Pentingnya Kontrak Kerja Bagi Tenaga Kerja Indonesia

kontrak kerja

Selama pekerjaan Anda berhubungan dengan pihak lain, surat kontrak kerja adalah hal wajib dibuat di antara kedua belah pihak. Dan hal penting yang harus dilakukan selanjutnya adalah memahami isi kontrak kerja tersebut. Karena sebuah kontrak kerja akan menentukan nasib Anda selama beberapa bulan bahkan beberapa tahun ke depan sehingga sangat perlu diperhatikan. Apalagi bagi para TKI yang hingga kini masih saja rentan mengalami kejadian yang tidak bertanggung jawab baik dari pihak pelaksana penempatan maupun pengguna. Untuk menghindari terjadinya hal tersebut, berikut hal-hal yang berkaitan serta pentingnya kontrak kerja yang sangat bermanfaat untuk dipahami.

Baca Juga: 4 Tips Jitu Memilih Agensi Pekerjaan Resmi Bagi Calon TKI

Apa Itu Kontrak Kerja?

EP 19 1 - Pentingnya Kontrak Kerja Bagi Tenaga Kerja Indonesia

Berdasarkan Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 22 Tahun 2014, ada tiga jenis perjanjian yang berhubungan dengan TKI. Pertama adalah perjanjian penempatan yaitu perjanjian tertulis antara Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS) dengan calon TKI yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak dalam rangka penempatan TKI di negara penempatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kedua, perjanjian kerja sama penempatan yang adalah perjanjian tertulis antara PPTKIS dengan mitra usaha atau pengguna yang memuat hak dan kewajiban masing-masing pihak dalam rangka penempatan dan perlindungan TKI di negara penempatan. Dan yang terakhir adalah perjanjian kerja yang kerap disebut kontrak kerja. Kontrak kerja atau perjanjian kerja adalah perjanjian tertulis antara TKI dengan pengguna yang memuat syarat-syarat kerja, hak dan kewajiban masing-masing pihak. Pengguna yang dimaksud dalam perjanjian ini merupakan perusahaan atau majikan yang berbentuk instansi pemerintah, badan hukum pemerintah, badan hukum swasta, dan/atau Perseorangan di negara tujuan.

Ketika Anda diterima bekerja oleh sebuah perusahaan atau pengguna tenaga kerja di luar negeri, maka Anda pasti akan diberikan kontrak kerja atau surat perjanjian kerja. Selain mengetahui syarat, hak dan kewajiban, dengan surat tersebut Anda juga akan mengetahui status pekerjaan yang dilakukan. Apakah Anda berstatus pekerja tetap atau kontrak? Karena berisi hal-hal yang penting, maka sangat dianjurkan untuk membaca dengan hati-hati sebelum menandatangani. Hal ini agar Anda tidak menjadi korban penipuan dari pihak manapun.

Pentingnya Kontrak Kerja Untuk TKI

Ep 19 2 1 - Pentingnya Kontrak Kerja Bagi Tenaga Kerja Indonesia

Kontrak kerja merupakan dokumen yang sangat penting, oleh karena itu TKI diharapkan untuk memahami secara keseluruhan sebelum memutuskan untuk tanda tangan. Pemahaman yang baik dari TKI terhadap kontrak kerja akan menentukan perlindungan kerja dengan pengguna yang ada di luar negeri. Anda akan mengetahui apa hak dan kewajiban sebagai TKI dengan jelas sehingga menghindarkan Anda dari penipuan atau pemberian kewajiban yang tidak bertanggung jawab.

Poin-Poin dalam Kontrak Kerja dan Manfaat Mengetahuinya

EP 19 3 - Pentingnya Kontrak Kerja Bagi Tenaga Kerja Indonesia

Dalam kontrak kerja yang diberikan kepada Anda, ada beberapa poin yang harus diperhatikan. Poin-poin tersebut antara lain:

Identitas Pengguna

Sebagai tenaga kerja, Anda harus mengetahui identitas pengguna jasa agar mengetahui dengan jelas dengan siapa sebenarnya Anda bekerja sehingga tidak salah dalam penempatan. Identitas yang tertera di dalam perjanjian kerja biasanya terdiri dari nama, nomor identitas kependudukan, pekerjaan serta alamat lengkap.

