Apa Itu KPJ? Baca Informasi Lengkapnya Hanya di Sini!

bpjstk

Setiap karyawan memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari perusahaan tempat bekerja. Wujud perlindungan yang dimaksud adalah berupa jaminan sosial. Jaminan sosial yang dikenal di Indonesia adalah Jaminan Sosial Tenaga Kerja atau yang disingkat dengan Jamsostek. Nama Jamsostek sendiri kini sudah digantikan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Jadi tidak usah bingung ya karena Jamsostek dan BPJS Ketenagakerjaan itu adalah sama.

Tujuan dari adanya jaminan sosial ini selain sebagai bentuk perlindungan juga untuk kesejahteraan tiap karyawan dalam perusahaan. Menjadi peserta dari Jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan ini, Anda akan mendapatkan KPJ atau Kartu Peserta Jamsostek. Kartu ini sebagai bukti identitas peserta yang nantinya bisa dipergunakan untuk mengurus berbagai fasilitas yang tersedia seperti JHT, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian. Informasi selengkapnya terkait apa itu KPJ bisa Anda baca di artikel berikut.

Karyawan Wajib Tahu Apa Itu KPJ

Pada paragraf sebelumnya sudah dibahas bahwa KPJ merupakan singkatan dari Kartu Peserta Jamsostek. Istilah KPJ ini sendiri sebenarnya merujuk pada nomor kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan yang terdiri dari 11 digit nomor unik. Dengan kata lain Kartu BPJS Ketenagakerjaan adalah wajah baru dari Kartu Peserta Jamsostek. Seperti yang Anda tahu, sebelum berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan, badan penyelenggara jaminan sosial di Indonesia adalah Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). 

Selain mengetahui apa itu KPJ, penting juga untuk tahu manfaat apa saja yang ditawarkannya. KPJ dapat dipakai untuk keperluan pembuatan akun virtual di aplikasi BPJSTKU atau mendaftar pada layanan informasi ke 2757. Nomor KPJ juga sangat berguna saat Anda berurusan dengan kepolisian untuk meminta surat keterangan seandainya kartu Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan Anda hilang. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda memiliki lembar fotokopi dari kartu KPJ BPJS sebagai pegangan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana Cara Mengetahui Nomor KPJ?

jamsostek 1 700x394 - Apa Itu KPJ? Baca Informasi Lengkapnya Hanya di Sini!


Selesai membahas tentang apa itu KPJ, mungkin Anda belum tahu bagaimana cara mengetahui nomor KPJ. Sejak Jamsostek bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan, ada perbedaan penulisan nomor KPJ pada kartu lama dan kartu baru. Letak perbedaannya pun sebenarnya tidak terlalu mencolok. Pada kartu jaminan sosial yang terdahulu tidak hanya tertulis nomor saja namun juga disisipi oleh karakter huruf. 

Sedangkan pada kartu BPJS Ketenagakerjaan yang baru 11 digitnya diwakili oleh angka semua. Tambahan untuk kartu BPJS Ketenagakerjaan juga dilengkapi dengan NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Agar lebih mudah mengingat nomor kartu jaminan, bisa dengan menggunakan aplikasi BPJSTK dalam pembuatan KPJ di ponsel pintar Anda.

Bagi Anda yang mengikuti program Jaminan Pensiun, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan dengan seksama. Biasanya, nomor KPJ yang dibubuhkan pada peserta Jaminan Pensiun terdiri dari 15 digit angka. Hal itu terlihat dari penambahan tiga digit angka 0 (nol) setelah nomor utama. Jadi, apabila nomor KPJ atau BPJS Ketenagakerjaan Anda adalah 12345678910 pada nomor BPJS Ketenagakerjaan Jaminan Pensiun menjadi 12345678910000. 

Baca Juga: Yuk Ikuti Langkah Jadi Peserta BPJS Kesejahteraan Berikut

Bagaimana Jika KPJ Hilang?

jamsostek - Apa Itu KPJ? Baca Informasi Lengkapnya Hanya di Sini!

KPJ ini adalah kartu yang sangat bernilai bagi karyawan suatu perusahaan. Untuk itu Anda harus menyimpannya dengan baik dan hati-hati. Jika menyepelekan bisa-bisa Anda rugi sendiri seperti tidak bisa melakukan klaim JHT BPJSTK. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki Kartu Peserta Jamsostek digital, jadi apabila dibutuhkan sewaktu-waktu Anda hanya perlu membukanya di ponsel. Namun jika Anda mengalami kehilangan KPJ, jangan buru-buru cemas karena setiap masalah pasti ada solusinya. Jika Anda menemui masalah kartu jaminan ini hilang, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Berkonsultasi dengan HRD Perusahaan. Semua data kepesertaan karyawan seperti nomor KPJ dan informasi lainnya umumnya disimpan oleh HRD, dan Anda bisa mendapatkannya dari sana.
  • Mengunjungi kantor cabang BPJSTK terdekat. Sebelumnya siapkan dulu dokumen-dokumen yang diperlukan seperti e-KTP, KK, nama ibu kandung, dan biodata pribadi.
  • Mengajukan pengaduan secara online mengenai kehilangan KPJ.

Demikian informasi lengkap mengenai apa itu KPJ yang bisa Anda simak. Dari artikel di atas dapat disimpulkan bahwa KPJ adalah hak yang harus diterima sebagai karyawan sebuah perusahaan. Hal ini juga sebagai wujud perlindungan dan kepedulian perusahaan terhadap karyawannya agar lebih sejahtera. Selain itu, sanak keluarga pun nantinya juga bisa ikut menikmati fasilitas yang ditawarkan Kartu Peserta Jamsostek tersebut.

Selain jaminan sosial, proteksi juga keuangan bulanan Anda dengan mengunduh aplikasi Qelola. Aplikasi ini adalah aplikasi keuangan digital pertama buatan Indonesia yang bisa dipakai untuk transfer uang dari Malaysia ke Indonesia. Selain itu, manfaatkan fitur-fitur lainnya yang ditawarkan Qelola seperti pembayaran berbagai tagihan pokok layaknya listrik, air, dan BPJS Kesehatan. Beli pulsa dan kuota internet pun juga tersedia pada aplikasi ini. Informasi lain terkait aplikasi Qelola bisa Anda pelajari lewat website resminya hanya di sini.

Tags: , , ,