Serba-Serbi Work Permit Malaysia, TKI Harus Paham

Work Permit Malaysia

Ketika Anda bekerja di Malaysia sebagai TKI, apapun pekerjaannya, Anda memerlukan satu berkas yang disebut work permit Malaysia. Berkas ini merupakan ‘tanda’ Anda diijinkan untuk bekerja di Malaysia dengan status tenaga kerja asing. Nah, pada artikel ini, Anda akan disajikan informasi mengenai serba-serbi pengurusan work permit ketika Anda akan bekerja di Malaysia.

Tentu, syarat yang diperlukan yang paling utama adalah dokumen-dokumen dan berkas sebagai syarat administratif.

Dokumen Pengurusan Work Permit Malaysia

Untitled design110 - Serba-Serbi Work Permit Malaysia, TKI Harus Paham

Terdapat beberapa dokumen dan berkas wajib yang harus Anda persiapkan untuk mengurus work permit ini.

  • Pas foto ukuran 4 x 6 sebanyak dua lembar;
  • Fotokopi seluruh halaman paspor yang Anda miliki;
  • Surat keterangan kerja dari pemberi kerja;
  • Resume atau CV;
  • Uraian pekerjaan yang Anda lakukan;
  • Kartu Keluarga;
  • Buku Nikah, jika status Anda sudah menikah;
  • Akta Kelahiran;
  • Fotokopi paspor anggota keluarga;
  • Surat Kontrak dari pemberi kerja;
  • Surat persetujuan visa.

Setiap berkas tersebut harus dipersiapkan dan lengkapi untuk menjadi syarat administratif dari pembuatan permit kerja di Malaysia.

Setelah mengetahui berkas yang harus dipersiapkan, selanjutnya Anda dapat mengikut prosedur berikut ini.

Prosedur Pembuatan Work Permit

Untitled design109 - Serba-Serbi Work Permit Malaysia, TKI Harus Paham

Pastikan Anda memahami setiap prosedur yang harus dilakukan berikut ini ya, sebab ketika mengurus visa, bukan tidak mungkin Anda akan banyak mendapat tawaran untuk mempercepat proses. Tentu hal ini tidak dibenarkan karena akan sangat rawan sekali pelanggaran. Simak selengkapnya.

Pengumpulan Berkas dan Proses Legalisir

Pastikan setiap dokumen yang diperlukan di atas sudah lengkap. Jika ada dokumen yang perlu dilegalisir seperti misalnya ijazah, Anda bisa segera mengurusnya ke notaris atau pihak yang berwenang.

Ajukan Permohonan

Kirim setiap dokumen dalam bentuk digital atau hasil pemindaian melalui e-mail, namun untuk surat kontrak kerja Anda dapat mengirimkannya melalui pos karena diperlukan tanda tangan basah. Berkas ini akan digunakan oleh perusahaan untuk mengajukan persetujuan work permit Malaysia ke konsulat yang terkait. Setelah mendapatkan respon, datangi kedutaan atau kantor perwakilan Malaysia untuk mendapat work permit.

Memperoleh Work Permit

Ketika Anda mendatangi kedutaan atau kantor perwakilan negara Malaysia nanti, Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan work permit. Isi dengan lengkap dan pastikan semua kolom terisi dengan informasi yang benar. Untuk perolehan work permit yang sudah diurus, Anda akan dikenakan sejumlah biaya. Jangan cemas karena biaya ini adalah sah dan legal.

Berikan paspor pada petugas yang berwenang untuk menyisipkan work permit Malaysia di paspor Anda. Status work permit ini sendiri adalah single entry yang artinya Anda bisa masuk satu kali. Nantinya ketika Anda sudah bekerja di Malaysia, biasanya pemberi kerja akan mengurus work permit agar bisa berstatus multiple entry sehingga Anda bisa keluar masuk negara Malaysia kapanpun.

Cukup mudah bukan prosedurnya? Namun demikian, ada beberapa hal yang wajib menjadi perhatian ketika Anda mengurus work permit Malaysia ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan

Untitled design111 - Serba-Serbi Work Permit Malaysia, TKI Harus Paham

Sebelum Mengurus Work Permit, Dapatkan Pekerjaan

Sepertinya sudah menjadi pemahaman umum, bahwa work permit yang Anda urus harus sudah didahului dengan mendapatkan pekerjaan di Malaysia. Selain agar berkas ini berguna, hal ini juga menjamin agar uang dan usaha yang Anda keluarkan tidak sia-sia. Pastikan Anda mendapatkan pekerjaan terlebih dahulu sebelum mengurus berkas ini.

Bertanya Langsung

Untuk informasi yang lebih jelas dan valid, Anda sangat direkomendasikan untuk menanyakan secara langsung ke kantor Kedutaan Besar atau kantor perwakilan lain. Memang secara umum berkas dan prosedur yang digunakan adalah sama. Namun bila terjadi perubahan di kemudian hari, Anda akan bisa mendapatkan update lebih cepat sehingga persiapan menjadi lebih matang.

Urus Secepatnya Setelah Mendapat Kepastian Kerja

Ketika Anda sudah mendapatkan kepastian bahwa Anda diterima dan akan bekerja, segera urus work permit Malaysia. Sederhana saja, tujuannya agar Anda bisa melakukan persiapan lain sehingga ketika berangkat nanti tidak ada yang tertinggal. Selain itu, proses pengurusan berkas ini akan memakan waktu beberapa hari sehingga sangat tepat jika diurus secepatnya.

Baca Juga : Simak 6 Tips Cepat Mengurus Visa Kerja Keluar Negeri

Menjadi TKI harus dipersiapkan dengan matang, sejak jauh-jauh hari. Mulai dari berkas, persiapan mental, persiapan skill, serta yang tidak kalah penting mempersiapkan kesehatan fisik, semua harus benar-benar matang. Selalu pastikan setiap proses yang Anda lewati adalah proses yang legal, dan hindari tawaran dari calo yang mungkin mengatakan dapat mempermudah urusan Anda mengurus berbagai berkas untuk menjadi TKI.

Work permit Malaysia adalah dokumen penting dalam proses menjadi TKI. Namun demikian, memikirkan bagaimana cara pengiriman uang ke keluarga yang ada di Indonesia juga tidak kalah penting. Untuk urusan yang satu ini Anda tak perlu cemas karena kini layanan Qelola siap menjadi partner Anda. Layanan Qelola memberikan pengiriman uang yang real-time sehingga keluarga di Indonesia dapat segera mencairkan uang yang Anda kirimkan. Selain itu, biaya pengiriman juga sangat murah, jadi keluarga bisa merasakan hasil jerih payah Anda selama bekerja di Malaysia. Segera unduh aplikasinya di sini, dan jadilah TKI yang sesuai dengan ketentuan!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,