahkan tiket pesawat gratis. Poin dan miles bisa juga Anda dapatkan dari setiap transaksi kartu kredit dan online shopping yang telah bekerjasama dengan pihak maskapai penerbangan.

7. Gunakan Notifikasi Tambahan Price Alerts

smartphone human hand 1262 21420 - Dapatkan Tiket Pesawat Murah untuk Liburan ke Luar Negeri, ini Tipsnya!

Beberapa situs online travel agent (OTA) dan online booking menyediakan fitur notifikasi tambahan “Price Alerts”. Fitur ini menampilkan berbagai pilihan informasi berupa harga tiket pesawat, sewa hotel, dan tanggal keberangkatan yang paling sesuai dengan budget yang Anda miliki. Selalu aktifkan dan gunakan notifikasi Price Alerts di smartphone Anda untuk mendapat penawaran harga terbaik.

8. Hindari Memborong Tiket secara Bersamaan

Jika Anda berencana pergi liburan bersama teman dan keluarga, pastikan tidak memesan tiket pesawat secara bersamaan. Hal ini dikarenakan sistem milik maskapai akan mendeteksi aktivitas pencarian Anda, dan secara otomatis harga tiket pesawat borongan akan naik dibandingkan saat memesan tiket pesawat untuk sendiri. Tenang saja, solusi yang dapat Anda coba adalah dengan membuka website maskapai di beberapa window browser sesuai jumlah tiket yang akan dipesan. Kemudian lakukan booking tiket secara terpisah. Dengan tips ini, harga tiket pesawat yang harus dibayar tidak akan membengkak.

Baca Juga: Tidak Ingin Rugi? Hindari Kesalahan Ini Saat Memesan Tiket Pesawat

Demikian tips memperoleh tiket pesawat murah untuk liburan bersama teman dan keluarga. Bukan hal yang sulit, bukan? Asal mau berusaha, rencana liburan Anda bersama teman dan keluarga bisa terwujud dan tidak akan tertunda. Saat mempersiapkan segala keperluan berlibur ke luar negeri, persiapkan juga aplikasi Qelola yang akan membantu segala transaksi online berupa pembayaran tagihan dan kirim uang ke Indonesia. Aplikasi Qelola bisa Anda gunakan saat berada di negeri jiran Malaysia maupun antar sesama pengguna Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Tags: , , , , , , , ,