Inilah Pengertian Investasi, Jenis, Hingga Manfaatnya yang Perlu Diketahui

pengertian investasi

Tahukah Anda kalau kata investasi diidentikan dengan orang yang mempunyai banyak uang dan ketidakamanan? Pada umumnya, masyarakat Indonesia masih belum memahami investasi, apakah Anda termasuk salah satunya? Awalnya, perasaan tidak aman untuk menyimpan uang dalam produk investasi juga menjadi alasan kenapa banyak orang yang tidak tertarik untuk berinvestasi. Sehingga mayoritas masyarakat Indonesia masih sangat mengandalkan tabungan. Edukasi mengenai pengertian investasi perlu digalakkan, mengingat manfaat yang bisa didapatkan dari investasi dapat membantu finansial masyarakat Indonesia. Lantas, sebenarnya apa pengertian investasi, apa saja manfaat berinvestasi, dan bagaimana cara untuk memulainya? Temukan jawabannya di bawah ini.

Baca Juga: Pahami Strategi Keuangan yang Tepat Agar Finansial Tetap Stabil

Apa Pengertian Investasi?

Investasi adalah suatu upaya penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan di kemudian hari. Modal ini bisa saja berupa uang atau sumber daya yang lain. Dengan berinvestasi, maka seseorang berharap bisa mendapatkan manfaat di masa mendatang. Sekolah dan kuliah misalnya, dapat dianggap sebagai salah satu jenis investasi karena Anda menginvestasikan waktu Anda dengan harapan mendapatkan gelar dan pekerjaan yang baik setelah lulus. Dalam pengertian finansial, investasi adalah ketika seseorang menyimpan uang dalam bentuk aset keuangan, seperti saham atau obligasi, dengan harapan akan menerima lebih banyak uang di kemudian hari. Berikut ini adalah penjelasan mengenai masing-masing jenis investasi tersebut.

1. Investasi Jangka Pendek

pengertian investasi 1 - Inilah Pengertian Investasi, Jenis, Hingga Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Investasi jangka pendek memungkinkan Anda sebagai investor untuk mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu satu hingga tiga tahun. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh keuntungan secara lebih cepat. Meskipun begitu, investasi jangka pendek ini akan memberikan return yang lebih kecil. Investasi jangka pendek bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek seperti tahun depan Anda membutuhkan dana untuk membeli tiket, membeli oleh-oleh, dan lain sebagainya saat Anda akan mudik ke kampung halaman. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan investasi jangka pendek ini untuk mempersiapkan dana liburan akhir tahun yang Anda rencanakan bersama teman-teman dan keluarga. Ada berbagai instrumen investasi jangka pendek yang bisa Anda coba, di antaranya adalah investasi reksadana dan investasi P2P Lending seperti Modal Rakyat. Anda bisa memilih investasi mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda, ya.

2. Investasi Jangka Panjang

pengertian investasi 2 - Inilah Pengertian Investasi, Jenis, Hingga Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Berbeda dengan investasi jangka pendek, investasi jangka panjang ini membutuhkan waktu yang lebih lama agar Anda bisa menikmati hasilnya. Anda bisa mendapatkan keuntungan dalam waktu tiga tahun, lima tahun, atau hingga belasan bahkan puluhan tahun yang akan datang. Meskipun lebih lama, namun investasi jangka panjang ini akan memberikan return yang lebih tinggi. Tentunya Anda bisa memenuhi kebutuhan jangka panjang dengan melakukan investasi uang Anda pada instrumen investasi jangka panjang. Lalu, kebutuhan jangka panjang apa saja yang bisa diwujudkan dengan menggunakan investasi jangka panjang ini? Anda bisa menggunakan investasi jenis ini untuk mempersiapkan dana pensiun. Memang waktu pensiun terasa masih lama, namun mempersiapkan diri lebih awal dapat membantu Anda menjalani masa pensiun dengan kondisi finansial yang lebih sehat. 

