Bagaimana Jika Paspor Hilang Ketika Bekerja di Malaysia?

confused asian man standing grey wall 171337 10469 - Bagaimana Jika Paspor Hilang Ketika Bekerja di Malaysia?

Bekerja di luar negeri tidak hanya memerlukan skill dan kemampuan kerja, namun juga harus memiliki berkas yang lengkap. Bilamana sudah sampai di negara tujuan dan ada dokumen yang hilang, tentu harus segera diurus agar Anda tetap menjadi tenaga kerja asing yang legal. Misalnya Anda mengalami paspor hilang, ada prosedur yang harus Anda lakukan sehingga Anda mendapatkan paspor baru di negara Anda bekerja.

Pada artikel ini Anda akan mengetahui prosedur apa yang harus dilakukan untuk mengurus paspor hilang ketika Anda menjadi TKI di Malaysia. Caranya cukup sederhana, hanya saja Anda harus benar-benar mengikuti setiap langkah yang dijelaskan berikut ini agar bisa mendapatkan paspor sah yang baru.

Baca Juga : 2 Langkah Praktis Bikin Paspor Lewat Aplikasi Antrian Paspor Online

Langkah-Langkah Mengurus Paspor Hilang di Malaysia

asian business man manager checking signing applicant filling documents report papers 4236 1224 - Bagaimana Jika Paspor Hilang Ketika Bekerja di Malaysia?

Beberapa langkah di bawah ini harus Anda lakukan ketika Anda kehilangan paspor di Malaysia. Ingat, langkah berikut adalah langkah yang harus ditempuh jika status Anda sebagai TKI, bukan wisatawan yang tengah melancong ke negeri Jiran ini.

  1. Buat laporan tertulis ke pihak berwajib terdekat. Ketika membuat laporan ini akan dilakukan semacam wawancara untuk mengetahui kronologi kejadian hilangnya paspor Anda.
  2. Datangi kantor perwakilan terdekat, bisa kedutaan besar atau yang lainnya, kemudian minta formulir permohonan paspor. Isi secara lengkap dan benar, dan jangan lupa ditandatangani.
  3. Lengkapi berkas yang diperlukan. Antara lain fotokopi paspor jika ada, atau izin tinggal jika Anda tidak punya salinan paspor. Bawa juga surat keterangan yang tadi dibuat pada poin pertama sebagai dokumen kelengkapan. Berkas lain adalah identitas pemberi kerja (jika Anda bekerja sebagai PLRT atau pekerjaan domestik lain, atau surat rekomendasi dari perusahaan jika Anda bekerja di kantor), bawa juga salinan asuransi dan kontrak kerja sebanyak tiga rangkap, KTP atau Akta Kelahiran atau identitas lain.
  4. Isi Berita Acara Pemeriksaan yang disediakan.
  5. Setelah mendapatkan paspor baru, Anda disarankan untuk segera melaporkan diri ke Kantor Imigresen Malaysia untuk memperbaharui dokumen izin tinggal.

Cukup sederhana bukan? Jangan lupa untuk melengkapi berkas yang diperlukan ketika Anda berangkat agar Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mondar-mandir karena ada berkas yang belum terbawa.

Biaya untuk Mengurus Pembuatan Paspor

businesswoman swiping credit card by credit card reader machine 38335 354 - Bagaimana Jika Paspor Hilang Ketika Bekerja di Malaysia?

Setiap proses yang disebutkan di atas idealnya tidak memerlukan biaya dan gratis. Hanya mungkin biaya yang dikeluarkan adalah untuk transportasi, fotokopi berkas, dan pembuatan paspor baru. Pembuatan paspor baru untuk biaya yang dikenakan akan berdasar pada jumlah halaman dari paspor yang Anda buat.

Untuk paspor dengan 24 halaman, biaya pembuatannya adalah 77 ringgit Malaysia, sedangkan untuk pembuatan paspor 48 halaman akan dikenakan biaya sebesar 187 ringgit Malaysia. Untuk paspor yang rusak, biayanya lebih rendah, yakni 47 ringgit untuk 24 halaman paspor, dan 102 ringgit untuk paspor dengan 48 halaman.

Pentingnya Kelengkapan Berkas TKI

hand with pen application form 1232 4918 - Bagaimana Jika Paspor Hilang Ketika Bekerja di Malaysia?

Selama bekerja di Malaysia, kelengkapan berkas harus selalu menjadi hal yang diutamakan. Pasalnya, tidak sedikit pelanggaran hukum yang diakibatkan oleh berkas TKI yang tidak lengkap. Tidak hanya akan menghadapi ancaman deportasi, TKI dengan berkas yang tidak lengkap akan diancam hukuman pidana serta denda sejumlah uang. Niat untuk bekerja mengumpulkan pundi-pundi rupiah justru berujung pada kesialan.

Hal tersebut tentu tidak perlu terjadi jika sejak awal keberangkatan Anda cermat dan teliti dalam mengurus setiap berkas. Sedikit saran yang mungkin berguna, Anda bisa menyimpan salinan setiap berkas yang menjadi syarat TKI dengan melakukan fotokopi. Simpan salinan ini dengan rapi dan aman, sehingga bilamana diperlukan atau terdapat berkas yang hilang Anda tetap memiliki salinan yang bisa menjadi bukti status sah sebagai TKI.

Idealnya setiap pemberi kerja hanya akan diperbolehkan menyimpan beberapa berkas saja. Secara legal, hal ini sudah tertuang dalam peraturan pemerintah dan perjanjian kedua negara. Soal berkas ini memang terlihat sangat sepele, namun jika terjadi pelanggaran sanksi hukumnya cukup tegas mengancam pelanggarnya. Ada baiknya juga Anda benar-benar mencermati peraturan pemerintah terkait hal ini agar memiliki informasi yang lengkap serta valid.

Menjadi TKI memang harus memperhatikan banyak hal. Persiapan yang matang pada mental dan skill yang diperlukan, berkas-berkas yang lengkap dan tersusun rapi serta sah, hingga persiapan perencanaan keuangan yang baik agar pendapatan yang diperoleh bisa dikelola dengan tepat.

Terkait dengan paspor hilang, memang mungkin terasa rumit jika membaca langkah yang sudah disampaikan di atas. Namun sebenarnya prosesnya sederhana dan bisa diselesaikan dengan cepat selama Anda memiliki berkas yang lengkap. Nah, terkait dengan masa kerja Anda selama di Malaysia, Anda tentu akan mengirimkan sejumlah uang secara reguler bukan? Untuk urusan ini, Anda bisa menggunakan layanan Qelola, yakni layanan remitansi dengan biaya sangat murah dan transfer real-time. Segera unduh aplikasinya di sini, dan nikmati setiap fitur Qelola yang disediakan!

 

 

Tags: , , , , , , , , , , , ,