Intip Pedoman Gizi Seimbang Agar Tetap Sehat dan Produktif

gizi seimbang

Slogan makanan “4 Sehat 5 Sempurna” tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga semua orang Indonesia, termasuk Anda. Menu makanan yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran, dan buah-buahan, yang kemudian ditambah susu tersebut mulai dikenalkan pemerintah di tahun 1952. Namun apakah Anda sudah tahu? Bahwa slogan makanan 4 Sehat 5 Sempurna tersebut kini sudah diganti? Slogan tersebut dianggap sudah tidak memenuhi perkembangan dan pemenuhan gizi manusia masa kini. Itulah mengapa, pemerintah mengganti prinsip makanan 4 Sehat 5 Sempurna dengan Pedoman Gizi Seimbang yang memiliki 4 pilar prinsip yang harus diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Anda ingin tahu apa saja apa saja prinsip-prinsip pedoman gizi seimbang? Langsung saja simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Tahan Tubuh dengan Makanan Sehat Ini

1. Mengkonsumsi Makanan yang Beragam

gizi seimbang 1 - Intip Pedoman Gizi Seimbang Agar Tetap Sehat dan Produktif

Semua jenis zat gizi dibutuhkan oleh tubuh untuk menjamin pertumbuhan dan mempertahankan kesehatan. Namun faktanya, tidak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi sekaligus. Misalnya, ikan yang mengandung banyak protein tapi sedikit serat. Sedangkan buah dan sayur yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral, namun memiliki sedikit protein dan lemak. Maka dari itu, Anda perlu mengkonsumsi makanan yang beraneka ragam untuk memenuhi gizi yang seimbang, yaitu yang mengandung makronutrien (karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik), serta mikronutrien (vitamin dan mineral). Selain itu, jumlah makanan dan jadwal makan yang teratur juga sangat penting untuk diperhatikan. Sementara khusus untuk bayi yang baru lahir hingga usia 6 bulan, hanya dianjurkan minum air susu ibu (ASI).

2. Membiasakan Perilaku Hidup yang Bersih

Terbiasa untuk menjalani hidup yang bersih dapat menghindarkan Anda dari infeksi kuman penyebab penyakit. Hal ini sangat penting untuk dilakukan, karena semakin sering penyakit datang, maka akan semakin sulit kebutuhan gizi Anda dapat terpenuhi. Contoh perilaku hidup bersih adalah selalu menggunakan alas kaki ketika keluar rumah, menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat, serta rajin mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setiap kali hendak makan atau setelah buang air besar maupun buang air kecil.

3. Rajin Melakukan Aktivitas Fisik

gizi seimbang 2 - Intip Pedoman Gizi Seimbang Agar Tetap Sehat dan Produktif

Rajin bergerak dan olahraga juga dapat membantu Anda dalam mengendalikan berat badan. Selain itu, masih ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari berolahraga. Di antaranya seperti mengurangi stres, membuat tidur menjadi lebih nyenyak, membangun otot, serta menjaga memori dan kesehatan otak Anda. Aktivitas fisik dikategorikan cukup apabila Anda melakukan latihan fisik selama 30 menit setiap harinya. Atau minimal selama 3 sampai 5 hari dalam seminggu. Latihan fisik yang bisa Anda lakukan seperti jogging, bermain bola, berenang, senam, bersepeda, dan masih banyak lagi.

4. Mempertahankan Berat Badan Ideal

Pastikan Anda memantau terus berat badan dan pertahankan agar indeks massa tubuh (IMT) Anda berada dalam batas yang normal. Perlu Anda ketahui bahwa IMT merupakan pengukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan. Nilai IMT yang tinggi akan menandakan kelebihan berat badan (overweight) atau obesitas, sehingga harus diturunkan. Sementara nilai IMT yang di bawah normal bisa berarti Anda kekurangan asupan kalori dan protein, sehingga perlu dinaikkan. Kedua keadaan ini tidak baik untuk tubuh Anda dan dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Bagaimana Menerapkan Pedoman Gizi Seimbang?

gizi seimbang 3 - Intip Pedoman Gizi Seimbang Agar Tetap Sehat dan Produktif

Dalam Pedoman Gizi Seimbang juga terdapat 10 pesan umum gizi seimbang yang perlu diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Mensyukuri dan menikmati beraneka ragam makanan.
  2. Lebih banyak makan sayur dan buah-buahan.
  3. Membiasakan untuk mengkonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.
  4. Membiasakan untuk mengkonsumsi beraneka ragam makanan pokok.
  5. Membatasi konsumsi makanan yang manis, asin, dan berlemak.
  6. Melakukan aktivitas fisik yang cukup, dan pertahankan berat badan yang ideal.
  7. Mencuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.
  8. Membiasakan sarapan pagi.
  9. Membiasakan minum air putih yang cukup dan aman.
  10. Membiasakan membaca label pada kemasan makanan dan minuman sebelum dikonsumsi.

Mengkonsumsi nutrisi yang lengkap memang sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Namun, gaya hidup yang bersih, aktif, dan terkontrol juga tidak kalah pentingnya untuk menjaga berat badan maupun kesehatan secara menyeluruh. Itulah mengapa pedoman gizi seimbang ini perlu Anda terapkan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Jadi mulai sekarang, coba praktekkan pedoman gizi seimbang sebagai pengganti pedoman makanan 4 Sehat 5 Sempurna. Agar Anda lebih fokus dalam menerapkan hidup sehat, untuk urusan kirim uang atau bayar tagihan Anda bisa pakai aplikasi Qelola. Prosesnya yang mudah, murah, dan cepat tentu saja akan memudahkan Anda. Untuk bayar tagihan PDAM, PLN, atau BPJS, kini bisa Anda lakukan kapan saja tanpa harus keluar rumah. Jadi, tunggu apa lagi? Unduh aplikasi Qelola sekarang juga, ya!

Tags: , , , , ,