Penjelasan Lengkap Seputar Surat Keterangan Pengalaman Kerja

EP 21 4 - Penjelasan Lengkap Seputar Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Setelah lama bekerja di suatu perusahaan, Anda mungkin pernah berpikir untuk mencoba pengalaman baru di perusahaan yang baru. Dan ini telah menjadi tren di generasi muda saat ini. Berpindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain untuk mendapatkan pengalaman serta atmosfer kerja yang berbeda. Saat Anda melamar di perusahaan yang baru, perusahaan biasanya akan meminta surat keterangan pengalaman kerja. Karena sama halnya dengan Anda yang mencari perusahaan berkualitas, perusahaan pun mencari karyawan baru yang berkualitas pula. Dan surat keterangan pengalaman kerja menjadi buktinya. Namun, tahukah Anda apakah itu surat keterangan pengalaman bekerja? Mengapa ini menjadi penting dan bagaimana membuatnya? Berikut penjelasannya.

Baca Juga : Tips Cerdas Mendapatkan dan Menggunakan Surat Referensi Kerja 

Apa Itu Surat Keterangan Pengalaman Kerja?

EP 21 1 - Penjelasan Lengkap Seputar Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Surat keterangan pengalaman kerja adalah surat yang dikeluarkan ketika hubungan kerja Anda dengan sebuah instansi sudah berakhir. Surat ini akan memberikan keterangan bahwa Anda memang benar-benar pernah bekerja pada mereka. Di dalamnya pun akan diterangkan kontribusi Anda selama bekerja sehingga bisa dijadikan sebagai surat rekomendasi saat melamar kerja lagi.

Fungsi Surat Keterangan Pengalaman Kerja

EP 21 - Penjelasan Lengkap Seputar Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Ketika Anda menyelesaikan kontrak kerja, jangan lupa meminta surat keterangan ini pada pihak instansi atau perusahaan. Karena selembar surat ini mempunyai manfaat yang sangat banyak, yang antara lain:

  1. Apresiasi dari Perusahaan

Isi surat keterangan ini merupakan hal yang positif tentang diri Anda selama berada di sebuah perusahaan, baik mengenai kinerja maupun sikap. Karena nyaris tidak ada perusahaan yang akan mengeluarkan surat pengalaman kerja jika Anda memiliki kinerja yang tidak baik atau mempunyai perilaku yang negatif. Catatan positif ini adalah apresiasi yang diberikan oleh perusahaan atas kerja keras Anda untuk mereka. Jika Anda mendapatkan surat ini, maka perusahaan lama Anda sedang menegaskan bahwa Anda adalah aset terbaik mereka.

  1. Bukti Otentik Pengalaman Bekerja Anda

Perusahaan yang akan Anda lamar selanjutnya tentu saja tidak akan percaya sepenuhnya pada Anda. Karena mereka memang tidak tahu apa yang telah Anda lakukan selama ini. Dan bisa saja mereka mengira Anda memalsukan data dan pengalaman yang ada di CV. Namun dengan adanya surat pengalaman kerja, bisa menjadi senjata ampuh untuk meyakinkan mereka bahwa Anda memang pantas untuk direkrut.

  1. Surat Rekomendasi Ketika Mendaftar Beasiswa

Ketika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke taraf yang lebih tinggi, biasanya pihak kampus meminta rekomendasi dari dosen atau perusahaan tempat Anda berproses sebelumnya. Dan surat sakti inilah yang nantinya akan Anda berikan. Surat ini akan membuka jalan Anda untuk mendapatkan pendidikan lanjutan tersebut.

  1. Syarat Tunjangan Sosial

Surat keterangan pengalaman kerja adalah salah satu syarat yang diminta ketika mendaftarkan tunjangan sosial atau mencairkan uang dari BPJS Ketenagakerjaan.

Bagian-Bagian Surat yang Harus Ada

EP 21 2 - Penjelasan Lengkap Seputar Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Untuk menjamin agar informasi mengenai karyawan tercantum lengkap, maka ada bagian-bagian yang harus ada di dalam surat. Pahami juga beberapa bagian tersebut agar surat yang diberikan kepada Anda berisi keterangan lengkap. Bagian-bagian tersebut antara lain:

  • Kop Surat

Bagian pertama yang harus ada adalah kop surat. Kop ini adalah bukti bahwa surat tersebut bersifat resmi dan langsung dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

  • Identitas Karyawan

Perusahaan harus mencantumkan identitas Anda berupa nama lengkap dan nomor induk. Selain itu perusahaan juga dapat menambahkan identitas lainnya yang dianggap penting.

  • Jabatan Karyawan

Jabatan terakhir serta penempatan lokasi kerja juga perlu dicantumkan. Hal ini untuk menerangkan pengalaman Anda bekerja di bagian mana sehingga di perusahaan baru Anda tidak perlu mengulang dari awal lagi.

  • Masa Kerja

Penjelasan mengenai masa kerja ini harus memuat kapan Anda pertama kali bergabung hingga kapan seharusnya Anda akan pensiun. Poin biasanya akan digunakan HRD perusahaan selanjutnya menjadi aspek penilaian loyalitas.

  • Kontribusi, Kinerja, dan Sikap

Poin ini merupakan poin paling penting dari surat keterangan pengalaman kerja. Karena dari sinilah perusahaan selanjutnya akan menilai dan memutuskan apakah Anda memang layak diterima atau tidak. Pastikan kontribusi, kinerja serta sikap yang tercantum sesuai dengan posisi yang akan ditempati di tempat baru.

  • Tanda Tangan dan Cap

Tanda tangan dan cap diperlukan sebagai bukti persetujuan dari pihak-pihak yang ada di perusahaan. Cap resmi perusahaan umumnya menggunakan tinta dengan warna dasar hitam, biru, atau merah. Dan pihak yang menandatangani surat Anda biasanya adalah pejabat HRD atau kepala bagian di jabatan terakhir Anda.

Cara Mendapatkannya

EP 21 3 - Penjelasan Lengkap Seputar Surat Keterangan Pengalaman Kerja

Surat ini bisa dimintakan kepada pihak-pihak terkait yang ada di perusahaan. Biasanya surat ini diminta ke pihak HRD yang nantinya akan meneruskan kepada sekretaris perusahaan. Sekretaris perusahaanlah yang akan membuatkan surat serta meminta tanda tangan dari pejabat yang berwenang. Dan tentu saja ada prosedur formal serta syarat yang harus Anda penuhi, yakni:

  • Membuat surat pengunduran diri yang diajukan minimal 30 hari sebelumnya.
  • Menyelesaikan pekerjaan yang merupakan bagian Anda hingga sebelum Anda berhenti.
  • Menyelesaikan administrasi lainnya yang ditetapkan oleh perusahaan.

Selain itu, jagalah hubungan baik dengan perusahaan sebelumnya. Karena mereka dapat menolak membuatkan surat keterangan pengalaman kerja Anda karena alasan tersebut. Anda tidak mau mengakhiri kontrak dengan track record buruk dan justru menghilangkan kesempatan selanjutnya bukan? Karena ini akan menghancurkan keuangan Anda juga. Bagaimanapun Anda harus mengelola keuangan dengan baik. Dan untuk membantu proses pengelolaan ini Anda bisa menggunakan Qelola. Untuk mengetahui fitur-fitur bermanfaatnya, bisa download aplikasinya di sini.

Tags: , , , , , ,