6 Pilihan Wisata di Semporna Malaysia untuk Staycation Anda

scuba diving

Sabah adalah salah satu negara bagian Malaysia yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Umumnya, para pelancong banyak yang mampir ke Kota Kinabalu karena merupakan ibukota dari Sabah Malaysia. Jika Anda membutuhkan referensi tempat wisata yang berbeda, Semporna bisa jadi opsinya nih! Semporna adalah sebuah pulau besar yang dikelilingi pulau-pulau kecil menawan yang menarik minat wisatawan. Pulau yang paling banyak mengundang perhatian pengunjung di Semporna adalah Pulau Sipadan dan Pulau Mabul.

Dulunya, daerah ini disebut dengan nama Tong Talun yang berarti Ujung Hutan. Suku utama yang berdomisili di tempat ini disebut suku Bajau. Untuk bisa sampai ke kawasan tersebut, Anda harus melewati jembatan Pegagau yang masih termasuk dalam kawasan Semporna. Kawasan ini pun jadi langganan tiap tahunnya sebagai tuan rumah lomba dayung Regatta Lepa. Berikut adalah beberapa rekomendasi objek wisata yang bisa jadi alternatif saat datang ke Semporna di Sabah Malaysia.

Taman Nasional Sipadan 

female diver emerge from sea 137573 953.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Pilihan Wisata di Semporna Malaysia untuk Staycation Anda

Taman Nasional Sipadan adalah tempat wisata yang sangat cocok untuk menyalurkan hobi diving. Bahkan, tempat ini dinobatkan sebagai tempat menyelam paling best di dunia lho! Tempat ini banyak diburu oleh turis dari seluruh belahan dunia karena pemandangan hayati yang masih alami di tengah iklim tropis. Ada banyak jenis ikan yang bisa Anda saksikan saat menyelam di taman nasional ini seperti School of Jack Fish, Storm of Barracuda, Bumped Head Parrot Fishes, dan lain-lainnya. 

Museum Tun Sakaran

Walaupun Semporna dikelilingi oleh pulau-pulau kecil namun Anda juga bisa menemukan museum di tempat ini. Museum yang cukup recommended untuk disambangi adalah Museum Tun Sakaran. Museum yang berjarak 2 km dari pusat kota ini sengaja dibangun sebagai bentuk penghormatan kepada layanan Tun Sakaran Dandais pada negara bagian Sabah. Hal ini dibuktikan oleh objek dan dokumen biografis yang ada di dalamnya. 

Terdiri dari dua lantai Anda akan disambut oleh kapal Lepa di pintu masuk. Sedangkan di lantai dua Anda bisa menemukan berbagai etnografi dari Semporna. Museum Tun Sakaran juga dianggap telah menyorot secara khusus perkembangan Islam di Semporna dan juga Malaysia.

Museum Warisan Arkeologi Bukit Tengkorak

Tak hanya Museum Tun Sakaran saja, ternyata Semporna juga punya museum lainnya yaitu Museum Warisan Arkeologi Bukit Tengkorak. Jika Museum Tun Sakaran banyak menyoroti perkembangan Islam di Semporna, di museum ini Anda akan menemukan hal yang berbeda. Museum Warisan Arkeologi Bukit Tengkorak memajang rekaman sejarah tembikar yang merupakan kesenian dan kerajinan populer khas Semporna. Hanya saja tempat ini cukup jauh karena lokasinya yang berjarak 8 km dari pusat kota. 

Selain itu, untuk bisa mencapai museum ini, Anda juga harus menyiapkan tenaga ekstra karena harus menaiki 450 anak tangga. Selain bisa melihat berbagai koleksi sejarah tembikar yang ada di dalamnya, Anda juga bisa melihat pemandangan pulau-pulau kecil di sekitar.

Baca Juga: 5 Pilihan Wisata Antimainstream di Malaysia, Unik dan Menarik!

Billabong Scuba

people diving school 79405 9062.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Pilihan Wisata di Semporna Malaysia untuk Staycation Anda

Untuk Anda pecinta olahraga ekstrem bisa datang ke Billabong Scuba di kawasan Semporna. Selain scuba diving, Anda juga bisa melakukan aktivitas snorkeling. Jika tertarik untuk menjajal olahraga scuba diving, nantinya Anda akan didampingi oleh tenaga profesional yang menjamin keselamatan Anda di bawah laut.

Selain memandu dan mendampingi selama menyelam, para tenaga profesional tersebut juga akan membantu Anda dalam mengurus berbagai peralatan untuk scuba diving. Di Billabong Scuba juga terdapat restoran untuk mengobati rasa lapar Anda setelah melakukan scuba diving.

Pulau Bohey Dulang

Ternyata Semporna tidak hanya menawarkan aktivitas bawah laut saja namun juga mendaki gunung. Jika Anda lebih suka melakukan pendakian, alangkah baiknya untuk mampir ke Pulau Bohey Dulang. Di tempat ini Anda pun akan disuguhi pemandangan alam yang tak kalah cantiknya seperti perairan laut yang jernih dan tanaman hijau yang menyejukkan sejauh mata memandang. 

Bermalam di Pulau Bohey Dulay bisa jadi ide yang menarik karena banyak hotel yang bisa dijadikan tempat beristirahat seperti Resort Hutan Bakau Sipadan, Seafest Hotel, Dragon Inn Resort, serta Resort dan Spa Pulau Pom Pom.

Pusat Penelitian dan Konservasi Tropis

colorful coral reef with sea anemones underwater life 165383 156.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 6 Pilihan Wisata di Semporna Malaysia untuk Staycation Anda

Untuk Anda yang ingin travelling sambil belajar, Pusat Penelitian dan Konservasi Tropis di Semporna adalah destinasi yang pas. Ada beberapa hal yang bisa Anda pelajari di tempat ini seperti menjadi ahli selam dan ikut serta melestarikan terumbu karang. Di tempat ini Anda bisa ikut serta memasang struktur buatan di atas terumbu karang untuk merangsang pertumbuhan kembali terumbu botol buatan. 

Namun, untuk bisa menguasai ilmu-ilmu tersebut Anda harus staycation cukup lama atau minimal sebulan. Namun dapat dipastikan pengalaman dan pelajaran yang akan Anda dapatkan sangat berharga dan tak terlupakan.

Selain mengunjungi tempat-tempat di Semporna yang sudah disebutkan di atas, Anda juga wajib mengunduh aplikasi Qelola. Aplikasi Qelola adalah aplikasi keuangan yang punya banyak fitur menarik seperti transfer uang dari Malaysia ke Indonesia, bayar tagihan pokok seperti listrik, air, dan BPJS Kesehatan, serta pembelian pulsa. Caranya mudah, cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di Playstore Anda pun bisa menikmati ragam fitur yang ditawarkan tadi. Pelajari lebih jauh tentang aplikasi Qelola melalui website resminya di sini.

 

Tags: , , ,