Persiapkan Hal Berikut Sebelum Berobat Ke Luar Negeri!

hush naidoo yo01Z 9HQAw unsplash scaled - Persiapkan Hal Berikut Sebelum Berobat Ke Luar Negeri!

Pada era ini semakin banyak macam-macam penyakit yang beredar di masyarakat. Metode pengobatan hingga fasilitas yang tersedia di rumah sakit Indonesia cukup berkembang. Namun, hal tersebut tidak menghindari jika pasien ingin mencoba pengobatan alternatif yang lain seperti berobat ke luar negeri. Berbagai faktor dapat memengaruhi alasan pasien ingin berobat ke luar negeri. Misalnya fasilitas pengobatan yang lebih canggih, harga pengobatan lebih ekonomis hingga reputasi rumah sakit atau dokter yang bagus. Negara yang biasanya menjadi pilihan alternatif masyarakat Indonesia antara lain Malaysia, Singapura, Tiongkok dan Amerika Serikat.

Sebelum kamu pergi ke luar negeri untuk berobat, baiknya membuat persiapan lebih dahulu. Tentunya dengan persiapan lebih dulu akan membuat rencana perjalananmu lebih nyaman dan efisien. Hal-hal apa saja ya yang perlu dipersiapkan saat ingin berobat ke luar negeri? Yuk, langsung simak tipsnya di bawah ini!

Cari Tempat Penginapan yang Layak

antonio caverzan D1YruV0KUDw unsplash 700x469 - Persiapkan Hal Berikut Sebelum Berobat Ke Luar Negeri!

Mencari tempat penginapan atau akomodasi yang layak sangat penting. Seperti yang kita tahu, jika berobat ke luar negeri tidak bisa hanya tinggal sebentar. Perlu beberapa hari untuk proses pengobatannya apalagi jika rawat inap. Tempat penginapan yang layak tentu akan memberikan kenyamanan saat berobat ke luar negeri. Kamu bisa mencari penginapan berupa hotel hingga sewa apartemen. Tentukan lokasi penginapan yang dekat dengan rumah sakit dan mudah menemukan transportasi umum.

Persiapkan Barang yang Harus Dibawa

nicole geri gMJ3tFOLvnA unsplash 700x406 - Persiapkan Hal Berikut Sebelum Berobat Ke Luar Negeri!

Tidak seperti liburan, barang-barang yang dibawa untuk berobat ke luar negeri pastinya berbeda. Selain paspor dan pakaian, pastikan Anda membawa informasi mengenai kondisi kesehatan seperti surat rekomendasi dari dokter Indonesia. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pemeriksaan serta pengambilan tindakan oleh dokter di negara tujuan.  

Baca Juga: Kirim Uang Ke Luar Negeri? Pastikan Hal Berikut Sebelum Bertransaksi!

Catatan atau Rekam Medis 

national cancer institute XrLSV CKmuQ unsplash - Persiapkan Hal Berikut Sebelum Berobat Ke Luar Negeri!

Untuk memudahkan pemeriksaan saat berobat di luar negeri, kamu harus menunjukkan rekam medis atau berkas kondisi kesehatanmu dari Indonesia. Dengan rekam medis tersebut, kita bisa memperoleh informasi mengenai kondisi pasien hingga tindakan-tindakan apa saja yang telah dilakukan oleh dokter di Indonesia. Informasi ini penting untuk dokter di negara tujuan agar bisa mengambil prosedur pengobatan yang tepat untuk selanjutnya.

Siapkan Dana yang Cukup

allef vinicius fJTqyZMOh18 unsplash 700x467 - Persiapkan Hal Berikut Sebelum Berobat Ke Luar Negeri!

Kamu pasti sudah mengetahui kira-kira berapa biaya berobat sesuai dengan ketentuan rumah sakit tujuan. Namun, jangan lupa untuk perhitungkan biaya hidup selama tinggal di negara tujuan. Lebih baik sudah membuat rincian biaya untuk akomodasi, tiket, makan dan sebagainya sebelum pergi. Siapkan juga dana lebih jika tiba-tiba ada biaya yang membengkak. 

Itu dia hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berobat ke luar negeri. Dengan persiapan yang baik, maka urusan saat berobat di luar negeri bisa lancar. Untuk urusan keuangan juga ga perlu khawatir, karena ada aplikasi Qelola yang siap membantumu! Dengan aplikasi Qelola, kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia lebih mudah. Tidak hanya itu, kamu juga bisa bayar tagihan rumah di Indonesia walau lagi berobat di Malaysia loh. Untung banget kan pakai Qelola! Yuk, segera unduh aplikasi Qelola di handphone-mu sekarang juga!

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,