Pentingnya Menjaga Pola Makan Sehat Agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

pola makan sehat

Apakah Anda juga memiliki anggapan seperti kebanyakan orang, bahwa menjaga pola makan sehat atau diet itu harus menghilangkan kebiasaan makan berat? Padahal nyatanya, diet itu memangkas dan memotong porsi makan yang sebelumnya. Dan sebisa mungkin Anda harus makan makanan yang terhindar dari kolesterol. Anggapan lain adalah, jika ingin hidup sehat maka harus menghindari makanan yang berlemak dan mengurangi makanan manis. Padahal sebenarnya, ada beberapa makanan berlemak yang malah menjadi protein dan lemak baik yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Untuk memiliki pola makan sehat, memang ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak. Tujuannya adalah agar Anda bisa mengontrol sejauh mana tubuh Anda mampu menampung makanan yang sehat, dan menghindari makanan-makanan yang malah menyebabkan dampak negatif pada tubuh Anda. Biasanya makanan negatif tersebut bersifat terlalu banyak mengandung kadar minyak, seperti goreng-gorengan, dan terlalu banyak mengkonsumsi nasi yang dipercaya bahwa nasi mengandung banyak kadar gula. Sehingga jika Anda banyak mengkonsumsi nasi, maka bisa membuat tubuh Anda menjadi gampang gemuk. Benarkah demikian?

Baca Juga: Perlukah Melakukan Cek Kesehatan Walaupun Tubuh Sehat?

Apa Itu Pola Makan Sehat?

pola makan sehat 1 - Pentingnya Menjaga Pola Makan Sehat Agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

Memiliki pola makan yang sehat sangat penting kehidupan Anda. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, maka akan membantu tubuh Anda agar lebih sehat dan dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Sebaliknya, jika Anda menerapkan pola makan tidak sehat, maka akan membuat tubuh Anda menjadi rentan terhadap penyakit. Untuk itu, Anda harus mengkonsumsi makanan yang sehat, dan jangan mudah tergoda untuk memilih makanan yang tidak sehat.

Dalam perkembangan zaman sekarang ini, perubahan gaya hidup masyarakat telah banyak mempengaruhi pola makan dan kesehatan. Perubahan tersebut menimbulkan sebagian besar masyarakat cenderung menyukai makanan yang kandungan gizinya tidak seimbang. Selain itu, pemikiran yang serba instan juga menyebabkan banyak orang yang mengkonsumsi makanan cepat saji. Padahal sudah menjadi rahasia umum, bahwa makanan tersebut merupakan makanan yang tidak sehat, dan kandungan gizinya tidak seimbang. Perubahan-perubahan seperti itulah yang menyebabkan berbagai penyakit degeneratif di usia muda. Sekarang ini memang ada banyak masyarakat yang kesulitan menjaga pola makan. Apakah Anda salah satunya?

Apa Saja Jenis Makanan Sehat?

pola makan sehat 3 - Pentingnya Menjaga Pola Makan Sehat Agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

Makanan sehat adalah makanan yang seharusnya mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena tubuh memerlukan berbagai macam nutrisi agar dapat tetap sehat dan pertumbuhan dapat berjalan secara optimal. Syarat makanan yang sehat adalah bersih, memiliki gizi yang baik dan juga seimbang. Keseimbangan makanan sehat adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin. Lantas, apa saja sih jenis makanan sehat tersebut?

  1. Sayur-sayuran. Di antara banyaknya jenis makanan, sayuran hijau adalah makanan sehat yang menempati peringkat pertama karena memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Sayuran hijau yang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh, antara lain brokoli, kale, sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan lainnya.
  2. Buah-buahan. Buah juga sangat penting dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Berikut ini adalah buah yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, yaitu apel, jeruk, alpukat, pisang, dan buah berry.
  3. Selain sayur dan buah, Anda juga harus mengkonsumsi daging dan telur, kacang-kacangan dan biji-bijian, ikan dan makanan laut lainnya, serta susu.

Bagaimana Cara Mengatur Pola Makan?

pola makan sehat - Pentingnya Menjaga Pola Makan Sehat Agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

Untuk memulai gaya hidup sehat dengan menjaga pola makan, biasanya akan dimulai dengan mengurangi porsi nasi sehari-hari, menjauhi makanan yang mengandung banyak minyak, dan mengurangi makanan yang banyak mengandung kadar gula. Jika Anda ingin menjaga pola makan, sebenarnya Anda tidak harus mengurangi makanan tersebut dengan tidak mengkonsumsinya sama sekali. Namun ada batasan dan takaran tersendiri untuk mengkonsumsinya. Misalnya, biasanya Anda makan nasi pada waktu pagi, siang, dan malam hari, maka mulailah untuk hanya bisa makan nasi di waktu siang hari saja. Sementara untuk pagi hari, Anda bisa menggantinya dengan konsumsi makanan rendah lemak, dan mengganti makan malam dengan buah yang memiliki banyak serat. Contoh tersebut bisa saja menjadi banyak alternatif untuk Anda yang ingin menjaga pola makan sehat. Penting untuk Anda ketahui bahwa untuk memulai hidup sehat, bukan hanya menjaga pola makan saja. Namun Anda juga harus menyeimbangi dengan serangkaian olahraga dan lainnya.

Bagaimana Jika Mengidap Penyakit Tertentu?

Menjaga kesehatan bukanlah hal yang sulit, selama Anda mau menjaga pola makan dan asupan gizi agar tubuh Anda tidak kekurangan nutrisi. Sehingga bisa tetap semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Lantas, bagaimana jika seseorang sedang mengidap penyakit tertentu? Apa yang sebaiknya dilakukan? Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang sehat bagi sebagian orang yang memiliki pantangan makan atau menderita penyakit tertentu:

  1. Mengkonsumsi ikan salmon dan jenis ikan lainnya yang mengandung akan asam lemak omega-3. Makanan ini berguna untuk kesehatan jantung dan juga menjaga tekanan darah. Selain itu juga dapat mencegah peradangan serta menurunkan trigliserida.
  2. Mengkonsumsi biji-bijian utuh, seperti gandum, beras merah, atau jagung sebagai sumber utama karbohidrat juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, beberapa jenis kanker, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada biji-bijian tersebut meliputi protein, antioksidan, vitamin B, mineral (zat besi, magnesium, dan zink), serta serat.
  3. Mengkonsumsi oatmeal yang tinggi akan serat juga dapat menurunkan kolesterol. Bagi pengidap diabetes, oatmeal ini merupakan makanan yang sangat penting karena dapat menjaga kadar gula darah. Makanan ini juga dapat menyehatkan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

Sembari menjaga pola makan sehat, pastikan Anda dan seluruh anggota keluarga telah memiliki asuransi kesehatan. Minimal, Anda dan keluarga telah menjadi peserta BPJS Kesehatan. Dengan memiliki asuransi, itu berarti Anda mendapatkan jaminan kesehatan. Sehingga Anda akan lebih tenang, jika sewaktu-waktu terjadi masalah pada kesehatan Anda. Pastikan BPJS Kesehatan Anda terus aktif, agar bisa digunakan kapan saja. Biasanya, yang menjadi penyebab kepesertaan BPJS menjadi tidak aktif adalah jika Anda tidak membayar tagihannya. Agar lebih mudah, Anda bisa menggunakan aplikasi Qelola yang biasa Anda gunakan untuk kirim uang ke luar negeri, untuk bayar tagihan BPJS juga. Yuk, ajak keluarga dan sahabat Anda pakai Qelola juga! Atau klik di sini untuk download aplikasinya.

Tags: , , , , ,