7 Tempat yang Wajib Masuk Itinerary Saat ke Taiping Malaysia

perak malaysia

Kuala Lumpur, Penang, Genting, dan Selangor adalah deretan destinasi wisata yang cukup terkenal di telinga traveller saat mengunjungi negara Malaysia. Padahal jika dieksplor lebih jauh, Malaysia punya kawasan pariwisata menarik lain yang tak kalah menawan. Cobalah untuk datang ke Taiping Malaysia untuk merasakan atmosfer baru di negeri jiran. Kota terbesar kedua setelah Ipoh yang terletak di negara bagian Perak ini mendapat julukan kota hujan karena curah hujannya yang cukup tinggi.

Mengutip dari halaman wikipedia, berbagai bangunan seperti museum, perpustakaan, penjara, masjid, kebun binatang, stasiun, dan rel kereta api konon pertama kali dibuat di Kota Taiping ini. Hebatnya, Kota Taiping juga disebut-sebut sebagai pemilik padang golf pertama di Asia Tenggara. Nah, jika berniat untuk mengunjungi kota ini, beberapa tempat berikut wajib masuk list itinerary Anda.

Museum Perak

Muzium Perak - 7 Tempat yang Wajib Masuk Itinerary Saat ke Taiping Malaysia

Sumber : www.instagram.com

Persinggahan pertama yang tidak boleh Anda lewatkan saat mengunjungi Taiping Malaysia adalah Museum Perak. Bangunan ini punya keistimewaan tersendiri karena jadi saksi sejarah selama penjajahan kolonial Inggris. Di dalam museum ini Anda akan menemukan banyak benda-benda koleksi sejarah yang jumlahnya mencapai lebih dari 8000 koleksi. 

Berbagai macam koleksi tersebut diantaranya adalah kerajinan tangan, tembikar, seni lukisan kuno, artefak klasik, dan lain-lainnya. Penampilan dari bangunannya sendiri sangat khas dengan corak neo Inggris nan klasik sehingga sangat cocok dijadikan latar untuk berswafoto.

Bandar Taiping

Pusat kota dari Taiping Malaysia adalah Bandar Taiping. Tempat ini juga wajib masuk ke dalam daftar itinerary Anda saat mengunjungi Kota Taiping. Hal istimewa yang dimiliki Bandar Taiping adalah keindahan kotanya yang dipenuhi oleh bangunan-bangunan klasik peninggalan kolonial Inggris. Walaupun sudah ada sejak berabad-abad yang lalu, namun bangunan peninggalan tersebut masih berdiri kokoh sampai sekarang. Bagi Anda yang hobi selfie atau suka dengan fotografi, tempat ini sangat cocok karena sangat instagramable untuk diunggah ke sosial media. 

Air Terjun Pecah Batu

Ingin menikmati nuansa alam yang tenang dan menyejukkan tak jauh dari pusat kota? Air Terjun Pecah Batu bisa jadi salah satu pilihan yang tepat untuk Anda. Selain disuguhkan dengan air terjun yang menenangkan, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar yang sangat memanjakan mata. Namun begitu, tetap waspada ya saat pergi ke tempat ini. Jika langit mulai mendung jangan coba-coba untuk mandi ke dalam air terjun karena rawan banjir yang disebabkan hujan di hulu air.

Zoo Taiping

zoo taiping - 7 Tempat yang Wajib Masuk Itinerary Saat ke Taiping Malaysia

Sumber : https://rojakdaily.com/

Bagi Anda yang pergi rombongan bersama keluarga, Zoo Taiping bisa jadi objek wisata yang tepat untuk dikunjungi. Kebun binatang yang satu ini ternyata juga merupakan kebun binatang pertama yang ada di negara Malaysia lho! Sebagai kebun binatang yang sudah berdiri lama, Zoo Taiping memiliki berbagai macam spesies hewan yang mencapai jumlah lebih dari 1300 hewan. Dijamin, putra-putri Anda akan gembira jika diajak menyaksikan berbagai satwa yang ada di kebun binatang ini.

Bukit Merah Laketown Resort

Jika ingin menikmati persinggahan alam nan eksklusif Anda bisa melancong ke Bukit Merah Laketown Resort. Tempat wisata yang satu ini adalah kawasan resort yang memiliki pemandangan indah nan spektakuler. Jika Anda bermalam di penginapan yang ada di Bukit Merah Laketown Resort ini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam hijau yang sangat mempesona. 

Selain menikmati keindahan, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan di tempat ini seperti bermain di Waterpark dan mengunjungi Ecopark. Di dalam waterpark Anda bisa merasakan sensasi Water Pillar, Jumbo Shower, Kids Adventure, Lazy River, Activity Pool, dan Water Speed Slides. Sedangkan Ecopark di Taiping Malaysia ini merupakan tempat konservasi Orang Utan.

Ansari Famous Cendol

Bertamasya belum lengkap rasanya jika tidak disertai dengan mencicipi sajian kuliner khasnya. Nah, jika Anda berkunjung ke Taiping Malaysia wajib banget untuk merasakan minuman khas Kota Taiping yaitu es cendol. Apalagi jika diminum disaat panas terik, tentunya menjadi pelepas dahaga yang menyegarkan. 

Salah satu restoran yang menyajikan es cendol dengan cita rasa otentik dan sangat legendaris adalah Ansari Famous Cendol. Bahkan tempat ini sudah ada sejak tahun 1940 lho! Menu yang paling laris dan sangat recomended dari restoran ini adalah cendol kacang merah dan cendol pulut beras.

Baca Juga: 7 Menu Sarapan Khas Lezat yang Wajib Dicoba di Malaysia

Old House Museum

old house museum 1 - 7 Tempat yang Wajib Masuk Itinerary Saat ke Taiping Malaysia

Sumber: https://vnazone.blogspot.com/

Untuk Anda yang hobi mengoleksi barang-barang antik, Taiping Malaysia benar-benar tempat yang paling tepat. Ada satu tempat yang populer dengan koleksi barang antiknya di sana yaitu Old House Museum. Selain sebagai museum tempat ini juga merupakan kedai untuk praktik jual beli barang antik. Jadi jika ingin menambah koleksi barang antik di rumah, bisa menambah koleksi Anda dengan membeli di tempat ini. Old House Museum ini sudah didirikan sejak tahun 1880 oleh saudagar Cina yang bernama Lim Zi You.

Selain memastikan tempat-tempat yang wajib masuk ke itinerary Anda selama singgah di Taiping Malaysia, Anda juga wajib mengunduh aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang punya banyak fitur menarik seperti transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar tagihan pokok seperti listrik, air, dan BPJS Kesehatan, serta pembelian pulsa. Caranya mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di Playstore Anda pun bisa menikmati ragam fitur yang ditawarkan tadi. Pelajari lebih jauh tentang aplikasi Qelola melalui website resminya di sini.

 

Tags: , ,