Tempat-Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika ke Selangor Malaysia

EP 23 - Tempat-Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika ke Selangor Malaysia

Sebagai negara bagian terkaya di negeri Jiran, Selangor Malaysia menyimpan banyak sekali potensi. Bukan hanya potensi di sumber daya alam, Selangor Malaysia juga dianugerahi dengan berbagai tempat wisata mulai dari yang tradisional hingga yang paling modern. Oleh karenanya, ketika berkunjung ke negara tetangga, Selangor Malaysia menjadi salah satu tempat yang paling tidak boleh dilewatkan. Dan di antara begitu banyak potensi wisata yang dipunya, berikut beberapa rekomendasinya.

Baca Juga: Destinasi Wisata Terbaik Malaysia Paling Wajib Dikunjungi

Bukit Jugra

EP 23 1 - Tempat-Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika ke Selangor Malaysia

Selain Melaka dan George Town, Jugra juga menyajikan alternatif wisata sejarah ketika Anda berada di Malaysia. Hanya menempuh perjalanan selama satu jam dari Kuala Lumpur, Anda sudah dapat menikmati keindahan Jugra, Ibu Kota Kerajaan Selangor pada tahun 1800-an. Kota tua ini masih menyimpan harta berharga berupa gedung-gedung serta puing-puing yang masih dirawat dengan baik. Setidaknya ada 15 objek wisata bersejarah Jugra yang berpusat di Bukit Jugra dan bekas desa kerajaan Bandar. Museum Insitu Jugra, Gudang Amunisi, Kantor Distrik Tua, Istana Jugra Lama, Istana Alaedin, Makam Keluarga Kerajaan Jugra, dan lain sebagainya siap untuk dijelajahi di liburan ini. Yang membuat wisata di Jugra lebih menarik adalah karena masih banyak peninggalan yang lokasinya tersembunyi sehingga menantang Anda untuk mencarinya. Selain itu, medan yang bergelombang dan pemandangan yang indah menjadikan Jugra menjadi tempat yang menarik untuk kegiatan luar ruangan seperti hiking dan paralayang.

Mah Meri Cultural Village

EP 23 2 - Tempat-Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika ke Selangor Malaysia

Suku Mah Meri merupakan salah satu dari 18 suku asli yang tinggal di Malaysia. Suku ini terkenal dengan sebutan ‘Pria Bertopeng dari Malaysia’ karena kepiawaian masyarakatnya membuat topeng. Bahkan masyarakat suku Mah Meri terkenal sebagai salah satu pembuat topeng terbaik di dunia. Saat berwisata di desa ini Anda dapat berkunjung ke museum kecil, rumah tradisional, serta halaman desa yang terbuka untuk pengunjung dan digunakan sebagai tempat pertunjukan. Desa ini buka sepanjang tahun, namun ada waktu-waktu terbaik untuk menyaksikan berbagai keunikan Suku Mah Meri. Anda bisa mengunjungi suku ini selama Hari Moyang (Hari Leluhur) yang berlangsung sekitar Maret atau April setiap tahun, Hari Puja Pantai (Penyembuhan Samudra) atau selama upacara pernikahan. Pada hari-hari ini akan ada festival di mana para penduduk akan mengenakan topeng berukir rumit dan melakukan Tarian Jo-oh (Tarian Hutan) yang mistis juga Tarian Topeng yang merupakan persembahan utama.

I-City

EP 23 3 - Tempat-Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika ke Selangor Malaysia

Sejak didirikan tahun 2009, I-City sudah menjadi salah satu tujuan wisata utama masyarakat Selangor, khususnya masyarakat Shah Alam. Beroperasi mulai pukul 8 malam hingga 3 pagi, I-City menyajikan taman bermain dengan warna-warni cahaya lampu yang semakin menyemarakkan malam Anda. Untuk memasuki kawasan I-City, Anda tidak akan dikenakan biaya masuk dan juga parkir. Anda cukup mengeluarkan uang ketika ingin menggunakan wahana yang tersedia dan itupun tidak terlalu mahal. Jadi ketika hanya ingin berjalan-jalan di malam hari, Anda bisa berkunjung ke I-City untuk menikmati indahnya lampu-lampu canggih dan mengambil beberapa foto apik.

Sunway Lagoon

Ep 23 4 - Tempat-Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika ke Selangor Malaysia

Menghabiskan waktu liburan Anda di Selangor dengan mengunjungi Sunway Lagoon merupaka pilihan yang paling tepat. Bagaimana tidak, cukup membayar sekali saja Anda sudah bisa menikmati berbagai pengalaman berbeda di berabagai taman hiburan. Ada 6 taman hiburan yang tersedia di sini yang pasti tidak akan membosankan. Anda bisa menaiki wahana di amusement park, memacu adrenalin di extreme park, uji nyali di scream park, melihat satwa liar di wildlife park, dan bermain air di water park. Bagi Anda yang sangat menyukai kartun-kartun Nickelodeon, bisa merasakan pengalaman bertemu idola di Nickelodeon Lost Lagoon. Si kecil bisa bertemu SpongeBob, Dora, dan lainnya dalam bentuk wahana yang sangat menyenangkan. Sunway Lagoon menjadi theme park bertema Nickelodeon pertama di Asia.

Sky Mirror

Ep 23 5 - Tempat-Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika ke Selangor Malaysia

Jika pergi ke cermin alam tersebar di dunia, Salar de Uyuni, di Bolivia terasa sangat sulit, maka tidak perlu khawatir karena Anda bisa mendapatkannya di Malaysia. Sky mirror di pantai Kuala Selangor akan memberikan sensasi yang sama dengan Salar de Uyuni. Pasir di pantai ini akan memantulkan wujud Anda sehingga terlihat seperti sedang bercermin. Namun keindahan ini hanya bisa Anda temukan pada hari ke-1, ke-2, ke-14, ke-15, ke-16 dan ke-30 dalam sebulan berdasarkan kalender lunar Tiongkok. Selain itu, Anda juga harus datang tepat waktu karena cermin ini hanya akan terlihat selama 3-4 jam di pagi hari.

Sepang International Circuit

Ep 23 6 - Tempat-Tempat yang Harus Dikunjungi Ketika ke Selangor Malaysia

Bagi penggemar event-event otomotif pasti tidak asing dengan Sepang International Circuit. Tuan rumah bagi berbagai event otomatif internasional, Sepang International Circuit menjadi salah satu daya tarik wisata Malaysia. Dan sirkuit ini berada di Selangor. Jadi bagi Anda yang sedang berlibur ke Selangor dan ada event yang sedang berlangsung, tidak ada salahnya untuk ikut serta menonton dan menikmatinya.

Nikmatnya berlibur tentu saja tidak mau dihancurkan oleh pengelolaan keuangan yang buruk bukan? Jika Anda kehabisan uang, tentu saja tidak bisa menikmati keseruannya liburan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sebaiknya Anda men-download aplikasi Qelola sekarang juga. Aplikasi transfer uang internasional yang akan membantu Anda untuk mendapatkan kiriman uang dengan cepat ketika Anda kehabisan biaya liburan. Dan tenang saja, biaya administrasi di Qelola sangat murah, cukup dengan RM1 pengiriman uang Anda berhasil dengan mudah.

 

Tags: , , , , , , , , ,