Investasi saham juga menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang yang bisa Anda coba. Kebanyakan orang takut untuk melakukan investasi saham karena tersebarnya mitos tentang saham. Namun Anda tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu banyak membaca berbagai informasi tentang saham. Selain saham, Anda juga bisa mencoba berinvestasi logam mulia seperti investasi emas batangan, lho.

Apa Saja Manfaat Investasi?

pengertian investasi 3 - Inilah Pengertian Investasi, Jenis, Hingga Manfaatnya yang Perlu Diketahui

Anda sudah tahu pengertian investasi, Anda pun juga sudah mengetahui dua jenis investasi yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Dalam uraian berikut ini, Anda dapat mengetahui apa saja manfaat melakukan investasi:

1. Meraih Financial Freedom

Financial freedom atau kebebasan finansial adalah suatu kondisi ketika ada passive income yang dapat memenuhi kebutuhan dan gaya hidup Anda. Passive income atau pendapatan pasif ini bisa Anda dapatkan dari return investasi yang telah Anda tanamkan. Dengan begitu Anda tidak perlu bekerja atau mengejar karir untuk bisa hidup dengan nyaman. Jika Anda memiliki investasi dengan return yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan, itu berarti Anda tidak perlu bergantung lagi pada pekerjaan untuk memperoleh pendapatan. 

2. Meningkatkan Kekayaan dan Nilai Aset

Manfaat dan juga tujuan dari investasi selanjutnya adalah untuk meningkatkan kekayaan dan nilai aset yang Anda miliki. Suku bunga yang ditawarkan oleh investasi bisa saja menambah kekayaan yang Anda miliki saat ini. Apalagi jika Anda melakukan investasi jangka panjang, maka Anda bisa merasakan efek compounding. Secara sederhana, efek compounding atau bunga bergulung ini adalah kemampuan aset investasi Anda dalam menghasilkan keuntungan berkelanjutan. Istilah ini juga dikenal sebagai bunga berbunga, di mana efek ini bisa meningkatkan nilai aset Anda dalam investasi yang sedang dilakukan.

3. Melindungi Kondisi Finansial dari Inflasi

Selain dua manfaat di atas, manfaat investasi lainnya adalah untuk melindungi diri dari inflasi. Anda perlu untuk berinvestasi, agar aset yang Anda miliki tidak tergerus inflasi. Jika Anda melakukan investasi dalam bentuk pinjaman modal usaha di Modal Rakyat misalnya, maka Anda bisa mendapatkan return sebesar 15% hingga 25% per tahun. Tentu saja Anda bisa mendapatkan keuntungan tanpa harus merugi karena inflasi, bukan?

4. Memenuhi Kebutuhan yang Memerlukan Biaya Besar

Dengan melakukan investasi, maka Anda dapat mengumpulkan uang yang dapat digunakan untuk membeli kendaraan baru, rumah pribadi, atau mewujudkan impian lainnya. Kebutuhan-kebutuhan ini tidak dapat Anda wujudkan jika Anda hanya mengandalkan tabungan apalagi pendapatan bulanan Anda.

Selamat, karena Anda telah belajar mengenai pengertian investasi, berbagai jenis investasi yang bisa Anda pilih, dan apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan lewat investasi. Kini Anda tidak perlu takut dan menunda untuk menanamkan modal atau aset Anda dalam produk investasi, ya! Mulailah untuk berinvestasi agar meraih kesejahteraan di masa yang akan datang. Agar pengeluaran harian dan bulanan lebih terkontrol, gunakan bantuan aplikasi pembayaran online seperti Qelola. Anda bisa download aplikasinya di sini, dan dapatkan informasi lebih lengkap tentang Qelola. Agar tidak ketinggalan dengan promo menarik yang diberikan Qelola, Anda wajib mengikuti media sosial Qelola di Instagram dan Youtube!

Tags: , , , ,