Tips dan Trik Membuat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

lamaran kerja

Anda sedang mencari pekerjaan? Tentu saja yang perlu Anda persiapkan ketika ingin melamar kerja adalah surat lamaran kerja. Surat lamaran kerja ini merupakan salah satu poin penting yang menentukan apakah Anda akan diterima kerja atau tidak. Di dalam surat tersebut Anda tentu harus mempromosikan diri Anda secara benar, sehingga dapat menjadi nilai tambah Anda agar diterima kerja. Surat lamaran kerja harus Anda tulis dengan baik agar kemungkinan diterima di tempat kerja yang Anda inginkan semakin besar. Intip tips dan trik panduan membuat surat lamaran kerja yang efektif di bawah ini.

Baca Juga: Tips Cerdas Mendapatkan dan Menggunakan Surat Referensi Kerja

Tips Menyiapkan Surat Lamaran Kerja

lamaran kerja 1 - Tips dan Trik Membuat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menulis surat lamaran kerja yang efektif agar peluang Anda diterima semakin besar.

  • Pertama, baca dengan baik persyaratan yang dibutuhkan dalam lowongan pekerjaan yang Anda tuju. Hal ini dibutuhkan agar isi surat lamaran kerja yang akan Anda tulis tidak keluar dari konteks.
  • Kemudian, tulislah surat lamaran kerja dengan menggunakan bahasa baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. Sebaiknya Anda menggunakan kata-kata yang mudah dipahami, singkat, padat, jelas, sopan, dan menarik.
  • Pastikan bahwa tujuan surat lamaran kerja Anda jelas. Nama yang dituju harus Anda pastikan benar ejaan nama, gelar, hingga jabatannya. Begitu pula dengan alamat perusahaan harus Anda tulis secara lengkap dan benar.
  • Setelah Anda selesai menulis surat lamaran kerja, Anda perlu membacanya sekali lagi. Pastikan tidak ada kesalahan ketik, sudah menggunakan tata bahasa yang baik dan benar, serta tidak ada kata yang sering diulang-ulang.
  • Baik surat lamaran kerja yang ditulis tangan maupun diketik, pastikan kertas yang Anda gunakan adalah kertas yang bersih. Artinya, kertas tersebut tidak ada kotoran, bekas terlipat, bekas dihapus, atau kotoran apapun.
  • Jika Anda menulis surat lamaran kerja dengan tulisan tangan, maka pastikan tulisan Anda dapat terbaca dengan jelas. Hindari untuk menggunakan tulisan tegak bersambung. Tips: alasi tangan Anda menggunakan tisu ketika menulis agar kertas tidak kotor dan tetap rapi.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja

lamaran kerja 2 - Tips dan Trik Membuat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

Setelah Anda mengetahui tips-tips menulis surat lamaran kerja seperti yang telah disebutkan di atas, maka selanjutnya Anda perlu menyimak cara menulis surat lamaran kerja di bawah ini. Pada umumnya, cara menulis surat lamaran kerja untuk ditujukan ke mana saja isinya sama. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  • Tempat dan tanggal penulisan surat.
  • Nama dan alamat tujuan. Tulislah nama orang beserta gelar dan jabatannya. Atau perusahaan yang Anda tuju beserta alamat lengkapnya.
  • Salam hormat.
  • Kata pengantar atau pembukaan. Dalam kata pengantar atau pembukaan, Anda wajib mencantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja. Misalnya dari surat kabar, internet, dan lain sebagainya. Sebutkan pula posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut dibuka banyak formasi jabatan.
  • Biodata pribadi, yaitu berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, e-mail, serta latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
  • Pengalaman kerja dan kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan oleh perusahaan tujuan Anda.
  • Penutup. Dalam penutup ini, Anda dapat menuliskan bahwa Anda mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.
  • Lampiran surat lamaran kerja berupa pas foto terbaru, fotokopi KTP, daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, fotokopi sertifikat pendukung, dan lainnya.
  • Akhiri dengan tanda tangan dan nama lengkap Anda.

Mencari Lowongan Kerja di Luar Negeri

lamaran kerja 3 - Tips dan Trik Membuat Lamaran Kerja yang Efektif Agar Mudah Diterima

Godaan untuk pergi bekerja ke luar negeri memang menjadi salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Gaji yang besar bisa menjadi salah satu faktor utama mengapa banyak WNI yang berlomba-lomba untuk mendapatkan pekerjaan di luar negeri. Jika Anda adalah salah satu di antaranya, mungkin timbul pertanyaan di benak Anda. Bagaimana sih tips untuk mencari lowongan kerja di luar negeri?

  • Lakukan riset terlebih dahulu sebelum melamar suatu pekerjaan di luar negeri. Karena ada banyak sekali scam link yang berujung penipuan dan dapat merugikan diri Anda.
  • Tingkatkan antusiasme Anda untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya tentang pekerjaan di luar negeri.
  • Memanfaatkan akun media sosial seperti LinkedIn.
  • Letakkan ekspektasi Anda serendah mungkin. Bukan berarti Anda tidak boleh mengharapkan gaji yang menggiurkan dan posisi yang menarik. Namun sebaiknya, carilah lowongan pekerjaan yang sekiranya bisa Anda kerjakan terlebih dahulu. Sembari Anda menyesuaikan diri di negara dan budaya yang baru. Jika setelah beberapa bulan Anda sudah bisa beradaptasi dan merasa mampu untuk naik ke jenjang yang lebih tinggi, maka barulah Anda mencari pekerjaan yang lain.

Itulah tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk membuat surat lamaran kerja yang mudah. Dan tentu saja mempunyai peluang besar agar dapat diterima pada perusahaan yang Anda inginkan. Bagi Anda yang ingin kerja di luar negeri, pastikan Anda mendapatkan informasi lowongan kerja yang valid. Atau jika menggunakan agen penyalur tenaga kerja, pilihlah agen yang terpercaya.

Kabar baiknya, menjadi pekerja migran di Malaysia kini lebih mudah jika hendak kirim uang ke tanah air lho. Dengan layanan Qelola, para pekerja migran di Malaysia tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar untuk sekali transaksi. Selain untuk kirim uang ke luar negeri, Qelola juga memungkinkan Anda untuk melunasi segala macam tagihan di tanah air. Seperti tagihan listrik, PDAM, TV kabel, BPJS, dan masih banyak lagi. Qelola bisa Anda dapatkan secara gratis di Google Play.

Tags: , , , , , , , ,