Siap Siaga Menghadapi Bencana Gempa, Ini Caranya!

charlie deets 71DA8a7eB7U unsplash scaled - Siap Siaga Menghadapi Bencana Gempa, Ini Caranya!

Awal tahun 2021 ini telah banyak terjadi bencana alam pada sejumlah daerah di Indonesia, seperti gempa bumi. Bencana gempa bumi memang tidak bisa kita hindari, namun kita bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dari awal. Dengan selalu siap siaga mengantisipasi serta mempersiapkan diri menghadapi gempa. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya di bawah ini.

1.Memperbarui konstruksi rumah menjadi tahan gempa

image engineering objects workplace top view construction concept engineering tools vintage tone retro filter effect soft focus selective focus 700x467 - Siap Siaga Menghadapi Bencana Gempa, Ini Caranya!

Terjadinya gempa bumi dengan intensitas yang tinggi, membuat kita harus lebih memperhatikan kondisi bangunan rumah. Lebih baik merancang atau memperbarui konstruksi rumah Anda menjadi tahan gempa. Konstruksi bangunan tahan gempa adalah bangunan yang bisa merespon gempa, dengan sikap bertahan dari keruntuhan dan bersifat fleksibel untuk meredam getaran gempa. Membangun rumah dengan konstruksi tahan gempa akan memperkecil kerugian yang bisa terjadi. Kerugian bisa dalam bentuk materiil hingga memakan korban jiwa.

2.Menata perabot dengan baik

cabinets wall tv living room 700x394 - Siap Siaga Menghadapi Bencana Gempa, Ini Caranya!

Perabot yang berada di dalam rumah juga perlu diperhatikan cara penataannya. Seperti meletakkan lemari dekat dengan dinding. Lalu, menempatkan barang yang besar dan berat pada bagian bawah lemari. Letakkan barang pecah belah dan mudah terbakar di tempat yang rendah serta tertutup. Selanjutnya, menggantung barang yang berat jauh dari tempat tidur. Tujuan dari menata perabot dengan baik adalah agar benda tersebut tidak menjatuhi penghuni rumah saat gempa terjadi. 

Baca Juga: Persiapkan Hal Berikut Sebelum Berobat Ke Luar Negeri!

3.Mengenali tempat aman di dalam dan luar rumah

Mulailah untuk mengidentifikasi ruangan dalam rumah yang aman untuk berlindung saat gempa terjadi. Selain ruangan, kamu dapat berlindung di bawah perabot yang kuat seperti meja atau kursi yang kokoh. Jika kamu berada di luar bangunan, pilihlah tempat atau area yang terbuka. Hindari bangunan seperti gedung, tiang listrik, pohon dan sebagainya.

4.Siapkan tas siaga bencana

opened backpack with school supplies 700x467 - Siap Siaga Menghadapi Bencana Gempa, Ini Caranya!

Ada baiknya kita mempersiapkan tas siaga bencana untuk mengantisipasi jika terjadi gempa atau bencana alam lainnya. Tas siaga bencana adalah tas yang berisikan barang-barang penting dan peralatan pendukung keselamatan dalam darurat bencana. Fungsi tas ini untuk meningkatkan ketahanan menghadapi ancaman setelah bencana. Siapkan tas siaga bencana dengan berisi radio, senter, kotak P3K, obat-obatan, minuman dan makanan siap saji, uang tunai, buku tabungan, surat atau dokumen penting, serta peluit.

5. Simpan daftar kontak atau nomor penting

zhen hu Xruf17OrkwM unsplash 700x468 - Siap Siaga Menghadapi Bencana Gempa, Ini Caranya!

Catatlah kontak atau nomor-nomor penting seperti ambulans, rumah sakit, polisi, pemadam kebakaran dan instansi bantuan pemerintah lainnya. Ajarkan juga pada anak-anak hal ini dan cara untuk menghubungi nomor tersebut. Tujuannya agar mereka tahu apa yang harus dilakukan saat berada di kondisi darurat.

Mari antisipasi resiko yang bisa terjadi jika ada bencana gempa atau bencana alam lainnya dengan melakukan langkah-langkah di atas. Tentunya dengan persiapan dari sekarang akan memperkecil kerugian yang bisa menimpa kita. Memiliki asuransi jiwa atau kesehatan juga bisa menjadi pilihan untuk proteksi dini jika terjadi kecelakaan diri saat bencana alam. Diantaranya ada BPJS dan BPJS Ketenagakerjaan yang bisa kamu pilih sebagai asuransi kesehatan. Bayar tagihannya juga mudah karena bisa melalui aplikasi Qelola. Jadi bisa bayar tagihan BPJS kamu dari mana saja dan kapan saja. Praktis bukan? Tunggu apalagi, segera unduh aplikasi Qelola dari Google Playstore sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,