Pesan Tiket Pesawat di Tengah Pandemi? Baca Tips Mudahnya Berikut!

tiket pesawat

Berencana bepergian ke luar kota atau ke luar negeri untuk keperluan sangat penting di tengah Pandemi Covid-19? Tenang saja, Anda masih bisa melanjutkan rencana Anda ketika jasa penerbangan sudah berangsur beroperasi. Nah, berikut ini adalah beberapa tips aman dan mudah membeli tiket pesawat di tengah Pandemi Covid-19 yang bisa Anda coba dan terapkan. 

1. Manfaatkan Berbagai Promo Tiket Murah

Saat ini, tidak sedikit maskapai penerbangan yang menawarkan promo tiket pesawat dengan harga miring untuk para calon penumpangnya. Manfaatkan dan jangan lewatkan kesempatan ini jika Anda memang memerlukan dan pasti akan berangkat. Informasi seputar diskon dan promo tiket bisa Anda dapatkan melalui 3 kanal milik maskapai penerbangan, seperti official media sosial, newsletter, dan travel fair. Anda juga bisa mencari informasi promo tiket melalui website bank yang bekerjasama dengan maskapai penerbangan dan pada website online travel agent (OTA) yang kredibel serta no tipu-tipu. Nah, apabila Anda sudah mendapatkan promo tiket sesuai dengan keinginan, segera lakukan pembayaran agar tidak kehabisan, ya!

2. Tentukan Jenis Penerbangan

Sebelum memesan tiket, cermati dahulu jenis tiket dan penerbangan yang Anda pilih. Umumnya terdapat 3 jenis penerbangan, yaitu direct flight, nonstop, dan transit. Penerbangan direct memungkinkan Anda tetap berada di nomor penerbangan dan pesawat yang sama ketika pesawat berhenti di bandara untuk mengisi avtur. Penerbangan nonstop adalah penerbangan tanpa henti dan langsung ke bandara tujuan. Sedangkan transit adalah pesawat akan berhenti di sebuah bandara untuk berpindah dengan pesawat lain.

Jika Anda ingin mendapat tiket pesawat lebih murah, Anda bisa memilih opsi transit. Harga tiket penerbangan transit terkadang jauh lebih murah dibandingkan penerbangan nonstop flight maupun direct flight. Namun dengan penerbangan direct, Anda tidak perlu pindah pesawat dan memindahkan barang-barang bawaan. Perlu Anda ketahui, harga tiket pesawat untuk setiap jenis penerbangan kemungkinan mengalami kenaikan dikarenakan pengurangan kuota penumpang setiap pesawat. Siap-siap, ya!

3. Pesan Tiket dari Jauh-Jauh Hari

Untitled design 2020 07 11T184752.844 - Pesan Tiket Pesawat di Tengah Pandemi? Baca Tips Mudahnya Berikut!

Sebelum merebaknya wabah Covid-19, tidak sedikit calon penumpang pesawat yang memesan tiket dari jauh-jauh hari bahkan bulan sebelum keberangkatan. Apabila Anda berencana ke luar kota maupun luar negeri, alangkah baiknya mulai hunting tiket sejak saat ini dan pastikan kesediaan tiket untuk pulang dan pergi (PP). Anda juga disarankan untuk menghindari high season ketika permintaan tiket pesawat tinggi. Jika Anda tetap ingin pergi saat high season, pesan tiket pesawat jauh-jauh hari sekitar 3 bulan sebelum keberangkatan. Jadi, Anda tetap bisa memesan tiket pesawat dengan aman saat fase “New Normal” di tengah pandemi ini.

4. Gunakan Notifikasi Tambahan Price Alerts di Smartphone Anda

Beberapa situs online travel agent (OTA) dan online booking menyediakan fitur notifikasi tambahan “Price Alerts” yang bisa digunakan secara mobile. Fitur ini menampilkan berbagai pilihan informasi berupa harga tiket pesawat, sewa hotel, dan tanggal. Selalu aktifkan dan gunakan notifikasi Price Alerts di smartphone Anda untuk mendapat informasi seputar penerbangan selama wabah Covid-19.

Baca Juga : Cicipi 7 Jajanan Malaysia Tradisional Paling Enak dan Maknyus ini!

Syarat Sebelum Membeli Tiket Pesawat Terbang

front view woman pointing some airplane tickets 23 2148596895.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.616193228 - Pesan Tiket Pesawat di Tengah Pandemi? Baca Tips Mudahnya Berikut!

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Nomor 07 Tahun 2020, berikut syarat yang harus dipenuhi penumpang untuk terbang selama “New Normal”:

Penerbangan Domestik 

  1. Menunjukkan identitas diri (KTP atau tanda pengenal lainnya yang asli dan sah).
  2. Menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku selama 7 hari atau surat keterangan uji Rapid-Test dengan hasil non-reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.
  3. Menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit atau Puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan/atau Rapid-Test.
  4. Persyaratan perjalanan orang dalam negeri ini dikecualikan untuk perjalanan orang di dalam wilayah atau kawasa aglomerasi.
  5. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat telepon seluler.

Penerbangan Luar Negeri

  1. Setiap orang yang tiba dari luar negeri harus melakukan PCR Test pada saat kedatangan, apabila belum melakukan PCR Test dan tidak menunjukkan surat keterangan hasil PCR Test dari negara keberangkatan.
  2. Pemeriksaan PCR Test kedatangan orang dari luar negeri dikecualikan pada PLBN (Pos Lintas Batas Negara) yang tidak memiliki peralatan PCR, sudah melakukan Rapid-Test dan menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza. Pemeriksaan PCR juga dikecualikan bagi orang komuter yang melalui PLBN dengan menunjukkan surat keterangan bebas gejala influenza yang dikeluarkan oleh dokter umum rumah sakit atau otoritas kesehatan.
  3. Selama waktu tunggu, hasil pemeriksaan PCR Test, setiap orang wajib menjalani karantina di tempat akomodasi untuk karantina khusus yang telah disediakan oleh pemerintah.
  4. Memanfaatkan akomodasi karantina (hotel atau penginapan) yang telah mendapatkan sertifikasi penyelenggaraan akomodasi karantina Covid-19 dari Kementerian Kesehatan.
  5. Mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat telepon seluler.

Demikian tips memperoleh tiket pesawat dengan aman di tengah pandemi Covid-19 dan berbagai persyaratan yang harus dipenuhi sebelum memesan tiket. Bukan hal yang sulit, bukan? Asal mau berusaha, rencana berpergian Anda untuk keperluan penting bisa terwujud dan tidak akan tertunda. Saat mempersiapkan segala keperluan berlibur ke luar negeri, persiapkan juga aplikasi Qelola yang akan membantu segala transaksi online berupa pembayaran tagihan dan kirim uang ke Indonesia. Aplikasi Qelola bisa Anda gunakan saat berada di negeri jiran Malaysia maupun antar sesama pengguna Qelola. Unduh dan install aplikasi Qelola di smartphone sekarang juga! Dapatkan informasi selengkapnya di sini.

Tags: , , , , , ,