Apa Saja yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Kerja di Luar Negeri?

kerja di luar negeri

Masyarakat Indonesia mempunyai ketertarikan yang besar untuk mencari penghasilan di luar negeri. Alasannya bermacam-macam, mulai dari pendapatan yang lebih tinggi, pengalaman hidup di negeri orang, hingga ingin mempraktikkan ilmu yang dimiliki secara maksimal. Terutama untuk bidang-bidang yang memang tidak terlalu dianggap penting di Indonesia, tapi cukup dihargai di luar negeri. Seperti halnya bekerja di dalam negeri, Anda juga harus menyiapkan banyak hal untuk bisa kerja di luar negeri. Bahkan persiapannya relatif lebih rumit jika dibandingkan dengan kerja di dalam negeri. Lalu, apa saja yang harus Anda siapkan jika ingin kerja di luar negeri? Berikut ini ada 5 hal penting yang harus Anda siapkan mulai dari sekarang.

Baca Juga: 4 Tips Aman Sebelum Menjadi Buruh Migran atau TKI

1.Memperkuat Motivasi dan Menyiapkan Mental

kerja di luar negeri 1 - Apa Saja yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Kerja di Luar Negeri?

Tekanan dan tantangan saat bekerja di luar negeri pasti akan lebih berat jika dibandingkan dengan bekerja di dalam negeri. Budaya dan ritme kerja, iklim, level disiplin yang lebih tinggi, hingga persaingan pasti belum pernah Anda alami di Indonesia. Oleh karena itu, sebelum benar-benar berangkat ke luar negeri Anda harus bisa mempersiapkan motivasi kerja sekuat mungkin. Karena, motivasi yang kuat akan memberikan Anda banyak energi untuk menghadapi tantangan di luar negeri. Jangan sampai, baru beberapa bulan bekerja Anda sudah menyerah karena motivasi Anda yang lemah. Apalagi jika Anda ingin membangun karir baru di luar negeri. Maka untuk bisa menaklukkan semua tantangan tersebut, Anda harus memiliki motivasi yang berlipat-lipat. Motivasi ini akan menjadi kunci bagi Anda untuk meraih kesuksesan dan membuat bangga keluarga di tanah air.

Lalu, apakah Anda sudah menyiapkan mental saat akan bekerja di luar negeri? Mental yang kuat dan matang akan menjadi modal utama dalam menghadapi tantangan berat di luar negeri. Tanpa mental baja, karir Anda di luar negeri mungkin akan lebih cepat berakhir. Apalagi jika Anda memulai karir di luar negeri dari level yang paling bawah. Pasti Anda akan menemukan banyak ujian yang cukup berat untuk bisa bertahan dengan pekerjaan Anda.

2.Meningkatkan Kompetensi dan Soft Skill

kerja di luar negeri 2 - Apa Saja yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Kerja di Luar Negeri?

Satu hal penting yang harus Anda lakukan saat masih dalam tahap berniat untuk mencari kerja di luar negeri adalah meningkatkan kompetensi dan soft skill. Kompetensi ini akan digunakan untuk memenuhi standar yang berlaku di luar negeri yang umumnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan di Indonesia. Meskipun Anda dinilai memiliki kompetensi yang mumpuni dalam bidang pekerjaan Anda, tetaplah belajar agar kemampuan Anda bisa lebih meningkat. Karena kondisi pekerjaan yang akan Anda hadapi nantinya pasti lebih berat dan menantang.

Tidak hanya kemampuan teknis yang harus mumpuni, namun kemampuan non teknis (soft skills) juga harus Anda tingkatkan. Karena Anda akan bertemu dengan sebuah kondisi yang sangat mungkin jauh berbeda dengan apa yang biasa Anda hadapi di Indonesia. Kemampuan soft skills seperti cerdas dalam berkomunikasi, cepat beradaptasi, mau belajar hal-hal baru, dan manajemen waktu akan sangat Anda butuhkan. Kemampuan inilah yang akan sangat membantu Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang benar-benar baru. Anda sudah harus melatih soft skills sejak Anda masih berada di tanah air. Sehingga ketika berangkat ke luar negeri, kemampuan Anda yang sudah meningkat ini akan ikut serta.

