Perhatikan 3 Aspek Kesehatan Berikut Agar Tetap Produktif

produktivitas

Kesehatan adalah modal utama seseorang untuk bisa menjalani kehidupan. Banyak orang yang bilang bahwa sehat itu mahal harganya. Memang betul demikian, bayangkan saja jika Anda sakit pasti harus mengeluarkan uang untuk berobat. Namun perlu Anda ketahui bahwa sehat itu tidak hanya dilihat dari apa yang terjadi pada fisik atau tubuh Anda. Pikiran juga berpengaruh pada kesehatan diri Anda. Stres kerja, frustasi, merasa tertekan dan perasaan semacamnya juga bisa menimbulkan penyakit. Lalu sebenarnya apa saja yang jadi aspek kesehatan yang harus Anda perhatikan? Temukan informasi selengkapnya berikut ini.

Pentingnya Memperhatikan Aspek Kesehatan demi Produktivitas Hidup

Pada Piagam Ottawa, WHO menyebutkan bahwa kesehatan adalah sumber daya untuk menjalani kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, Anda wajib menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dengan memperhatikan tiga aspek kesehatan berikut yaitu fisik, mental, dan sosial. Apabila ketiga aspek tersebut terpenuhi, maka akan berpengaruh juga terhadap produktivitas harian Anda. Nah untuk lebih detailnya, simak penjelasannya berikut ini.

Kesehatan Fisik

glass water pack pills digital thermometer table with sick asian woman lying sofa pillow after taking medicines 34755 473.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Perhatikan 3 Aspek Kesehatan Berikut Agar Tetap Produktif

Aspek kesehatan utama yang harus Anda jaga tentunya adalah sehat fisik. Tak bisa dipungkiri memang, fisik yang sehat pasti akan menguntungkan Anda. Berbagai kegiatan seperti olahraga, bekerja, bepergian, bahkan melakukan gerakan-gerakan yang sepele pun akan membutuhkan fisik yang bugar. Fisik yang sehat memungkinkan Anda untuk bisa aktif melakukan berbagai kegiatan dan menjadi pribadi yang produktif.

Agar tubuh selalu sehat dan bugar tentu tidak didapatkan dengan mudah begitu saja. Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan supaya aspek ini terus bisa terjaga. Mengkonsumsi makanan yang sehat, melakukan olahraga, dan istirahat cukup sangat menunjang kesehatan fisik. Selain itu hindari merokok dan minum alkohol, perbanyak minum air putih agar tubuh Anda terhidrasi dengan baik. Yang tak kalah penting juga adalah menjaga kebersihan, apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang.

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Era New Normal

Kesehatan Mental

top view portrait woman lying desk near laptop 1163 2127.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - Perhatikan 3 Aspek Kesehatan Berikut Agar Tetap Produktif

Aspek kedua yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah kesehatan mental. Perlu digaris bawahi bahwa sehat mental ini punya peranan penting dalam menunjang produktivitas seseorang. Ada tiga hal yang mencakup kesehatan mental yaitu pikiran, emosional, dan spiritual. Saat Anda lelah bekerja atau merasa tertekan dengan beban pekerjaan yang dituntut perusahaan, hal ini justru membuat Anda semakin terpuruk. Jika dibiarkan maka produktivitas kerja Anda mengalami penurunan performa. 

Jika Anda mengalaminya cobalah untuk rehat sejenak dan cari cara untuk melepas stres. Cara Anda merespon perasaan yang sedang dialami juga berpengaruh dalam produktivitas lho! Jadi belajarlah untuk mengendalikan gejolak batin yang sedang Anda rasakan, jangan sampai masalah pribadi yang Anda alami dibawa ke ranah pekerjaan. Jika mampu mengelola emosi diri tentunya Anda tetap bisa menjalankan pekerjaan secara profesional.

Aspek kesehatan mental juga bisa ditingkatkan dengan cara mendekatkan diri pada Tuhan. Orang yang sehat secara spiritual cenderung memandang segala masalah dengan kacamata positif. Orang-orang dengan mental seperti ini percaya bahwa segala sesuatu pasti ada solusi dengan pertolongan Tuhan. Alih-alih banyak mengeluh, orang yang dekat dengan Tuhan akan selalu berusaha untuk bersyukur dan mengambil hikmah dari segala kejadian yang menimpanya. Dengan begitu hari-hari tetap bisa dilewati dengan produktif seperti biasanya.

Kesejahteraan Sosial

white paper dolls circle 23 2148144467 - Perhatikan 3 Aspek Kesehatan Berikut Agar Tetap Produktif

Aspek terakhir yang tak kalah penting adalah kesejahteraan sosial. Hal ini berkaitan erat dengan cara orang menjalin hubungan dengan orang lain. Jadi, seseorang yang mudah bergaul atau bersosialisasi dengan orang lain akan cenderung menjadi pribadi yang produktif. Orang yang sehat secara sosial akan mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Orang-orang yang punya kesejahteraan sosial tinggi juga sangat terbuka dengan siapa saja. 

Tak hanya untuk orang lain saja, kesejahteraan sosial juga berkaitan dengan kebutuhan diri sendiri. Masih berkaitan dengan kesehatan mental, kesejahteraan sosial yang terpenuhi juga ditandai dengan adanya perasaan aman, damai, dan tercukupi kebutuhan sandang, pangan, dan papan. 

Keterkaitan antara Kesehatan Fisik, Mental, dan Kesejahteraan Sosial

Sebenarnya baik kesehatan fisik, mental, dan juga kesejahteraan sosial saling berkaitan dan mempengaruhi satu sama lain. Saat sedang sakit, Anda cenderung lebih sensitif dan mengalami perubahan sikap. Begitu pula sebaliknya, saat jiwa atau mental Anda sedang terganggu biasanya nafsu makan akan menurun sehingga nutrisi Anda tidak terpenuhi dan mudah sakit. 

Sama halnya saat kesejahteraan sosial Anda tidak terpenuhi, Anda akan mengalami kesulitan dalam beradaptasi. Selain itu, biasanya Anda juga akan menjadi mudah cemas dan khawatir. Jadi dapat disimpulkan bahwa kesehatan fisik, mental, dan kesejahteraan sosial memiliki benang merah dan tidak dapat dipisahkan. Oleh karenanya, jika Anda ingin menjadi manusia yang produktif maka harus benar-benar menjaga tiga aspek tersebut.

Memperhatikan aspek kesehatan juga bisa dilakukan dengan ikut serta menjadi peserta BPJS Kesehatan. Asuransi dari pemerintah yang dulunya bernama Askes ini akan membantu finansial Anda saat sakit dan harus berobat atau dirawat di rumah sakit. Nah, untuk pembayaran iurannya Anda bisa lakukan melalui aplikasi Qelola. Cukup unduh aplikasi Qelola pada Playstore dan lunasi tagihan BPJS Kesehatan Anda langsung dari ponsel. Pelajari tentang aplikasi Qelola dengan mengunjungi website resminya di sini.

Tags: , , ,