Strategi Sederhana dan Efektif untuk Membangun Disiplin Kerja

disiplin kerja

Sikap disiplin dalam bekerja merupakan salah satu cara yang bisa membantu Anda untuk mencapai kesuksesan karir. Lalu, bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk membentuknya? Selain membuat pekerjaan lebih terorganisir, sikap disiplin kerja akan membawa nilai-nilai yang baik terhadap lingkungan kerja. Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menerapkan sikap disiplin dalam bekerja. Bahkan seringkali ada isu kedisiplinan yang menjadi penghambat bagi banyak orang dalam berkarir. Mulai dari tidak menepati janji, hingga tidak berkomitmen pada apa yang harus dikerjakan. Langsung saja, simak strategi untuk bangun disiplin kerja di bawah ini.

Baca juga : Informasi Penting Seputar Tenaga Kerja yang Perlu Anda Cermati

Sikap Disiplin Terhadap Diri Sendiri

disiplin kerja 1 - Strategi Sederhana dan Efektif untuk Membangun Disiplin Kerja

Terkadang sikap disiplin tidak bisa diterapkan dengan mudah bagi semua orang. Meski tidak mudah, bukan berarti Anda tidak bisa menerapkan kedisiplinan dalam bekerja. Agar Anda lebih mudah dalam membangun sikap disiplin kerja, sebaiknya Anda memulainya dari diri sendiri terlebih dahulu. Sadari bahwa jika Anda ingin mencapai sesuatu dalam hidup, maka langkah paling sederhana yang bisa dilakukan adalah berkomitmen untuk disiplin.

Sikap disiplin yang dimaksud bukan hanya seputar pekerjaan, namun dalam segala kebiasaan yang Anda lakukan. Oleh karena itu, semuanya bisa dimulai dengan komitmen untuk kebiasaan pribadi yang Anda miliki. Misalnya, dengan mengawali untuk bersikap disiplin terhadap kesehatan fisik, menjaga pola makan, dan melakukan olahraga secara rutin untuk membentuk pola hidup sehat. Kemudian terapkan pula sikap disiplin dalam mengendalikan emosi Anda. Penuhi pikiran Anda dengan hal-hal yang positif, dan perhatikan kata-kata yang Anda ucapkan.

Upaya Membangun Sikap Disiplin dalam Bekerja

disiplin kerja 2 - Strategi Sederhana dan Efektif untuk Membangun Disiplin Kerja

Dengan menerapkan beberapa cara sederhana ini, maka lama kelamaan Anda akan terbiasa untuk melaksanakan pekerjaan secara disiplin.

  1. Mulailah untuk menulis daftar tugas dan seluruh aktivitas keseharian Anda. Tentukan bagian-bagian yang menjadi prioritas di dalam daftar tersebut, lalu lakukan semuanya secara terjadwal dan tepat waktu. Sehingga Anda dapat melalui hari dengan cara yang menyenangkan. Anda perlu menerapkan aturan kerja dan aktivitas lainnya sebaik mungkin. Gunakan waktu yang ada dengan efisien sehingga pekerjaan Anda dapat selesai tepat pada waktunya.
  2. Selanjutnya, jangan lupa untuk menentukan target kerja yang akan Anda capai. Cobalah untuk menyusun strategi yang akan Anda lakukan untuk mencapai target tersebut. Anda dapat menentukan target yang tinggi dalam pekerjaan Anda, tetapi jangan lupa untuk tetap membuatnya dalam batasan yang masuk akal. Dan tidak mustahil untuk Anda capai. Oleh karena itu, sebaiknya Anda tetap menyesuaikan target Anda dengan kemampuan kerja yang Anda miliki.
  3. Tunjukkan kedewasaan Anda dalam bekerja dengan cara bertanggung jawab terhadap semua tindakan dan perilaku Anda selama bekerja. Jangan pernah menyalahkan orang lain atas kesalahan yang telah Anda lakukan. Oleh karena itu, lakukan segala sesuatu secara disiplin sehingga kesalahan dapat diminimalisir.
  4. Lakukanlah hal-hal yang positif dan kurangi kebiasaan negatif Anda dalam bekerja. Kebiasaan negatif yang harus dihilangkan salah satunya adalah kebiasaan dalam menunda-nunda pekerjaan dan bermalas-malasan di saat jam kerja masih berlangsung.
  5. Sikap disiplin kerja memang tidak mudah untuk dilakukan. Namun Anda dapat melakukannya dengan rajin melatih diri dan memiliki keinginan yang kuat dalam mengubah kebiasaan buruk Anda selama ini.

Pentingnya Memiliki Sikap Disiplin Kerja

disiplin kerja 3 - Strategi Sederhana dan Efektif untuk Membangun Disiplin Kerja

Memiliki sikap disiplin dalam bekerja memang sebuah keharusan agar Anda dapat menjadi pekerja yang baik. Berikut ini ada sederet alasan mengapa Anda harus memiliki sikap disiplin dalam diri:

  1. Pekerja yang disiplin adalah pekerja profesional yang layak mendapatkan penghargaan dan gaji yang tinggi.
  2. Pekerja yang disiplin bisa lebih mudah untuk mempertahankan posisinya di dalam suatu pekerjaan. Sikap disiplin juga akan meningkatkan kinerja, sehingga akan terbuka pula peluang untuk naik ke level jabatan yang lebih tinggi.
  3. Dengan memiliki sikap disiplin, setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan mudah. Seseorang yang disiplin juga cenderung maksimal dalam melakukan sesuatu, sehingga tidak ada pekerjaan yang terlantar dan seluruh hasil pekerjaannya adalah yang terbaik.

Disiplin kerja akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi diri Anda sendiri. Salah satunya adalah membuat Anda menjadi lebih produktif dan tingkat produktivitas tersebut akan memberikan dampak positif pula. Seperti atasan akan memberikan penilaian yang lebih baik terhadap kinerja Anda, dan lain sebagainya. Dengan begitu, karir di tempat Anda bekerja akan menjadi semakin cerah. Tidak menutup kemungkinan juga Anda akan mendapatkan bonus gaji atas sikap kerja Anda yang disiplin.

Untuk urusan pengelolaan gaji, pastikan Anda sudah tahu caranya. Untuk menghindari melakukan transaksi yang boros waktu, Anda dapat memanfaatkan teknologi. Kini, sudah ada banyak aplikasi pembayaran online yang bisa Anda pilih dan Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebagai tenaga kerja di Malaysia, Anda wajib unduh aplikasi Qelola. Dijamin, Anda akan lebih mudah untuk kirim uang ke Indonesia hanya dengan RM1 saja. Bayar tagihan juga dapat Anda lakukan dari Malaysia, lho. Jangan tunda lama-lama, daftarkan diri Anda sekarang juga untuk menikmati berbagai fitur menarik dari Qelola.

Tags: , , , , ,