4 Objek Wisata di Putrajaya yang Tidak Boleh Terlewatkan

Putrajaya

Negeri jiran tidak dapat dipungkiri merupakan negeri yang menawarkan objek wisata sangat beragam. Negara ini juga dijadikan sarana ‘latihan’ untuk wisatawan Indonesia yang baru ingin memulai petualangan liburan ke luar negeri. Tentu, tak melulu Kuala Lumpur dan hiruk pikuk kotanya, Anda juga bisa mampir ke Putrajaya, salah satu kota futuristik yang ada di Malaysia.

Kota ini sendiri awalnya hanya sebuah kota kecil. Namun setelah pemindahan pusat pemerintahan negara Malaysia dari Kuala Lumpur ke Putrajaya, pembangunan yang terjadi cukup mengesankan. Dalam tempo kurang dari 25 tahun, kota ini menjadi salah satu kota paling modern yang dimiliki Malaysia, lengkap dengan segala kecanggihan fasilitas publik yang dimilikinya.

Tapi apa saja objek yang bisa didatangi di pusat pemerintahan Malaysia ini? Well, tak perlu berlama-lama lagi, Anda bisa melihatnya di bawah ini!

Kantor Perdana Menteri nan Megah

Untitled design1105 - 4 Objek Wisata di Putrajaya yang Tidak Boleh Terlewatkan

Tidak mungkin tidak disebutkan, adalah satu bangunan paling ikonik di wilayah Putrajaya. Kantor Perdana Menteri yang terlihat sangat megah wajib menjadi objek foto pertama yang Anda ambil ketika sampai di sini. Meski memang Anda dan wisatawan tidak diijinkan memasuki wilayah gedung utama, Anda bisa mengambil gambarnya secara penuh dari kejauhan.

Hanya memakan waktu dua tahun saja, terhitung sejak tahun 1999 bangunan ikonik ini sudah mulai digunakan untuk operasional pusat pemerintahan negeri jiran. Anda bisa mendapatkan cukup banyak spot foto, seperti misalnya Putra Square yang berada tepat di depan bangunan ini. Area ini adalah tempat diadakannya upacara menyambut hari kemerdekaan Malaysia.

Ingin Wisata yang Memacu Adrenalin?

Untitled design1106 - 4 Objek Wisata di Putrajaya yang Tidak Boleh Terlewatkan

Anda bisa menemukan jawabannya di Tasik Putrajaya, yang merupakan danau di tengah kota. Danau buatan ini merupakan penyeimibang ekosistem perkotaan agar suasana yang ada di Putrajaya tidak gersang dan tetap terasa sejuk. Di danau ini juga Anda bisa menikmati keindahan kota dengan menaiki perahu wisata yang tersedia.

Namun jika Anda mencari wisata yang memacu adrenalin, tasik yang satu ini juga bisa menjadi jawaban. Pasalnya, di sini tersedia olahraga ekstrim seperti flyboarding dan jetpacking yang bisa membuat Anda terbang di udara seperti pahlawan super, Anda juga bisa sekaligus berolahraga dengan padding agar tubuh tetap sehat selama berwisata di kota indah ini.

Bridge Hopping di Jembatan Unik 

Untitled design1104 - 4 Objek Wisata di Putrajaya yang Tidak Boleh Terlewatkan

Puas menikmati wahana air yang ditawarkan di danaunya, Anda juga bisa bergeser sedikit untuk menikmati keindahan kota dari atas jembatan yang tersedia cukup banyak di sini. Istilah bridge hopping digunakan wisatawan untuk menyebut kegiatan berpindah dari satu jembatan ke jembatan lain, untuk mendapatkan pemandangan kota yang berbeda-beda.

Tentu saja momen bridge hopping di Tasik Putrajaya juga tak boleh dilewatkan untuk berburu gambar unik dari jembatan maupun sudut kota yang berbeda. Setiap jembatan menawarkan pemandangan yang unik, sehingga Anda bisa benar-benar menjelajah area ini sampai puas. Hasilnya tentu sederet foto cantik berlatar belakang arsitektur jembatan, hingga panorama kota yang mengesankan.

Wisata Religi di Masjid Putra

Untitled design1103 - 4 Objek Wisata di Putrajaya yang Tidak Boleh Terlewatkan

Mengingat Malaysia memiliki penduduk mayoritas beragama Islam, tak heran rasanya jika Anda bisa menemukan masjid ikonik di setiap kota besar di Malaysia. Di Putrajaya sendiri, Anda bisa mengunjungi Masjid Putra yang terletak tak jauh dari area Kantor Perdana Menteri. Masjid yang satu ini banyak terinspirasi dari arsitektur Timur Tengah, seperti Persia, Baghdad, hingga Maroko.

Tentu saja ketika berkunjung di sini Anda harus mengenakan pakaian yang sopan dan menutup aurat, karena masjid ini selain dijadikan objek wisata juga masih secara aktif digunakan untuk beribadah saudara-saudara yang beragama Islam. Dengan kapasitas 15.000 jamaah, Masjid Putra adalah masjid terbesar di kota ini.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Anda Harus Mampir ke Ipoh Malaysia

Mengelilingi Malaysia memang bisa dikatakan tidak ada habisnya. Setiap kota, setiap sudut, memiliki daya tarik wisata yang unik sehingga patut untuk masuk ke dalam itinerary yang Anda buat. Tentu saja ketika Anda mendarat di Kuala Lumpur International Airport, kota ini wajib dikunjungi karena Anda harus melalui Putrajaya untuk sampai ke Kuala Lumpur. Mampir sebentar tentu tak ada salahnya bukan?

Dengan ragam objek wisata yang tersedia di kota indah ini, tak heran jika banyak sekali wisatawan asal Indonesia yang tertarik untuk berkunjung. Baik hanya singgah sesaat atau menghabiskan beberapa malam, pengalaman yang didapatkan tidak akan kalah jika dibandingkan dengan kunjungan ke sudut Malaysia yang lain.

Putrajaya, tak dapat dipungkiri, adalah salah satu kota maju yang tetap ramah pada wisatawan. Terbukti jumlah kunjungannya tetap tinggi pada setiap bulan sepanjang tahun. Nah, untuk Anda yang sudah tak sabar ke sana, Anda juga tidak boleh melupakan kewajiban sebagai warga negara, yakni membayar tagihan rutin. Sebagai persiapan, Anda bisa mengunduh aplikasi Qelola, yang bisa digunakan untuk membayar berbagai tagihan. Jadi liburan Anda tak akan terganggu oleh datangnya kewajiban ini. Dengan biaya admin yang murah dan proses cepat, Qelola bisa jadi partner liburan yang tepat. Unduh aplikasinya di sini!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,