3.Mengecek Bonafiditas Lembaga Perantara

Besarnya keinginan masyarakat Indonesia untuk mencoba peruntungan di luar negeri menjadi salah satu faktor munculnya perusahaan jasa tenaga kerja. Mereka menjadi perantara antara masyarakat dengan perusahaan yang butuh tenaga kerja dari Indonesia di luar negeri. Jika Anda memang menggunakan jasa lembaga perantara seperti ini, maka pastikan validitas dan bonafiditas mereka memang bagus. Jangan sampai Anda justru tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Alih-alih bisa berangkat kerja ke luar negeri, yang ada malah tabungan Anda selama bertahun-tahun bisa raib tidak tersisa.

4.Menyiapkan Dokumen Persyaratan

kerja di luar negeri 3 - Apa Saja yang Perlu Disiapkan Jika Ingin Kerja di Luar Negeri?

Dokumen menjadi hal utama yang harus Anda siapkan sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri. Karena ini menyangkut legalitas keberadaan Anda selama di luar negeri. Jangan sampai Anda dideportasi karena tidak bisa menunjukkan identitas atau dokumen yang benar dan lengkap. Paspor merupakan identitas Anda selama tinggal di luar negeri. Oleh karena itu, pastikan paspor yang Anda miliki masih berlaku. Selain paspor, Anda juga harus menyiapkan berbagai dokumen persyaratan lain seperti sertifikat kompetensi yang Anda miliki, surat keterangan sehat, perjanjian kerja dengan perusahaan di luar negeri, hingga visa kerja di negara yang Anda tuju. Ketika syarat-syarat tersebut tidak bisa Anda penuhi, maka jangankan dapat izin masuk, pihak imigrasi Indonesia saja pasti tidak akan memberi izin Anda untuk berangkat ke luar negeri. Mengapa? Karena Anda akan berpotensi mengalami masalah dengan dokumen yang tidak lengkap.

5.Periksa Kondisi Kesehatan

Sebaiknya Anda tidak menyepelekan periksa kondisi kesehatan jika ingin bekerja di luar negeri. Anda harus bisa memastikan bahwa Anda tidak memiliki penyakit berat yang dibawa ke luar negeri. Minimal, Anda tahu persis masalah kesehatan apa saja yang kerap mengganggu aktivitas Anda. Oleh karena itu, periksakan kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh ke rumah sakit atau dokter terdekat. Biasanya model pemeriksaannya seperti medical check up. Seluruh bagian tubuh Anda akan mendapat pemeriksaan agar Anda bisa dinyatakan sehat sebelum pergi ke luar negeri. Ada sejumlah negara yang mensyaratkan sertifikat kesehatan seperti ini bagi para ekspatriat yang akan bekerja di sana. Sehingga ada baiknya Anda sudah melakukannya selagi masih di Indonesia dan mendapat surat keterangan sehat yang valid dari dokter.

Selain kelima persiapan kerja di luar negeri di atas, yang tidak kalah pentingnya adalah Anda juga perlu mempelajari adat dan budaya negara tujuan Anda. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung adalah peribahasa yang harus Anda pahami sebelum memutuskan pergi bekerja ke luar negeri. Karena Anda pasti bertemu dengan adat dan kebiasaan yang jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Jangan sampai Anda mendapatkan masalah karena tidak paham dengan kebiasaan masyarakat setempat. Di Malaysia, Anda mungkin akan lebih mudah untuk beradaptasi karena budaya di sana tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Kemudahan lainnya adalah Anda bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia menggunakan aplikasi Qelola secara praktis. Hanya dengan biaya administrasi yang sangat murah, Anda bisa kirim uang untuk keluarga di tanah air dengan proses yang cepat dan aman. Coba Qelola sekarang juga, unduh aplikasinya di Google Play Store!

Tags: , , , , , ,