6 Tips Sukses Mendapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

tips mendapat beasiswa ke luar negeri

Kuliah di luar negeri mungkin menjadi impian bagi sebagian besar orang. Namun tidak semua orang bisa mewujudkannya karena terhalang oleh biaya kuliah yang tidak sedikit. Masalah biaya ini bukanlah suatu hal yang dapat Anda jadikan alasan untuk menyerah pada impian Anda. Sejumlah institusi memiliki fasilitas beasiswa yang dapat dijadikan sebagai jalan untuk dapat kuliah di luar negeri. Memperoleh beasiswa memang menjadi salah satu cara terbaik untuk bisa kuliah di luar negeri. Tapi sayangnya jumlah beasiswa yang terbatas berbanding terbalik dengan jumlah peminat beasiswa yang selalu bertambah setiap tahunnya. Namun jangan berkecil hati, sebab jika Anda mempersiapkannya sejak awal, maka peluang Anda untuk mendapatkan beasiswa tersebut tentu akan cukup besar. Oleh karena itu, kali ini kami akan berbagi tips sukses untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Simak beberapa tipsnya di bawah ini.

  1.  Memiliki Keyakinan dan Motivasi yang Kuat

Keyakinan dan motivasi yang kuat adalah modal utama yang harus Anda miliki ketika ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Jika memang Anda sangat ingin untuk bisa kuliah di luar negeri, maka tanamkan pada diri bahwa Anda akan mendapatkan kesempatan itu. Berbagai hal mungkin saja akan memenuhi pikiran Anda, terkait dengan melanjutkan pendidikan ke luar negeri tersebut, termasuk keragu-raguan dan sedikit rasa cemas. Hal seperti ini tidak boleh terjadi, sehingga niat untuk mendapatkan beasiswa ini juga akan semakin besar. Semua keinginan akan terwujud dengan dukungan motivasi yang tinggi.

  1.  Tentukan Pilihan Jurusan dan Universitas Sejak Awal

41104 - 6 Tips Sukses Mendapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Tentukan pilihan jurusan dan universitas sejak awal ketika Anda memutuskan untuk mengajukan beasiswa kuliah di luar negeri. Anda sudah harus memiliki sebuah pilihan jurusan yang paling tepat dan sesuai dengan keinginan. Jangan sampai Anda memilih jurusan yang salah dan berada di luar minat, sebab hal ini sangat berisiko membuat sejumlah masalah di masa yang akan datang. Selain pemilihan jurusan, pemilihan universitas juga menjadi hal yang harus Anda pertimbangkan. Setiap jurusan dan universitas itu sendiri, akan memiliki peringkat yang menjadi nilai di dalam dunia pendidikan internasional. Peringkat jurusan ini tentu akan berbeda dengan peringkat universitas, sebab keduanya memiliki kriteria yang berbeda. Pertimbangkan kedua hal ini sebelum memilih universitas tempat Anda kuliah nanti.

  1.  Melengkapi Persyaratan

persyaratan kuliah di malaysia 1 - 6 Tips Sukses Mendapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Setelah menemukan jurusan dan universitas yang paling tepat, maka mulailah untuk mengumpulkan informasi dan melengkapi semua persyaratan untuk pendaftaran dan juga pengajuan beasiswa tersebut. Hal ini sangat penting untuk diketahui sejak awal, agar Anda dapat mempersiapkannya dengan matang. Jangan lupa untuk mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, sehingga proses pendaftaran nanti dapat berjalan dengan lancar. Seperti curriculum vitae, surat referensi dan juga motivation letter adalah hal yang wajib untuk disertakan dalam lamaran ini, jadi pastikan Anda sudah menyusunnya dengan baik. Terkait dengan motivation letter, Anda harus memiliki kemampuan yang baik untuk meyakinkan pihak penyelenggara, bahwa Anda adalah kandidat terbaik yang layak untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

  1.  Memilih Jenis Beasiswa

Ada banyak pilihan jenis beasiswa yang bisa dijadikan sebagai pilihan, termasuk yang dimiliki oleh institusi asing, atau institusi dalam negeri sekalipun. Pastikan Anda memilih jenis beasiswa yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda, agar bisa memberikan manfaat baik bagi diri Anda sendiri. Beberapa jenis beasiswa, mungkin diselenggarakan dengan tujuan tertentu, terutama jika yang mengadakannya adalah institusi milik pemerintah. Hal seperti ini patut menjadi perhatian sejak awal, agar jangan sampai Anda salah memilih jenis beasiswa yang tepat untuk Anda.

  1.  Mempersiapkan Tes

persyaratan kuliah di malaysia 3 - 6 Tips Sukses Mendapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Sebelum mengajukan lamaran untuk mendapatkan beasiswa tersebut, pastikan bahwa Anda memang telah memiliki persiapan yang matang untuk menghadapi berbagai tes yang akan dilakukan oleh pihak penyelenggara. Lakukanlah beberapa kali sesi latihan, termasuk dalam melatih kemampuan bahasa Inggris Anda. Ini akan membantu Anda lebih santai dan nyaman ketika akan melakukan tes wawancara pengajuan beasiswa tersebut. Tidak perlu takut dan panik ketika menghadapi wawancara. Sebab saat panik Anda bisa saja salah dalam menjawab pertanyaan yang akhirnya membuat Anda tidak lolos dalam tes tersebut.

  1.  Memasukkan Lamaran Lebih Awal

Memasukkan lamaran lebih awal sangatlah penting untuk dilakukan. Jangan memasukkan lamaran di waktu-waktu terakhir. Memang tidak ada jaminan Anda akan mendapat beasiswa jika mengirim aplikasi di awal. Tapi setidaknya secara logika Anda harus sadar bahwa ada orang lain di pihak penyelenggara beasiswa yang akan menerima dan memeriksa aplikasi Anda. Orang-orang yang diberi tanggung jawab ini biasanya akan lebih teliti memeriksa setiap lamaran yang masuk di awal saja. Namun saat sudah mendekati deadline maka mayoritas dari mereka hanya akan melihat aplikasi secara sekilas dan sangat mungkin bahwa poin-poin plus di aplikasi Anda akan luput dari penglihatan mereka.

Baca Juga: 8 Alasan Logis Mengapa Harus Kuliah di Luar Negeri

Di atas adalah berbagai macam tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri. Jika Anda sudah mantap untuk melanjutkan kuliah di luar negeri terutama di Malaysia, jangan lupa untuk mempersiapkan masalah keuangan Anda. Qelola sebagai salah satu jasa penyedia platform remiten keuangan, dapat membantu Anda. Fitur Qelola yang mudah digunakan, biaya transfer termurah dan waktu penerimaan secara realtime, menjadi salah satu faktor yang harus perimbangkan untuk segera mendapatkan aplikasinya di HP Anda. Jadi tunggu apalagi. Segera dapatkan aplikasi Qelola sekarang juga!

Tags: , , , , , ,