4 Tips Jitu Memilih Agensi Pekerjaan Resmi bagi Calon TKI

agen tki

Banyak orang yang kini menaruh minat untuk bekerja di luar negeri. Ketatnya persaingan kerja di dalam negeri merupakan salah satu faktor yang menyebabkannya. Selain itu, upah yang ditawarkan jika bekerja di luar negeri memang sangat menggiurkan karena berkali-kali lipat jika dibandingkan dengan upah di Indonesia. Motivasi kerja di luar negeri lainnya adalah ingin merasakan sensasi yang berbeda yang tidak bisa Anda temukan di dalam negeri. Agar Anda tidak salah langkah dalam mencari pekerjaan di luar negeri, disarankan untuk mencari lowongan kerja melalui agensi pekerjaan ke luar negeri.

Tentunya Anda harus pintar-pintar memilih agensi pekerjaan yang aman dan terpercaya agar terhindar dari resiko penipuan. Di Indonesia sendiri, sudah banyak agensi penyalur tenaga kerja ke luar negeri yang disebut dengan PJTKI/Perusahaan Jasa Tenaga Kerja Indonesia. PJTKI ini tersebar di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia, jadi Anda bisa mendaftar sesuai dengan domisili saat ini. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, ikutilah tips-tips memilih agensi pekerjaan yang aman berikut ini.

Tips Memilih Agensi Pekerjaan Bagi Calon Tenaga Kerja Indonesia

agensi pekerjaan 4 - 4 Tips Jitu Memilih Agensi Pekerjaan Resmi bagi Calon TKI

Bekerja di luar negeri tentu akan mendatangkan banyak keuntungan bagi Anda. Tapi sebelum membayangkan hal-hal tersebut, ada hal penting yang benar-benar harus diperhatikan yaitu memilih agensi pekerjaan. Agar Anda tidak dihantui hal-hal yang mengkhawatirkan saat bekerja di negeri orang, camkan beberapa tips memilih agensi pekerjaan berikut ini:

  • Perluas Wawasan tentang Penempatan dan Perlindungan TKI

Hal pertama yang harus Anda pelajari sebelum bekerja di luar negeri adalah memahami aturan tentang penempatan dan perlindungan Tenaga Kerja Indonesia/TKI. Peraturan ini tertulis dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004. Selanjutnya Anda juga harus mengetahui peraturan apa saja yang dibuat oleh Menakertrans dan BNP2TKI selaku lembaga pemerintah yang bertanggung jawab perihal TKI di luar negeri. Kenapa hal tersebut penting? Karena dengan adanya bekal informasi tentang penempatan dan perlindungan TKI tersebut Anda jadi tahu landasan dan kekuatan hukum tentang penempatan kerja di luar negeri.

  • Kantongi Daftar PJTKI Nasional yang Resmi

Poin kedua yang harus Anda terapkan dalam memilih agensi pekerjaan ke luar negeri adalah dengan mengumpulkan daftar PJTKI nasional yang resmi. PJTKI yang resmi tentunya sudah terdaftar di Disnaker Pusat. Agar lebih yakin Anda bisa menanyakan daftar PJTKI resmi yang sudah Anda catat ke petugas Dinas Tenaga Kerja yang ada di kota atau kabupaten Anda. Jika PJTKI yang ingin Anda tuju benar-benar resmi tentunya sudah memiliki surat izin pengerahan.

  • Cari Tahu Informasi Secara Detail dengan Menghubungi PJTKI yang Dituju

Setelah Anda berhasil memastikan agensi pekerjaan yang dipilih sudah resmi, selanjutnya hubungi langsung agensi tersebut melalui telepon. Ajukan pertanyaan secara rinci mengenai berapa biaya untuk bisa bekerja di negara tujuan. Selain itu tanyakan juga fasilitas dan pendidikan apa saja yang akan diperoleh serta kapan waktu pelatihan calon TKI dimulai.

  • Kritis dan Jeli Mengenai Surat Perjanjian Penempatan

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah Anda harus jeli mengenai kesepakatan yang tertulis dalam perjanjian penempatan. Minta kepada agensi pekerjaan untuk bersikap sportif dan terbuka mengenai surat perjanjian penempatan atas sepengetahuan Disnaker setempat.

Keuntungan Mendaftar ke Agensi Pekerjaan/PJTKI Resmi

agensi pekerjaan 1 - 4 Tips Jitu Memilih Agensi Pekerjaan Resmi bagi Calon TKI

Memilih agen penyalur tenaga kerja yang resmi dan terpercaya tentunya akan memberikan keuntungan bagi Anda calon Tenaga Kerja Indonesia. Jadi jangan malas untuk mencari informasi lebih dalam terkait PJTKI/agensi pekerjaan resmi yang aman dan terpercaya. Berikut keuntungannya jika Anda mendaftar pada agensi pekerjaan yang resmi.

  • Legalitas Dokumen Terjamin

Tentu tidak ingin kan bekerja di luar negeri dengan status ilegal? Nah, jika Anda mendaftar pada PJTKI resmi tentunya nama Anda akan terdaftar di Dinas Tenaga Kerja. Jika nantinya terjadi masalah atau kendala terkait dokumen atau hal lainnya, pemerintah dapat turun tangan secara langsung untuk membantu karena memiliki dokumen yang legal.

  • Adanya Jaminan Perlindungan dan Bantuan Hukum

Menjadi Tenaga Kerja Indonesia melalui agensi pekerjaan yang resmi juga akan menjamin Anda untuk memperoleh perlindungan dan bantuan hukum. Jika di kemudian hari Anda harus berurusan dengan permasalahan hukum, pemerintah secara pasti akan hadir untuk mendampingi dan memberikan perlindungan hukum.

Nah, sekarang Anda sudah tahu kan kenapa mendaftar ke agensi pekerjaan yang resmi itu penting dan wajib dilakukan. Hal ini semata-mata demi keamanan dan keselamatan Anda nantinya saat lolos menjadi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri. Untuk mengatur keuangan Anda saat sudah menerima upah kerja nanti, manfaatkan juga aplikasi keuangan yang aman dan terpercaya seperti aplikasi Qelola.

qelola app 2 - 4 Tips Jitu Memilih Agensi Pekerjaan Resmi bagi Calon TKI

Aplikasi Qelola adalah cara baru untuk kirim uang dari Malaysia ke Indonesia secara online. Bagi Anda WNI dan TKI yang ada di Malaysia yang akan melakukan transfer dana ke tanah air bisa mencoba aplikasi ini. Selain untuk mengirim uang, aplikasi Qelola juga bisa digunakan untuk bayar-bayar tagihan di tanah air. Tagihan ini meliputi listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Pembelian pulsa dan kuota internet juga bisa melalui aplikasi ini. Bahkan bagi Anda yang hobi main game online bisa beli voucher game lewat aplikasi Qelola langsung dari HP. 

Beruntunglah Anda yang hidup di zaman serba canggih seperti sekarang ini. Segala sesuatu dapat dilakukan dengan mudah dan cepat seperti transfer uang ke luar negeri. Kini Tenaga Kerja Indonesia tidak perlu mengantri ke bank atau datang ke agen pengiriman uang untuk melakukan transfer dana. Cukup dari layar handphone, kirim uang ke luar negeri bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda hanya akan dikenakan biaya 1 ringgit per transaksi. Segera unduh aplikasi Qelola di sini dan nikmati fitur-fitur menariknya!

 

Tags: , , , , ,