Stres Selama Work From Home? Coba Tips Berikut Ini

asia businesswoman using laptop talk colleagues about plan video call meeting while working from home living room self isolation social distancing quarantine corona virus prevention scaled - Stres Selama Work From Home? Coba Tips Berikut Ini

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masih berlanjut di sejumlah wilayah Indonesia. Hal ini guna untuk menekan laju penyebaran Covid-19 pada masyarakat. Keadaan ini membuat kita mengurangi aktivitas di luar rumah. Termasuk sebagian karyawan terpaksa bekerja dari rumah agar memperkecil risiko terkena Covid-19. 

Bekerja dari rumah (Work From Home)  dan karantina mandiri sudah menjadi rutinitas baru bagi sebagian karyawan. Dengan hal ini, pergerakan masyarakat untuk ke luar rumah terbatas namun masih tetap bisa produktif. Tapi dengan jangka waktu yang lama, bisa menimbulkan stres atau penyakit mental yang lain. Risiko ini tentunya bisa kita hindari, bagaimana caranya? langsung simak tips di bawah ini ya..

Buat batasan jelas antara waktu bekerja dan aktivitas lain

closeup computer laptop screen showing calenda with date month 700x488 - Stres Selama Work From Home? Coba Tips Berikut Ini

Awali dengan menyusun jadwal dengan baik agar bisa membuat batasan antara waktu bekerja dengan kegiatan yang lain. Kebiasaan ini pastinya membantu kamu lebih mudah selama beraktivitas di rumah. Selain itu, kamu juga bisa mengatur waktu menjadi lebih efisien sehingga tidak membuang waktu dengan sia-sia. Mulailah dengan mengatur rutinitas waktu bekerja sebagaimana saat masih bekerja di kantor. Lalu, alokasikan sebagian waktunya untuk beristirahat atau kegiatan yang lain.

Jaga komunikasi dengan orang lain

cheerful young short haired brunette woman with natural makeup raising hand hello gesture smiling pleasantly while making video call with her smartphone isolated white 700x467 - Stres Selama Work From Home? Coba Tips Berikut Ini

Karantina di rumah masing-masing kadang membuat kita merasa kurang bersosial. Apalagi sebagian orang yang merantau jauh dari sanak keluarga. Jangan sampai keadaan ini memutus hubungan dengan teman atau keluarga. Kamu bisa memanfaatkan kemajuan teknologi saat ini seperti komunikasi secara virtual. Sudah banyak aplikasi yang mendukung komunikasi via virtual seperti Zoom, Google Meet dan sebagainya. Bercengkrama dengan orang-orang terdekat dapat sangat baik untuk menghilangkan rasa bosan, sekaligus meningkatkan suasana hati. Hal Ini sangat baik untuk mengurangi tingkat stres kamu selama masa karantina di rumah. Selain teman dan keluarga, jagalah komunikasi dengan rekan kerja dan atasanmu.

Baca Juga: Yuk, Mulai Kelola Gaji Bulanan Kamu Menggunakan Formula Ini!

Sediakan ruangan khusus untuk bekerja di rumah

contemporary room workplace office supplies concept 700x350 - Stres Selama Work From Home? Coba Tips Berikut Ini

Pilihlah salah satu ruangan di rumahmu yang bisa membuat kamu nyaman dan fokus saat mengerjakan pekerjaanmu. Sebisa mungkin hindarilah kamar tidur dan ruangan keluarga menjadi ruang kerja, karena bisa menimbulkan rasa malas sehingga tidak fokus. Tidak memerlukan ruangan yang besar, namun pastikan memiliki pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik.

Lakukan digital detox pada malam hari

young beautiful woman using smart phone night bed technology social network insomnia concept min 700x467 - Stres Selama Work From Home? Coba Tips Berikut Ini

Sebaiknya lakukan digital detox atau berhenti menggunakan alat komunikasi dan social media seperti facebook, twitter, instagram, menonton video tiktok saat jam fyp tiktok di malam hari. Hal ini akan mempermudah kita untuk menyudahi urusan pekerjaan sehingga memiliki waktu untuk keluarga, istirahat dan melakukan hal-hal privasi lainnya. Digital detox juga memiliki banyak manfaat yang lain seperti menjaga kesehatan mental, mengurangi perasaan cemas dan membuat tidur berkualitas. Kebiasaan ini akan membuat kita lebih fokus dengan kehidupan.

Masa karantina yang belum berakhir serta bekerja dari rumah yang masih berlanjut jangan sampai membuat kita menjadi stres. Tips di atas bisa kamu coba untuk menghindari stres. Selain menjaga kesehatan mental, kita juga bisa bekerja secara efektif dan bisa istirahat lebih optimal.

Walau di rumah aja, kamu masih bisa kirim uang ke Malaysia dari Indonesia pakai aplikasi Qelola melalui smartphone-mu. Selain kirim uang, bayar tagihan listrik dan air juga bisa. Jadi ga perlu khawatir lagi kan tagihanmu telat bayar. Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola melalui Playstore sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,