5 Objek Wisata Alor Setar, Jangan Sampai Ada yang Terlewat!

Alor Setar

Menjelajah negeri jiran untuk kepentingan wisata mungkin memang tak ada habisnya. Dari satu kota ke kota lain, nyatanya setiap tempat memiliki daya tarik wisata yang unik dan tidak ditemukan di tempat lain. Kota yang kali ini akan sedikit diulas potensi wisatanya adalah Alor Setar yang terletak di wilayah Negeri Kedah.

Mungkin Kota Alor Setar tidak banyak masuk dalam liputan media-media mainstream yang mengekspos potensi wisata di Malaysia. Namun pada kenyataannya, kota yang tidak terlalu besar ini memiliki banyak sekali objek wisata yang sangat patut untuk Anda sambangi. Tentu sama seperti berbagai kota lain, ragam wisata yang yang disediakan juga dijamin memberikan opsi-opsi yang menarik.

Rumah Tok Su

Untitled design1124 - 5 Objek Wisata Alor Setar, Jangan Sampai Ada yang Terlewat!

Mari kita mulai daftar ini dengan Rumah Tok Su, yang menjadi salah satu rumah klasik di area Alor Setar. Layaknya rumah klasik yang sudah berdiri sejak lama, materi utama yang digunakan dalam pembangunan adalah kayu berkualitas dengan akses warna yang unik. Selain bisa berfoto dengan latar belakang rumah klasik ini, Anda juga bisa masuk ke dalamnya.

Anda akan disuguhkan settingan Malaysia tempo dulu yang otentik pada rumah ini. Mulai dari perabotan, ruangan yang disusun sedemikian rupa, tata letak, hingga denah secara keseluruhan. Rumah Tok Su menawarkan wisata masa lalu yang layak dicoba. Siapa tahu bisa membangkitkan kecintaan Anda pada budaya Melayu kuno.

Rumah Seni Banai

Jika Anda merasa belum cukup dengan keindahan bangunan klasik Rumah Tok Su, Anda bisa melanjutkan kunjungan ke Rumah Seni Banai yang letaknya tak jauh dari objek pertama tadi. Struktur bangunan yang mirip adalah ciri khas dari bangunan tradisional wilayah Kedah, sehingga pemerintah setempat berupaya terus menjaga kelestarian rumah sebagai bentuk penghargaan pada warisan budaya.

Selain arsitektur khas Kedah, rumah seni yang satu ini juga bisa dinikmati dari dalam. Serupa dengan Rumah Tok Su yang memiliki layout sangat unik, Rumah Seni Banai juga menawarkan sensasi Malaysia kuno, yang akan membuat Anda merasa kembali ke masa lalu untuk menikmati suasana tenang yang ada.

Menara Tanjung Chali

Untitled design1125 - 5 Objek Wisata Alor Setar, Jangan Sampai Ada yang Terlewat!

Keberadaan bangunan tua di area Alor Setar rasanya tak ada habisnya untuk dikunjungi. Mulai dari rumah-rumah tradisional, hingga menara yang menjulang tinggi di tepi danau. Ya, Menara Tanjung Chali bisa jadi objek wisata selanjutnya yang Anda kunjungi. Keindahan pemandangan danau yang asri memberikan kesan menenangkan, cocok sekali untuk rehat sejenak.

Tidak seperti area wisata lain yang biasanya penuh keramaian dan hiburan, Menara Tanjung Chali cenderung memiliki nuansa tenang dan damai. Jadi, mungkin tempat ini bisa jadi opsi kunjungan untuk sejenak menenangkan diri dan mengisi tenaga untuk kembali melakukan petualan di Alor Setar.

Sentosa Plaza, Tempat Belanja yang Seru

Baik untuk memenuhi kebutuhan Anda selama berkunjung atau mencari oleh-oleh, Sentosa Plaza bisa jadi opsi yang baik. Pasalnya, plaza ini memiliki bangunan yang cukup luas dan stok barang yang sangat lengkap. Jadi ketika Anda perlu membeli sesuatu, dapat dipastikan Anda bisa menemukannya di sini.

Namun Anda perlu mengingat satu hal, bahwa Anda harus cermat dalam memilih barang dan pertimbangkan bea masuknya jika akan dibawa ke Indonesia. Sentosa Plaza sebenarnya terkenal dengan stok barang elektronik yang sangat lengkap dan harganya terjangkau. Pikirkan kira-kira berapa bea masuk yang harus dibayarkan sebelum memutuskan untuk membeli dan membawanya pulang ke Indonesia ya!

Memanjakan Mata di Blue Lagoon

Untitled design1126 - 5 Objek Wisata Alor Setar, Jangan Sampai Ada yang Terlewat!

Bosan dengan suasana perkotaan yang padat dan ramai hilir mudik? Anda bisa menyambangi Blue Lagoon, yang menawarkan suasana alam indah dan tenang untuk dinikmati. Tentu saja sesuai namanya, air dari danau ini berwarna biru cerah, akan sangat bagus menjadi bacground foto yang Anda unggah ke media sosial.

Laguna ini bisa dikunjungi ketika pagi atau sore hari. Sangat direkomendasikan mengunjungi laguna ini di sore menjelang malam, karena Anda bisa menikmati matahari terbenam dengan sangat indah. Anda hanya perlu mencari titik yang tepat untuk fenomena alam harian ini, sehingga mendapat hasil foto yang maksimal.

Baca Juga: Intip Daftar 7 Bandara Paling Ramai di Malaysia

Itu tadi sederet objek wisata di Alor Setar yang bisa Anda kunjungi. Cukup lengkap bukan? Mulai dari objek dengan nilai sejarah, objek dengan daya tarik alam yang mengesankan, hingga objek yang cocok untuk rehat sejenak dari petualangan wisata Anda di sini.

Berwisata ke Alor Setar memang akan selalu jadi agenda yang menyenangkan. Selain karena banyaknya objek wisata, juga karena biaya yang Anda keluarkan bisa dibilang sangat terjangkau. Nah, jangan sampai liburan seru Anda terganggu dengan tagihan awal bulan yang datang tiba-tiba. Untuk urusan ini, Anda bisa percayakan pada Qelola. Layanan remitansi yang satu ini dapat memberikan fitur pembayaran tagihan secara langsung dan dengan biaya administrasi yang sangat rendah. Unduh aplikasinya di sini, dan nikmati liburan di Alor Setar!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,