4 Tempat Wisata di Penang Malaysia yang Belum Banyak Orang Tahu

penang

Malaysia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang masuk dalam daftar destinasi wisata yang wajib Anda sambangi. Dengan mengusung slogan “Malaysia Truly Asia”, Negeri Jiran ini memiliki segudang spot-spot menarik yang tidak boleh Anda lewatkan. Jika Anda mendengar kata Malaysia, hal pertama yang terlintas dalam pikiran pasti adalah Kuala Lumpur atau Menara Petronas. Ya, Kuala Lumpur sendiri adalah ibu kota negara Malaysia yang tiap tahun tidak pernah sepi dipadati baik wisatawan domestik atau mancanegara. Namun tidak hanya Kuala Lumpur saja, Malaysia juga memiliki kota-kota lain yang tak kalah bagusnya lho! Salah satu tempat di Malaysia yang juga menjadi favorit para pelancong adalah Penang. Kira-kira mana saja tempat wisata di Penang yang recomended untuk dijelajahi ya? Simak ulasannya berikut ini.

Tempat Wisata di Penang Malaysia yang Jarang Orang Ketahui

Sebelum membahas ke tempat-tempat wisata di Penang yang seru untuk di tengok, ada baiknya Anda mengetahui profil dari Penang. Pulau Pinang atau Penang adalah negara bagian federasi Malaysia yang berada di Semenanjung Malaysia. Kawasan ini terdiri dari Pulau Pinang itu sendiri dan Seberang Perai. Penang beribu kotakan di George Town yang juga dinobatkan sebagai World Heritage City oleh UNESCO pada tahun 2008.

Mengunjungi Penang, Anda pasti akan dibuat bingung tempat mana dulu yang sebaiknya akan di explore. Penang menyuguhkan berbagai pilihan mulai dari wisata alam, pusat perbelanjaan, museum, kuil, dan kawasan bersejarah yang memang selalu ramai dikunjungi. Untuk sampai ke Penang, Anda bisa menempuh jalur darat atau udara. Jika berangkat dari Kuala Lumpur, ada berbagai transportasi yang bisa Anda pilih mulai dari bus, mobil, Electric Train Service (ETS), dan pesawat terbang. Berikut ini adalah tempat wisata di penang yang mungkin belum banyak wisatawan ketahui:

  • Penang Hill

penang 1 - 4 Tempat Wisata di Penang Malaysia yang Belum Banyak Orang Tahu

Penang Hill adalah dataran tinggi di Penang yang juga mendapat julukan Bukit Bendera. Penang Hill merupakan dataran yang paling tinggi dengan ketinggian 700 mdpl. Untuk bisa sampai di sana Anda harus naik Funicular train atau kereta khusus yang mempunyai kemiringan 45 derajat dengan kursi-kursi yang mirip dengan anak tangga. Funicular train ini letaknya ada di Railway Lower Station di Ayer Itam. Tarif yang harus Anda keluarkan untuk menaikinya adalah RM30 untuk pulang dan pergi. 

Sesampainya di Penang Hill, ada beberapa tempat yang wajib Anda datangi salah satunya adalah The Owl Museum. Sesuai dengan namanya, di dalamnya Anda akan disuguhi dengan patung, boneka, pernak-pernik dan lukisan yang berkaitan dengan buruh hantu. Biaya yang dibutuhkan untuk bisa masuk ke The Owl Museum adalah RM10. Selain The Owl Museum Anda juga menikmati keindahan Pulau Penang dengan meneropong dari Penang Hill. Terdapat juga masjid, kuil hindu, spot gembok cinta, dan kafe yang menarik untuk disinggahi. 

  • Pantai Batu Ferringhi

pantai feringhi 2 - 4 Tempat Wisata di Penang Malaysia yang Belum Banyak Orang Tahu

Sumber: wtjournal.com

Masih dari wisata alam, tempat wisata di Penang selanjutnya yang harus dikunjungi adalah Pantai Batu Ferringhi. Pantai ini menjadi destinasi yang pas bagi Anda yang menginginkan suasana tenang dan nyaman di atas pasir putih. Akses ke pantai ini bisa Anda tempuh dengan armada bus dari kota George Town dengan jarak tempuh satu jam. Selain menikmati keindahan pantai, disini Anda juga bisa menjajal parasailing, jet ski dan banana boat.

  • Entopia

entiopia 2 - 4 Tempat Wisata di Penang Malaysia yang Belum Banyak Orang Tahu

Sumber: https://www.linkedin.com/company/entopia

Bagi Anda yang suka dengan kupu-kupu, Entopia tidak boleh dilewatkan. Entopia adalah tempat penangkaran kupu-kupu dan serangga lainnya yang dikelola oleh Penang Butterfly Farm. Letaknya sendiri tak jauh dari Pantai Batu Ferringhi. Tiket masuk ke Entopia sendiri dijual dengan harga yang cukup mahal yaitu RM65 untuk dewasa dan RM45 untuk anak-anak. Namun uang yang Anda keluarkan sebanding dengan apa yang akan Anda lihat karena di dalamnya terdapat 15.000 kupu-kupu yang terbang dan lebih dari 200 spesies tanaman. Entopia sendiri memiliki dua konsep yaitu indoor dan outdoor. Konsep indoor dinamakan The Cocoon yang berisi sarana edukasi seperti Hutan Pandora. Sedangkan konsep outdoor bernama The Natureland yang menyatukan ekologi dengan koleksi binatang yang ada di sana.

  • Fort Cornwallis

fort corn 2 - 4 Tempat Wisata di Penang Malaysia yang Belum Banyak Orang Tahu

Sumber: penang.ws

Tempat wisata di Penang lainnya yang belum banyak orang ketahui adalah Fort Cornwallis. Adalah sebuah benteng tertua di Penang yang dulunya dipakai sebagai benteng pertahanan Inggris. Sebagai wisata sejarah dan edukasi, banyak orang mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan peninggalan sejarah seperti kapel, penjara, meriam, dan lampu kuno. Tiket masuk ke Fort Cornwallis ini dihargai sebesar RM20.

Beberapa tempat wisata di Penang yang sudah disebut di atas mungkin belum banyak diketahui orang. Jika Anda mengunjungi Penang, wajib hukumnya untuk mengunjungi tempat-tempat tersebut untuk menikmati atmosfer lain dari Pulau Penang. Karena letaknya yang berdekatan dengan Indonesia, banyak WNI yang menjadikan Malaysia sebagai tujuan destinasi wisata. Selain itu, Anda yang bekerja sebagai TKI di Malaysia bisa menjadikan keempat tempat tadi sebagai referensi tujuan wisata saat mendapat cuti atau libur kerja. 

Nah bagi Anda TKI di Malaysia ada informasi menarik nih tentang transaksi keuangan yang bisa Anda lakukan dari Malaysia ke Indonesia. Memperkenalkan aplikasi Qelola, yaitu sebuah dompet digital yang bisa Anda manfaatkan untuk melakukan transfer uang ke tanah air dan membayar berbagai tagihan yang ada di Indonesia. Mulai dari tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan, TV Kabel dapat Anda lunasi dengan mengikuti petunjuk dalam aplikasi. Selain itu Anda juga bisa melakukan pembelian pulsa melalui aplikasi ini. Kabar baiknya, selama masa promo ini transfer uang melalui Qelola tidak dipungut biaya. Nah, tunggu apalagi segera unduh aplikasi Qelola dan kirim-kirim uang jadi lebih mudah.

Tags: , , , ,