Tips Cerdas Agar Hemat Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga

kebutuhan rumah tangga

Bagi Anda yang sudah bekerja, Anda tentu menantikan datangnya hari gajian karena semua tenaga dan usaha yang diinvestasikan untuk pekerjaan selama satu bulan akhirnya terbayarkan dengan sejumlah uang. Kemudian akan muncul rasa bangga tersendiri karena dengan menerima gaji, berarti Anda sudah bisa menghasilkan uang sendiri. Perasaan senang dan bangga tersebut lalu sering dilampiaskan ke dalam berbagai bentuk kegiatan yang sekiranya dapat menyenangkan diri sendiri.

Mulai dari belanja baju dan sepatu, makan di restoran, atau sekedar jalan-jalan bersama teman. Padahal sebenarnya Anda tidak perlu melakukan hal tersebut setiap kali Anda menerima gaji. Apa lagi bagi Anda yang bekerja sebagai TKI di luar negeri, hidup hemat adalah kunci kesuksesan Anda. Anda harus bisa memilah mana saja yang termasuk kebutuhan dan keinginan. Pastikan Anda cerdas dalam membelanjakan uang Anda untuk kebutuhan rumah tangga setiap bulannya.

Baca Juga: Pembayaran Online Tagihan Listrik dan PDAM, Pakai Aplikasi Saja!

Tips Cerdas dalam Mengelola Gaji

kebutuhan rumah tangga 1 - Tips Cerdas Agar Hemat Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga

Agar gaji yang Anda peroleh setiap bulan tidak cepat habis, ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Buatlah daftar alokasi pengeluaran yang sudah pasti jumlahnya. Karena pengeluaran ini sifatnya tetap, itu berarti Anda tidak bisa lagi mengganggu gugat jumlahnya, kecuali ada hal yang mendesak. Contoh dari pengeluaran ini adalah biaya sewa tempat tinggal, biaya transportasi selama satu bulan, biaya servis kendaraan, biaya pulsa, biaya asuransi, atau biaya-biaya lainnya yang jumlahnya tetap.
  2. Buatlah daftar kebutuhan rumah tangga yang harus dibeli. Daftar kebutuhan ini harus Anda buat sedetail mungkin. Anda juga harus menentukan berapa jumlah yang harus Anda beli dan harga perkiraan dari barang-barang tersebut. Dengan begitu, Anda juga bisa menentukan jumlah maksimal yang harus Anda keluarkan untuk belanja bulanan.
  3. Alokasikan sebagian gaji untuk ditabung di awal bulan. Besaran gaji yang Anda tabung jumlahnya bisa Anda sesuaikan dengan keperluan Anda yang lain. Akan lebih baik jika Anda bisa menyisihkan dalam jumlah yang lumayan banyak supaya biaya pengeluaran pribadi Anda bisa Anda tekan.
  4. Membuat dua rekening, dimana rekening pertama Anda gunakan untuk pengeluaran sehari-hari, sedangkan rekening kedua digunakan untuk menabung. Khusus untuk rekening yang Anda gunakan untuk menabung, pilih yang biaya administrasinya rendah dan tanpa kartu ATM. Pastikan bahwa uang yang Anda masukkan ke dalam rekening tabungan tidak Anda utak-atik, kecuali memang ada alasan yang benar-benar mendesak.
  5. Sebaiknya Anda tidak perlu membawa uang cash terlalu banyak di dalam dompet. Bawalah uang secukupnya dan isi lagi uang cash ke dalam dompet hanya ketika uang yang sebelumnya sudah habis.
  6. Buatlah catatan pengeluaran harian secara lengkap. Tujuannya adalah untuk mengontrol pengeluaran Anda dalam satu bulan.

Tips Agar Hemat Saat Belanja Bulanan

kebutuhan rumah tangga 2 - Tips Cerdas Agar Hemat Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga

Ketidakmampuan dalam mengelola pengeluaran bulanan merupakan salah satu penyebab kondisi keuangan menjadi tidak karuan. Mengetahui bagaimana cara hemat dalam berbelanja kebutuhan rumah tangga tentunya wajib dipelajari agar terhindar dari masalah tersebut. Berikut ini ada beberapa tips cerdas agar hemat saat berbelanja kebutuhan rumah tangga yang bisa Anda ikuti:

  1. Buatlah anggaran belanja dan daftar kebutuhan secara detail.
  2. Bandingkan harga barang sebelum Anda memutuskan untuk membelinya.
  3. Belanja di pasar tradisional, karena pada umumnya harga barang yang dijual di sana lebih murah jika dibandingkan dengan harga barang di supermarket atau mall.
  4. Belanja secara grosir, karena Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah.
  5. Manfaatkan penawaran diskon sebaik mungkin.
  6. Simpanlah bahan makanan dengan baik, karena jika Anda tidak pandai dalam menyimpan bahan makanan, maka sudah tentu jumlah pengeluaran Anda untuk belanja bulanan juga akan semakin banyak. Hal tersebut karena Anda perlu mengganti bahan makanan yang sudah rusak. 
  7. Hindari kegiatan membeli secara spontan karena dapat mengganggu perencanaan keuangan Anda. Pastikan pula agar Anda selalu fokus untuk membeli barang yang dibutuhkan saja.

Hidup Hemat, Keuangan Selamat

kebutuhan rumah tangga 3 - Tips Cerdas Agar Hemat Berbelanja Kebutuhan Rumah Tangga

Tinggal di luar negeri sebagai TKI bukanlah hal yang mudah, karena tentunya Anda akan jauh dari keluarga dan teman yang ada di tanah air. Untuk itu, agar semuanya bisa berjalan lancar tanpa gangguan keuangan, Anda perlu mengaturnya sebaik mungkin, termasuk urusan kebutuhan rumah tangga. Dengan bersikap bijak dalam membelanjakan uang hasil gaji Anda setiap bulan untuk kebutuhan rumah tangga, maka Anda akan selamat dari pemborosan.

Pastikan Anda mengirimkan uang untuk keluarga di tanah air menggunakan layanan pengiriman uang antar negara yang aman dan terpercaya. Jangan sampai Anda justru terkena penipuan atau Anda harus membayar biaya yang mahal hanya untuk melakukan transfer uang ke luar negeri. Untuk meminimalisir terjadinya tindak kejahatan, sebaiknya Anda menggunakan aplikasi yang terpasang pada smartphone pribadi Anda. Aplikasi Qelola hadir sebagai solusi yang paling tepat bagi para TKI di Malaysia untuk melakukan berbagai macam transaksi. Dengan Qelola, Anda bisa kirim uang ke sesama pengguna maupun ke rekening bank di Indonesia dengan biaya yang sangat murah. Selain murah, prosesnya juga cepat dan uang yang Anda kirimkan terjaga nilainya. Bagi pengguna baru, Anda harus unduh aplikasi Qelola terlebih dahulu. Klik di sini!

Tags: , , , ,