Tenaga Kerja Indonesia Banyak Disukai Orang Luar Negeri

TKI

Kementerian Ketenagakerjaan telah mengakui bahwa pemerintah masih perlu meningkatkan soft skill maupun hard skill Tenaga Kerja Indonesia agar dapat bersaing di era perdagangan bebas ASEAN (Masyarakat Ekonomi ASEAN/MEA). Namun meskipun demikian, ternyata pekerja dari Indonesia dikatakan mulai dicari-cari perusahaan asing karena pelayanannya yang baik. Tenaga Kerja Indonesia memang menjadi salah satu hal yang sering kali menjadi sorotan oleh berbagai perusahaan-perusahaan di dunia. Baik perusahaan di negara maju ataupun di negara berkembang, di mana mereka pada dasarnya sangat menyukai tenaga kerja asal Indonesia. Kenapa pekerja dari Indonesia disukai oleh orang-orang luar negeri? Inilah beberapa alasannya.

Baca juga: Simak Info TKI Malaysia Lengkap Berikut Ini

TKI di Mata Jepang

tenaga kerja indonesia 1 - Tenaga Kerja Indonesia Banyak Disukai Orang Luar Negeri

Sumber: www.cnnindonesia.com

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jepang untuk Indonesia, Masafuki Ishii telah mengakui bahwa negaranya mempunyai alasan tersendiri kenapa mereka tertarik untuk merekrut tenaga kerja berketerampilan asal Indonesia. Salah satu alasannya adalah karena potensi besar yang dimiliki Tenaga Kerja Indonesia. Sementara itu, Dirjen Binapenta dan PKK Kemenaker, Maruli Hasolon mengatakan bahwa salah satu alasan Jepang menyukai tenaga kerja asal Indonesia adalah karena sifat pekerja kerasnya.

Pemerintah Indonesia dan Jepang memang telah bersepakat untuk menjalin kerja sama di bidang penempatan tenaga kerja berketerampilan spesifik atau Specified Skilled Worker (SSW) untuk bekerja di Jepang. Kesepakatan ini telah ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Cooperation (MoC) oleh Menteri Ketenagakerjaan, M Hanif Dhakiri dan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Jepang untuk Indonesia, Mr. Masafumi Ishii. Pemerintah Jepang telah membuka peluang kerja pada 14 sektor bagi tenaga kerja asing SSW. Kuota SSW untuk seluruh negara, termasuk Indonesia berjumlah 345.150 tenaga kerja. Setidaknya, ada sebanyak 345.150 lowongan pekerjaan yang bisa diisi oleh tenaga kerja berketerampilan spesifik asal Indonesia di Jepang.

TKI di Mata Malaysia

Untitled design 18 - Tenaga Kerja Indonesia Banyak Disukai Orang Luar Negeri

Selama berada di Malaysia, baik pemerintah, pengusaha, maupun masyarakat umum mengakui akan kehebatan tenaga kerja dari Indonesia. Hal ini berlaku pada hampir semua sektor pekerjaan. Orang Malaysia lebih mengutamakan orang Indonesia untuk bekerja di perusahaan-perusahaan yang ada di Malaysia. Alasannya beragam, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pekerja dari Indonesia dianggap lebih rajin dan tekun serta tidak banyak tingkah. 
  2. Kesamaan bahasa dan latar belakang budaya menjadikan suatu nilai tambah karena cepat proses penyesuaiannya dengan masyarakat setempat.
  3. Pekerja dari Indonesia bersedia bekerja secara legal atau ilegal.

Kekurangan TKI di Mata Malaysia

Meskipun Tenaga Kerja Indonesia cukup diutamakan oleh masyarakat setempat, namun ternyata setidaknya ada 3 hal yang menjadi kekurangan TKI di mata masyarakat Malaysia, yaitu:

  1. Pekerja dari Indonesia dianggap kurang menguasai bahasa Inggris. Dalam sektor pembantu rumah tangga, selain skill kerja juga diperlukan skill berbahasa yang baik. Dalam hal ini, TKI kalah jauh dengan pekerja dari Filipina, Kamboja dan Myanmar.
  2. Tahap pendidikan pekerja Indonesia yang rendah. Pekerja dari Filipina, Kamboja, dan Myanmar cenderung berpendidikan yang lebih tinggi sehingga skill mereka lebih bagus dalam sektor manufaktur dan pembantu rumah tangga.
  3. Selain itu, pekerja Indonesia masih banyak yang sering membawa kebiasaan hidup di kampung, sehingga terkesan norak. Adanya pola shock-culture saat mereka melakukan penyesuaian dengan lingkungan yang baru. Masyarakat setempat sering juga dibuat risih dengan tingkah laku dan penampilan pekerja Indonesia yang tidak sesuai dengan tradisi keseharian orang-orang Melayu pada umumnya.

Persiapan Sebelum Bekerja di Luar Negeri

Untitled design 19 1 - Tenaga Kerja Indonesia Banyak Disukai Orang Luar Negeri

Sama halnya bekerja di dalam negeri, Anda pun harus menyiapkan banyak hal untuk bisa bekerja ke luar negeri. Bahkan persiapannya terbilang relatif lebih rumit. Berikut ini ada beberapa hal penting yang harus Anda siapkan:

  1. Memenuhi seluruh dokumen sah yang dipersyaratkan seperti paspor, visa, dan lain sebagainya.
  2. Lakukan medical check up untuk bisa memastikan bahwa Anda tidak memiliki penyakit berat.
  3. Jika Anda menggunakan jasa lembaga perantara untuk bekerja di luar negeri, pastikan validitas dan bonafiditas mereka memang bagus.
  4. Mempersiapkan motivasi kerja yang kuat. Karena motivasi yang kuat akan memberikan Anda banyak energi untuk menghadapi berbagai tantangan di luar negeri.
  5. Memahami bahasa negara tempat Anda bekerja. Minimal Anda harus mampu menguasai bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.
  6. Mempelajari adat dan budaya setempat, sehingga Anda akan lebih mudah dalam melakukan adaptasi.

Sekilas, bisa menjadi Tenaga Kerja Indonesia yang bekerja di luar negeri memang terlihat keren. Namun faktanya, bekerja di luar negeri butuh persiapan yang sangat serius dan matang. Anda tidak hanya dituntut untuk memiliki kompetensi yang lebih dari cukup. Namun kemampuan Anda di luar teknis pekerjaan juga menjadi hal yang sangat penting. Terutama untuk mempercepat proses adaptasi di negeri baru yang Anda tinggali.

Agar Anda dapat terhindar dari pemborosan uang selama berada di luar negeri, sebaiknya Anda mulai mengunduh dan menggunakan aplikasi khusus untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan. Qelola mungkin sangat tepat bagi Anda! Aplikasi ini didesain khusus bagi Anda yang hendak melakukan berbagai jenis transaksi baik dari luar negeri maupun ke luar negeri. Fitur-fiturnya lengkap dan sangat praktis Anda gunakan. Dengan pengelolaan yang tepat, maka gaji yang Anda dapatkan selama menjadi Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri akan tersalurkan untuk kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi di Indonesia.

Tags: , , , , , , , ,