Identitas TKI

Identitas Anda yang dituliskan dalam kontrak kerja terdiri dari nama, nomor paspor, nomor visa, nomor rekening di Indonesia serta alamat Anda di Indonesia. Data ini dicantumkan untuk menjelaskan diri Anda sebagai pemberi jasa kepada pengguna.

Jabatan dan Jenis Pekerjaan

Dalam kontrak kerja harus mencantumkan deskripsi pekerjaan jelas yang meliputi kewajiban dan lingkup tanggung jawab yang akan Anda lakukan. Deskripsi kerja yang jelas akan menghindarkan Anda dari pekerjaan yang berat serta tanggaung jawab yang tidak beraturan dan di luar wewenang Anda yang seharusnya.

Hak dan Kewajiban Pihak-Pihak yang Terlibat

Ada beberapa hak dan kewajiban yang harus Anda perhatikan sebelum menandatangani perjanjian. Hak dan kewajiban ini harus disepakati dengan baik agar tidak ada pihak manapun yang dirugikan.

Kondisi dan Syarat kerja

Kondisi dan syarat kerja tersebut meliputi:

  • Lama Kontrak Kerja

Perhatikan lama kontrak kerja Anda. Jika tidak sesuai maka Anda berhak untuk meminta bantuan hukum.

  • Gaji

Biasanya setiap negara mempunyai patokan tersendiri perihal nominal gaji yang diberikan untuk para TKI baik di sektor formal maupun informal. Cari informasi mengenai kisaran gaji di negara tujuan Anda. Bandingkan dengan dengan gaji yang ada di surat perjanjian.

  • Waktu Kerja

Pastikan terdapat waktu kerja yang jelas di dalam kontrak tersebut. Anda harus mengikuti jam kerja yang telah ditetapkan untuk Anda. Namun, jangan sampai Anda diberikan waktu kerja yang melebihi batas serta tidak manusiawi.

  • Hari Libur

Salah satu hak yang semestinya diterima oleh pekerja manapun adalah hari libur. Seorang pekerja setidaknya mempunyai hari libur sehari dalam seminggu. Apabila Anda memilih untuk tetap bekerja, hari libur ini bisa diganti dengan uang.

  • Fasilitas Akomodasi

Tenaga kerja Indonesia jarang sekali yang mempunyai kerabat dekat di negara tujuan untuk ditumpangi. Oleh sebab itu, sudah semestinya pengguna menyediakan akomodasi tersebut.

  • Rekening Perbankan TKI di Negara Tujuan

Akan sangat sulit menemukan kantor bank milik Indonesia ketika Anda berada di luar negeri. Oleh karenanya gaji dan berbagai transaksi akan dikirim serta dilakukan melalui rekening perbankan di negara tujuan. Pastikan Anda sudah memilikinya.

  • Akses Komunikasi dengan Keluarga

Ada beberapa pengguna yang mengekang pekerjanya hingga berkomunikasi dengan keluarga pun dibatasi. Jika Anda ingin bekerja lebih nyaman, Anda bisa menanyakan dan mengajukan hal ini di perjanjian kerja

  • Asuransi Sosial

Tidak ada pekerjaan yang tidak mempunyai risiko. Oleh sebab itu, disarankan agar mempunyai asuransi sosial yang akan meng-cover hal tidak terduga yang bisa saja terjadi.

Penyelesaian Sengketa

Perlu diketahui bahwa pada dasarnya Perjanjian Kerja tidak dapat diubah kecuali dengan persetujuan pihak-pihak yang ada di dalamnya. Dan apabila ada perubahan, maka perubahan tersebut wajib disetujui oleh Perwakilan Republik Indonesia di negara penempatan atau Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia.

Setelah memahami dan menandatangani kontrak kerja, Anda pun siap untuk menjalankan kewajiban dan menerima hak dari pengguna. Dan ketika Anda telah mendapatkan hal Anda berupa gaji, tidak ada salahnya untuk berbagi dengan sanak saudara di Indonesia bukan? Untuk kemudahan proses transfer luar negeri Anda gunakan aplikasi Qelola. Qelola memberikan fasilitas kirim uang yang jauh lebih murah, mudah, dan juga cepat dibanding metode lainnya. Download aplikasinya di sini sekarang juga!

 

Tags: , , , , , ,