Kenali Tentang Kebudayaan Malaysia Sebelum Berkunjung ke Sana

kebudayaan malaysia

Malaysia dianggap sebagai salah satu negara yang penting, dan memiliki peranan yang cukup signifikan di kawasan Asia Tenggara. Mengapa demikian? Alasan yang pertama adalah karena karakter kebudayaan Malaysia yang sangat dipengaruhi oleh budaya India dan China. Begitu juga masyarakat lokal Malaysia yang semakin dipengaruhi oleh kebudayaan lainnya mulai dari Eropa, Arab, hingga Persia. Alasan lainnya adalah bahwa fakta multikulturalisme budaya di Malaysia yang tidak bisa dipisahkan dari Kerajaan Inggris. Dimana Kerajaan Inggris tersebut pernah menjajah Malaysia, dan sampai sekarang Malaysia merupakan bagian dari Negara Persemakmuran (British Commonwealth). Nah, sebelum berkunjung ke Malaysia, ada baiknya Anda mengenal kebudayaan Malaysia terlebih dahulu. Di bawah ini telah kami rangkum tentang kebudayaan Malaysia, hingga tips asyik belajar budaya di sana. 

Baca Juga: Intip Harga Tiket MRT di Negara-Negara Asia Tenggara

Mengenal Lebih Dekat Kebudayaan Malaysia 

kebudayaan malaysia 1 - Kenali Tentang Kebudayaan Malaysia Sebelum Berkunjung ke Sana

Secara umum, Malaysia memiliki berbagai budaya asli dan merupakan hasil akulturasi dengan budaya dari bangsa lainnya. Malaysia dengan multikulturalismenya, merupakan rumah besar bagi penyelenggaraan beragam festival kebudayaan yang menyenangkan, perayaan, hingga pesta sepanjang tahun. Ada banyak festival kebudayaan dan festival keagamaan yang biasanya digelar di Malaysia. Baik yang digelar secara nasional, maupun per negara bagian. Misalnya saja, Maulid Nabi Muhammad yang dirayakan secara nasional. Sementara perayaan Deepavali hanya akan digelar di Malaysia Barat saja. Selama pergelaran acara kebudayaan, biasanya akan diikuti oleh berbagai elemen masyarakat Malaysia tanpa terkecuali. Malaysia memang terkenal dengan kekayaan seni dan arsitektur. Meskipun sebenarnya memang tidak sekaya Indonesia. Di Malaysia, ada perguruan yang secara khusus membidangi seni, selain itu juga ada berbagai galeri seni. Malaysia juga memiliki sejumlah keajaiban arsitektur yang kemudian menjadi tempat wisata utama di negeri jjiran ini. Selain itu, Malaysia juga memiliki bentuk kerajinan tangan yang sangat beragam. Mulai dari Batik, Songket, Keris, dan masih banyak lagi.

Selain festival kebudayaan, Industri kreatif Malaysia juga sangat menarik dan cukup menggeliat. Industri perfilman Malaysia, kini dalam setiap tahunnya bahkan telah menghasilkan 15 judul film, dan drama televisi sekitar 300 hingga 400 judul. Malaysia juga memiliki total sekitar 250 bioskop yang akan menyajikan berbagai film lokal maupun  internasional. Dalam hal menghormati insan perfilman Malaysia, dan juga untuk semakin mempromosikan film lokal Malaysia kepada khalayaknya, maka di setiap tahun pemerintah Malaysia akan menggelar Festival Film Nasional Malaysia. Malaysia memang memiliki karakter kebudayaan yang beragam, menarik dan unik. Itulah yang menjadi salah satu daya tarik yang membuat Malaysia terus dibanjiri oleh turis asing setiap tahunnya.

Cara Asyik Belajar Kebudayaan Malaysia

kebudayaan malaysia 2 - Kenali Tentang Kebudayaan Malaysia Sebelum Berkunjung ke Sana

Di Malaysia, ada berbagai kebudayaan yang menarik yang bisa Anda pelajari. Sebagai rekomendasi, berikut ini telah kami rangkum tempat-tempat wisata budaya mana saja yang bisa Anda kunjungi di Malaysia.

  1. Batu Caves, yaitu tempat pemujaan dewa-dewi Hindu di Selangor, Malaysia. Wisata budaya ini merupakan tempat berdirinya patung Dewa Murugan setinggi 43 meter yang indah dan sangat eksotis. Di sana terdapat gua-gua besar dan kecil yang bisa Anda masuki demi mengenal budaya agama Hindu. Selain itu, daya tarik tempat wisata ini juga terletak di puncak bukit kapur, dimana ada kuil utama yang menampilkan pemandangan kota dari ketinggian. Untuk sampai ke puncak, Anda harus menaiki 272 anak tangga yang berwarna-warni.
  2. Selain souvenir dan kuliner, Chinatown juga menjanjikan cerita-cerita bersejarah yang bisa Anda temui dari bangunan-bangunan kuno yang ada di sana. Suasana tradisional juga sangat kental, didukung oleh lampion-lampion yang semakin marak saat malam.
  3. Berkunjung ke Gedung Sultan Abdul Samad, yang berada di Dataran Merdeka. Gedung bergaya Moorish ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena bangunannya yang sangat mewah dengan kubah-kubah berlapis tembaga. Selain itu, ada juga menara jam yang membuat gedung ini disebut sebagai Big Ben-nya Malaysia.
  4. Merasakan nuansa India di Kuil Hindu Sri Mahamariamman. Kuil ini termasuk kuil tertua yang dibangun pada tahun 1873. Mulanya, kuil ini adalah milik pribadi, sebelum pada akhirnya dibuka sebagai tempat wisata pada tahun 1920. Yang paling menarik dari kuil ini adalah gapura setinggi 7 meter yang berada di pintu masuk, yang menyerupai patung dewa-dewi yang berwarna-warni.

Liburan Sambil Belajar Kebudayaan, Kenapa Tidak?

kebudayaan malaysia 3 - Kenali Tentang Kebudayaan Malaysia Sebelum Berkunjung ke Sana

Kebudayaan itu memang harus dilestarikan. Sambil berlibur, cobalah untuk melakukan hal-hal kecil untuk menghormati kebudayaan Malaysia atau budaya setempat. Anda bisa memulainya dengan tidak membuang sampah sembarangan, dan mentaati peraturan yang ada.

Berlibur ke Malaysia, tidak lengkap rasanya jika Anda tidak mengabadikan setiap momen liburan Anda. Pastikan Anda membawa smartphone dan kamera dengan baterai penuh. Selain baterai, pastikan pula smartphone Anda terhubung dengan jaringan internet supaya Anda bisa membagikan setiap momen liburan Anda ke sosial media. Untuk kemudahan membeli paket data internet hingga voucher game, Anda kini tidak perlu repot. Karena selama berada di Malaysia, Anda bisa download aplikasi Qelola secara gratis. Pada aplikasi Qelola tersebut, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi online kapan saja. Cek fitur-fitur Qelola di sini!

Tags: , , , , ,