Penting! Peraturan Bea Cukai Ini Wajib Dipahami TKI di Malaysia

bea cukai malaysia

Menjadi Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri menjadi impian bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Upah bulanan yang cukup besar menjadi alasan utama bagi mereka agar bisa memperbaiki ekonomi keluarga. Namun, ada serentetan hal yang harus dipersiapkan oleh para calon PMI/BMI/TKI sebelum berangkat ke negara tujuan. Selain dokumen-dokumen penting seperti paspor dan visa, ada hal penting lainnya yang wajib diketahui oleh mereka seperti peraturan bea cukai. 

Peraturan terkait bea cukai ini juga harus dipahami untuk menghindari masalah yang kemungkinan bisa terjadi di bagian imigrasi. Nah, artikel berikut akan mengulas tentang peraturan bea cukai bagi Anda yang berencana kerja di negara Malaysia. Berikut informasinya.

Peraturan Bea Cukai Malaysia bagi Calon Buruh Migran Indonesia (BMI)

peraturan bea cukai - Penting! Peraturan Bea Cukai Ini Wajib Dipahami TKI di Malaysia

Calon Buruh Migran Indonesia yang baru pertama kali akan bekerja di Malaysia mungkin tidak menyadari tentang adanya peraturan bea cukai. Aturan ini erat kaitannya dengan jenis barang bawaan dan jumlah barang yang akan dibawa ke negara penempatan kerja. Jadi ada standar tertentu yang harus dipenuhi terkait barang bawaan yang dibawa ke Malaysia. Aturan ini harus Anda patuhi agar barang bawaan Anda tidak disita atau dikenai denda di pintu imigrasi negara tujuan. Dikutip dari halaman resmi Pekerja Migran Indonesia, inilah beberapa peraturan bea cukai yang harus ditaati para calon TKI yang akan memasuki negara Malaysia:

  • Diperlukan izin khusus untuk membawa senjata api atau amunisi.
  • Dilarang membawa pisau lipat dan produk pornografi.
  • Jika buruh migran membawa video kaset maka harus diserahkan ke bea cukai untuk mendapatkan izin khusus.
  • Buruh migran diwajibkan untuk memberitahu pada petugas bea cukai atau karantina jika membawa hewan dan tanaman dan atau bagian dari tanaman antara lain biji benih, bunga, buah, tanah, jamur, bakteri, atau virus, serangga atau hewan tidak bertulang belakang.
  • Dilarang membawa semua barang yang dibuat dari uang kertas, nota bank atau koin yang berlaku atau sudah pernah berlaku pada suatu saat di suatu negara.
  • Dilarang membawa obat-obatan terlarang atau narkotika. Buruh migran jangan mencoba untuk menyelundupkan obat-obatan terlarang di Malaysia, karena hukuman bagi penyelundup narkotika adalah hukuman mati.

Jenis Barang dan Jumlah Berat Maksimum yang Harus Ditaati Calon PMI/TKI

peraturan bea cukai 1 - Penting! Peraturan Bea Cukai Ini Wajib Dipahami TKI di Malaysia

Peraturan bea cukai selanjutnya yang harus dipahami para calon Pekerja Migran Indonesia sebelum berangkat ke Malaysia adalah tentang jenis barang dan jumlah berat maksimum yang diperbolehkan. Perlu Anda ketahui bahwa petugas imigrasi sering melakukan pemeriksaan acak di jalur hijau untuk menghindari adanya pelanggaran aturan bea cukai tersebut. Apabila Anda ketahuan melakukan pelanggaran seperti melanggar jumlah berat maksimum, maka bersiap-siaplah untuk menerima denda sebesar 30% dari harga barang tersebut. Nah, berikut ini adalah contoh jenis barang dan berat maksimum yang bisa dibawa tanpa terkena denda:

  • Maksimum 200 batang rokok atau 50 batang cerutu atau 225 gram tembakau.
  • Maksimum 1 liter anggur, alkohol atau alkohol dari fermentasi gandum.
  • Maksimum 100 batang korek api.
  • Kosmetik, parfum, sabun dan pasta gigi di kontainer terbuka dengan total harga maksimum senilai RM200.
  • Hadiah dan oleh-oleh senilai maksimum RM200 kecuali barang-barang dari Langkawi dan Labuan senilai maksimum RM500.

Tips Menyiasati Agar Barang Bawaan Lolos Bea Cukai

peraturan bea cukai 3 - Penting! Peraturan Bea Cukai Ini Wajib Dipahami TKI di Malaysia

TKI yang pulang ke tanah air seringkali membawa barang-barang yang jumlahnya banyak. Alih-alih ingin memberikan kejutan bagi keluarga di tanah air, Anda justru akan terkejut dengan pajak yang harus ditanggung dari oleh-oleh tersebut. Nah, agar barang belanjaan yang dibawa pulang ke Indonesia bisa lolos dari bea cukai, lakukanlah beberapa tips berikut ini:

  • Sebelum dimasukkan ke dalam koper, buang lebih dulu pricetag yang tergantung di setiap barang. Khusus untuk gadget seperti handphone atau kamera, lebih baik buang saja kardusnya. Kondisikan barang-barang tersebut menjadi barang keperluan kita sehari-hari, bukan sebagai barang baru.
  • Buruh migran sebaiknya menghindari membawa barang dalam jumlah banyak saat cuti pulang ke tanah air. Barang-barang buruh migran bisa dikirim terlebih dahulu lewat jasa pengiriman untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Sebelum memutuskan membeli barang mahal di luar negeri, lebih baik cermati dulu bea masuk yang akan dikenakan saat melewati bea cukai bandara. Jangan sampai bea masuk yang harus dibayarkan melebihi harga barang yang kita beli di luar negeri.
  • Jika barang yang akan kita beli di luar negeri sudah tersedia di Indonesia, alangkah lebih baik kita membeli di Indonesia saja. Selain mudah, juga untuk menghindari kesulitan di bandara saat melewati bea cukai.

Baca Juga: Ingin Kerja di Luar Negeri? Ketahui Hak dan Kewajiban Pekerja Migran

Demikian informasi tentang peraturan bea cukai yang harus dipahami oleh calon TKI yang akan bekerja di Malaysia atau pun para TKI yang akan pulang ke tanah air. Penting sekali untuk menambah wawasan mengenai peraturan ini agar menghindari berbagai biaya tambahan yang membuat Anda repot sendiri. Selain peraturan terkait bea cukai, ada hal lain lagi yang harus diperhatikan oleh TKI seperti bagaimana mengelola upah bulanan mereka nantinya. 

Pengelolaan uang tersebut bisa Anda lakukan dengan mengunduh aplikasi keuangan seperti aplikasi Qelola. Ya, aplikasi ini adalah aplikasi yang memang dirancang khusus untuk para TKI yang ada di Malaysia untuk bisa melakukan transaksi keuangan. Transaksi ini meliputi transfer uang ke tanah air, bayar-bayar tagihan yang ada di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS Kesehatan, dan TV Kabel. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk pembelian pulsa, kuota internet, dan voucher games. Jangan khawatir dengan biaya administrasinya, selama bulan Mei ini biaya administrasi yang dikenakan adalah senilai 30% dari 2 ringgit Malaysia. 

Aplikasi ini bisa Anda download melalui ponsel dan segala transaksi keuangan bisa dilakukan dalam genggaman. Jadi tunggu apalagi, manfaatkan aplikasi Qelola untuk pengelolaan upah bulanan Anda dan transaksi menarik lainnya. Unduh aplikasinya di sini!

 

Tags: , , , , , ,