Strategi Sederhana Ini Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

produktivitas kerja

Kenyataannya, sudah ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan produktivitas. Namun banyaknya cara tersebut lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan. Oleh karena itu, mulailah dengan merencanakan perubahan kecil, lalu jalankan dengan baik sehingga menjadi sebuah rutinitas. Setelah terbentuk pola baru, maka kebiasaan melakukan perubahan kecil bisa membawa hasil yang besar, termasuk produktivitas kerja.

Baca juga : Segudang Tips Sukses Menjadi TKI, Pahami Setiap Poinnya Ya!

Mengukur Tingkat Produktivitas

produktivitas kerja 1 - Strategi Sederhana Ini Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Apakah Anda pernah menemukan atau mengenal orang yang berhasil mendapatkan banyak pencapaian setiap hari? Jika pernah, sebenarnya mereka bukanlah manusia super. Namun sebagian dari mereka memiliki tingkat produktivitas yang tinggi secara alami. Sementara yang lain melatih diri agar produktif menjadi sebuah kebiasaan dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

Produktivitas itu sendiri merupakan kombinasi dari perencanaan yang cerdas dan usaha yang terfokus. Kemampuan ini akan membantu Anda untuk bekerja dengan cepat dan efisien sehingga dapat memberikan hasil yang maksimal. Anda bisa mengukur tingkat produktivitas Anda setiap hari saat waktu bekerja Anda berakhir, lho. Jika Anda tidak puas dengan apa yang telah Anda capai pada hari tersebut, maka kemungkinan besar Anda kurang produktif dalam melakukan pekerjaan Anda.

Adanya gangguan seperti internet dan perangkat seluler merupakan salah satu masalah yang umumnya dapat membuat banyak orang tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan menjadi kurang produktif. Meskipun Anda berpikir bahwa media sosial hanya akan memakan waktu yang sebentar saja, tetapi yakinlah bahwa hal itu akan membuang banyak waktu Anda. Bukan hanya media sosial saja yang bisa mengganggu produktivitas kerja Anda. Tetapi ada banyak sekali faktor yang bisa membuat Anda tidak fokus dan akhirnya melalaikan pekerjaan yang seharusnya Anda selesaikan.

Upaya Meningkatkan Produktivitas di Tempat Kerja

produktivitas kerja 2 - Strategi Sederhana Ini Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Anda tidak perlu khawatir karena produktivitas kerja dapat terus ditingkatkan dengan cara mudah berikut ini:

  1. Mencari tempat kerja yang memberikan Anda privasi. Jika Anda bekerja di tempat umum yang banyak gangguan, sebaiknya Anda mencari tempat kerja yang lebih tenang. Jika tidak bisa, maka bekerjalah di dekat orang-orang positif dan produktif yang senang menyelesaikan pekerjaan. Dan jauhilah orang-orang yang malas bekerja atau mencari pengalih.
  2. Rajin merapikan tempat kerja Anda. Jika meja atau tempat Anda bekerja penuh dengan tumpukan kertas, maka biasakan berbenah selama 15 sampai dengan 30 menit. Cara ini bisa menjadi kegiatan produktif yang akan memberikan variasi dan meningkatkan efisiensi.
  3. Hindari untuk menggunakan media sosial saat bekerja. Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan adalah memeriksa sesuatu hal di media sosial yang akhirnya akan membuat Anda berlama-lama di sana. Saat bekerja atau saat Anda sedang fokus melakukan pekerjaan yang penting, sebaiknya jangan pernah membuka media sosial satu kali saja. Jangan pecahkan konsentrasi Anda pada hal lain yang sebenarnya tidak bermanfaat.
  4. Meminta bantuan orang lain itu tidak salah. Karena tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan seorang diri, termasuk Anda. Dan jika Anda bisa melakukannya pun pasti akan menghabiskan waktu yang sangat lama. Maka, untuk mengatasi masalah ini Anda bisa meminta tolong kepada rekan kerja Anda atau hanya meminta saran.

Memperhatikan Kondisi Fisik dan Pikiran

produktivitas kerja 3 - Strategi Sederhana Ini Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Untuk dapat meningkatkan produktivitas kerja, Anda harus memperhatikan kondisi fisik dan pikiran Anda. Jika kondisi tubuh sedang tidak sehat atau Anda merasa pusing, maka akan sangat sulit untuk Anda melakukan sebuah pekerjaan dengan optimal. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda cermati:

  1. Biasakan untuk tidur teratur sesuai jadwal. Hal ini sangat penting agar Anda tetap waspada dan produktif setiap hari. Walaupun pada hari-hari tertentu Anda libur atau tidak bekerja, namun tetaplah bangun pagi dan tidur malam sesuai dengan jadwal.
  2. Terapkan pola makan yang sehat, yang mengandung banyak protein, vitamin, lemak sehat, karbohidrat sehat, dan serat. Makanan yang tinggi karbohidrat, seperti makanan cepat saji bisa menurunkan kadar gula darah yang akan mengganggu kegiatan Anda sehari-hari.
  3. Menyempatkan diri untuk berolahraga. Jangan jadikan kesibukan yang Anda miliki justru dapat membatasi diri untuk berolahraga secara aktif. Olahraga yang Anda lakukan tidak hanya bisa menyehatkan tubuh, tetapi juga bisa meningkatkan konsentrasi, sehingga membuat pikiran bekerja dengan lebih cepat.
  4. Setelah selesai bekerja, maka sempatkan untuk beristirahat. Lakukan apa saja agar Anda bisa memulihkan diri. Anda dapat memanfaatkan hari libur sekali waktu untuk menghindari kejenuhan.
  5. Perhatikan kondisi emosi Anda. Biasanya masalah yang terjadi di rumah terbawa ke tempat kerja dan Anda tidak bisa berfokus selama masa-masa sulit. Untuk itu, penting bagi Anda mengelola emosi dan motivasi diri dengan hal-hal yang positif.

Meningkatkan produktivitas kerja memang membutuhkan strategi tertentu yang tepat. Itulah beberapa tips dan trik yang dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas kerja. Dengan menjalankan strategi tersebut, perlahan Anda akan berubah menjadi pribadi yang lebih produktif. Salah satu syarat utamanya adalah konsistensi. Agar urusan bayar tagihan dan kirim uang bulanan untuk keluarga di tanah air tidak menjadi beban tersendiri bagi Anda, percayakan saja tugas tersebut pada aplikasi Qelola. Dengan menggunakan Qelola, Anda tidak perlu meluangkan waktu yang banyak hanya untuk antri di bank saat akan kirim uang ke Indonesia. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus pada tugas-tugas pekerjaan Anda.

Cukup download aplikasinya, lalu daftaran diri Anda secara gratis, Anda sudah bisa menggunakan berbagai fitur Qelola. Coba sekarang, ya!

Tags: , , , ,