Mencari Kerja di Luar Negeri : Tertarik Bekerja di Luar Negeri? Berikut Ini Tipsnya!

5e5215dfd3f50 1 - Mencari Kerja di Luar Negeri : Tertarik Bekerja di Luar Negeri? Berikut Ini Tipsnya!

Saat ini bekerja di luar negeri merupakan hal yang tidak sulit dilakukan. Kemudahan teknologi yang sudah tersedia di masa sekarang membuat kita mudah untuk mencari informasi-informasi yang dibutuhkan termasuk lowongan kerja dalam atau luar negeri. Biasanya, orang yang tertarik mencari kerja di luar negeri karena ingin mendapatkan pengalaman, gaji yang lebih tinggi atau ingin menemukan challenge yang baru. Anda salah satunya? Jika ya, Anda perlu mengetahui beberapa tips berikut untuk bekerja di luar negeri.

 

  • Ketahui tentang negara tujuan

Sebagai hal yang dasar, perlu untuk mengenal dan mengetahui tentang negara yang akan menjadi tujuan Anda bekerja nanti. Carilah informasi mengenai budaya, biaya hidup, keamanan, fasilitas serta kondisi negara tersebut. Setelah itu, Anda bisa mencari persyaratan apa saja yang perlu dilengkapi jika ingin bekerja disana. 

 

  • Tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris

Sudah menjadi informasi yang umum bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional. Sesuaikan juga dengan bidang pekerjaan yang Anda minati, jika di bidang teknologi maka perlu menguasai bahasa Inggris. Apabila mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara aktif, Anda akan memiliki nilai tambah saat melamar pekerjaan di luar negeri. Kemampuan ini juga berguna untuk meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi serta bisa menjadi kunci karir yang lebih baik.

 

  • Memiliki kemampuan atau skill yang mumpuni

Setiap perusahaan ingin memiliki karyawan yang dapat menguasai skill atau kemampuan dalam bidang pekerjaannya masing-masing. Ada dua jenis skill yang perlu kamu ketahui yaitu soft skill dan hard skill. Soft skill adalah kemampuan atau kecerdasan secara emosional yang meliputi kemampuan dalam berkomunikasi, sosial, serta sikap atau kepribadian. Sedangkan hard skill adalah kemampuan atau kecerdasan yang bersifat teknis atau akademis dalam bidang pekerjaan yang ditekuni. Kedua skill ini perlu untuk dikembangkan untuk mendukung kemajuan serta kesuksesan dalam berkarir.

 

  • Persiapkan mental, fisik dan etika yang baik

Anda harus mempersiapkan mental serta fisik untuk masuk ke dalam lingkungan kerja. Penting untuk selalu berpikir positif dan siap menerima kritik agar memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik kedepannya. Mengetahui kelemahan diri sendiri juga perlu untuk bisa diperbaiki agar kepercayaan diri meningkat. Jika mampu dalam mengontrol emosi dan menjadi pendengar yang baik, Anda akan diapresiasi serta dihargai oleh karyawan lain.

 

  • Cari informasi lowongan kerja dari sumber terpercaya

Saat ini sumber untuk mencari pekerjaan di luar negeri sangat mudah dan beragam. Namun, pastikan sumber informasi tersebut berasal dari platform resmi dan terjamin kebenarannya. Biasanya terdapat oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Diawali dengan menawarkan gaji yang sangat tinggi dengan persyaratan administrasi yang mudah. Jadi, Anda harus bijak, aktif bertanya serta mau menggali informasi berdasarkan testimoni orang-orang sebelumnya yang mencari pekerjaan dari platform tertentu atau penyedia jasa lowongan kerja. 

 

Nah, sudah ada gambaran kan hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan jika kamu ingin bekerja di luar negeri. Pengalaman bekerja di luar negeri bisa dimanfaatkan untuk menjadi modal ketika ingin kembali ke Indonesia entah itu dalam hal bisnis maupun sharing ilmu yang didapatkan. Semakin tertarik kan? tapi kamu masih bingung kira-kira negara mana yang menjadi tujuan kamu bekerja? Negara Malaysia bisa menjadi salah satu referensi kamu. Budaya negara Malaysia yang tidak jauh dengan Indonesia akan memudahkanmu beradaptasi. Selain itu, kamu bisa kirim uang dari Malaysia ke Indonesia secara praktis pakai aplikasi Qelola. Qelola akan membantu kamu transfer uang atau membayar tagihan kamu di tanah air. So, segera download aplikasi Qelola dan coba pakai sekarang!