Menyambangi Alor Setar, Kota Tua di Malaysia

Alor Setar

Menemukan tempat dan objek wisata baru, untuk seorang traveler, tentu adalah satu pencapaian tersendiri. Dengan riset yang cermat dan teliti, Anda bisa menemukan banyak sekali tempat yang tidak banyak diketahui orang. Salah satu dari tempat tersebut adalah Alor Setar, yang ada di negara Malaysia. Jika mungkin negara ini identik dengan Kuala Lumpur, atau Sabah, atau Penang, tidak ada salahnya sesekali Anda berkunjung ke sini.

Tentu sama dengan beberapa tujuan wisata populer di Malaysia, Alor Setar juga menawarkan banyak objek menarik yang memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari tempat bernilai sejarah, bangunan ikonik, hingga tempat-tempat yang menarik dijadikan spot mengambil gambar. Mengingat area ini jarang dibahas di media besar, spot foto yang Anda dapat tentu akan berbeda dengan kebanyakan orang.

Ikonik dari Alor Satar, The Big Clock Tower

Untitled design589 - Menyambangi Alor Setar, Kota Tua di Malaysia

Sumber: https://en.wikipedia.org/wiki/Zahir_Mosque

Yang masuk dalam urutan pertama objek wisata di Alor Setar adalah The Big Clock Tower. Bangunan ini merupakan bangunan jam besar yang berada di tengah kota, dan masih berfungsi hingga saat ini untuk menunjukkan waktu bagi orang sekitar. Keindahan arsitektur menjadikan bangunan ini sebagai salah satu spot favorit untuk mengambil gambar, dan menandakan bahwa Anda sudah mencapai Alor Setar.

Selain bangunannya yang unik dan menarik, Anda juga bisa dengan mudah mengunjungi Masjid Zahir yang juga menjadi daya tarik wisata di sini. Lokasinya yang tidak terlalu jauh, memungkinkan Anda mencapainya dalam waktu singkat. Liburan di sini akan terasa lebih menyenangkan jika Anda menjalaninya bersama keluarga atau orang terkasih.

Masjid Zahir

Berlokasi tidak terlalu jauh dengan The Big Clock Tower, masjid yang satu ini juga jadi salah satu daya tarik wisata yang cukup ikonik. Bangunan yang kokoh dan indah, sangat menarik untuk dijadikan objek foto ketika malam tiba dan semua lampu di dalamnya dinyalakan. Anda juga dapat beribadah di sini, sembari menunggu hari gelap karena masjid ini masih aktif digunakan sebagai tempat peribadatan.

Pada beberapa rekomendasi, Masjid Zahir banyak dimasukkan ke daftar teratas karena keindahan dan ciri khasnya yang tidak dimiliki masjid lain. Salah satu kelebihan jika Anda berkunjung ke sini adalah Anda bisa merasakan ketenangan yang sangat nyaman, yang mungkin tak bisa Anda dapatkan di masjid atau tempat peribadatan besar yang sekaligus menjadi objek wisata.

Wisata Sejarah, Rumah Kelahiran Tun Mahathir

Untitled design588 - Menyambangi Alor Setar, Kota Tua di Malaysia

Sumber: https://www.straitstimes.com/asia/se-asia/mahathir-sworn-in-as-7th-malaysian-pm

Tun Mahathir adalah seorang yang pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia yang keempat. Tentu, dengan sepak terjang dan pencapaiannya, beliau menjadi salah satu orang besar di Malaysia. Serba-serbi mengenai tokoh yang satu ini juga menarik untuk dikulik lebih dalam.

Anda bisa mengunjungi rumah masa kecil Tun Mahathir dengan sedikit berkendara. Mengingat beliau lahir pada tahun 1925, maka rumah yang dijadikan salah satu tujuan wisata ini memiliki kesan klasik. Jika dilihat tidak banyak perubahan yang dilakukan, sebab memang diusahakan agar tetap bertahan dengan keaslian yang dimiliki sehingga kesan klasik tetap terasa ketika berkunjung ke sini.

Merasakan Asal Mula Alor Setar di Balai Nobat

Salah satu bangunan bersejarah dan sarat akan nilai leluhur di Alor Setar adalah Balai Nobat. Bangunan ikonik yang satu ini dapat dikatakan adalah bangunan pertama yang ada di Alor Setar, dan menandai dibukanya kota ini pada tahun 1735 yang lalu. Tokoh besar yang membuka kota ini adalah Sultan Kedah yang ke-19.

Selain dapat dikunjungi sebagai objek wisata, Anda juga bisa menemukan banyak barang bersejarah yang menjadi ciri khas dari kota ini. Misalnya saja, alat musik Draja seperti rebana dan sejenisnya. Tentu Anda harus berhati-hati ketika melihat koleksi yang disediakan karena usia barang peninggalan yang sangat tua membuat barang-barang yang ditampilkan sudah cukup rapuh.

Kuil Budha Wat Nikrodharam

Untitled design587 - Menyambangi Alor Setar, Kota Tua di Malaysia

Sumber: https://www.flickr.com/photos/jsphang/5095303991

Tidak hanya memiliki beberapa masjid yang megah dan indah, kota Alor Setar juga memiliki bangunan kuil Budha yang tak kalah mengesankan. Mengingat keragaman budaya yang ada di Malaysia, tak heran jika Kuil Budha juga memiliki pola arsitektur yang megah.

Selain bisa dikunjungi untuk melihat keindahan kuil, Anda juga diizinkan untuk mengambil gambar di banyak spot menarik di sini. Namun demikian, selalu diingatkan ketika Anda berkunjung ke objek wisata yang masih digunakan sebagai tempat ibadah, untuk selalu berlaku sopan dan menaati semua aturan yang ada. Hal ini untuk kebaikan bersama, jadi Anda bisa bersenang-senang tanpa beresiko menimbulkan masalah.

Baca Juga: Kota Kuching Malaysia: Cek Rekomendasi 9 Destinasi Wisata Terbaik

Berkunjung ke Alor Setar bisa jadi salah satu agenda menarik untuk mengisi liburan Anda di Malaysia. Tentu saja, liburan akan terasa lebih menyenangkan tanpa gangguan tagihan awal bulan bukan? Untuk yang satu ini, Anda bisa mempercayakannya pada layanan Qelola. Layanan remitansi yang satu ini menyediakan fitur pembayaran tagihan rutin seperti listrik, PDAM, serta BPJS. Caranya juga mudah dan cepat, jadi Anda tak perlu membuang banyak waktu. Klik di sini untuk mengunduh aplikasinya!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,