Penting! Paklaring: Dokumen Sakti Para Pekerja untuk Klaim JHT BPJS

paklaring

Paklaring atau surat pengalaman kerja, bagi sebagian orang mungkin dianggap tidak penting. Anggapan tersebut ternyata salah besar karena paklaring justru memiliki segudang manfaat yang mungkin tidak Anda sangka sebelumnya. Bagi orang awam, istilah paklaring ini sering disebut juga dengan surat referensi kerja atau surat keterangan kerja. Tapi perlu Anda ingat, paklaring hanya akan diberikan kepada Anda yang mengundurkan diri atau keluar dari perusahaan secara baik-baik. Untuk Anda yang baru saja masuk ke dunia kerja, jangan anggap remeh dokumen sakti ini atau penyesalan akan menghantui di kemudian hari.

Yuk Kenalan dengan Paklaring!

Paklaring adalah dokumen penting yang berisikan keterangan bahwa seseorang pernah bekerja di suatu perusahaan dengan posisi, jabatan, dan berapa lama Anda melakukannya. Di dalamnya akan dijelaskan secara detail posisi yang Anda tempati dan lamanya waktu yang Anda habiskan di perusahaan tersebut. Bagi Anda yang menorehkan prestasi di perusahaan tersebut, tentunya hal itu juga akan dilampirkan di dalamnya. Pengajuan permintaan paklaring ini biasanya akan dilakukan di akhir masa kerja Anda. Untuk bisa mendapatkannya, ternyata ada beberapa syarat yang harus dipenuhi lho! 

Pertama, perusahaan akan secara sukarela mengeluarkan paklaring jika Anda keluar dari perusahaan secara baik-baik. Jadi pastikan Anda tidak melakukan perbuatan yang merugikan perusahaan, karena jika dipecat secara tidak hormat akan sulit bagi perusahaan untuk menerbitkan paklaring. Bagi Anda yang baru bekerja dalam hitungan bulan, bersiap-siaplah untuk tidak bisa mengajukan surat paklaring. Mengingat paklaring hanya bisa dikeluarkan oleh perusahaan kepada karyawan mereka yang telah mengabdi minimal satu tahun lamanya. Terakhir, surat referensi kerja bisa Anda terima jika Anda terlebih dahulu menyelesaikan segala kewajiban dan tugas yang diberikan perusahaan sebelum hengkang.

Kenapa Paklaring Dianggap Dokumen Sakti?

Penting bagi Anda untuk menaruh perhatian pada surat keterangan kerja ini. Seringnya, orang yang belum lama terjun ke dunia kerja tidak menyadari bahwa surat paklaring ini punya banyak manfaat di kemudian hari. Lalu apa saja sebenarnya manfaat paklaring bagi karyawan suatu perusahaan? Rangkumannya bisa Anda ketahui lewat artikel berikut ini.

  • Sebagai Nilai Plus Saat Melamar di Perusahaan Lain

paklaring 2 - Penting! Paklaring: Dokumen Sakti Para Pekerja untuk Klaim JHT BPJS

Deskripsi pengalaman kerja yang Anda tulis di dalam CV saat melamar kerja kadang disangsikan oleh pewawancara. Apalagi jika Anda menempati posisi yang cukup tinggi pada perusahaan sebelumnya. Oleh sebab itu, dianjurkan bagi Anda yang pernah mengisi jabatan sekelas supervisor, manager, dan di atasnya untuk melampirkan paklaring saat melamar kerja. Walaupun tidak semua perusahaan mensyaratkan lampiran surat pengalaman kerja tersebut, namun tidak ada salahnya untuk menyertakannya.

  • Syarat Pengajuan Beasiswa Jalur Profesional

paklaring 3 - Penting! Paklaring: Dokumen Sakti Para Pekerja untuk Klaim JHT BPJS

Bagi Anda karyawan suatu perusahaan yang akan melanjutkan studi S2 atau S3 lewat jalur beasiswa, wajib hukumnya untuk mengantongi paklaring. Kenapa demikian? Ternyata, surat referensi kerja jadi salah satu syarat untuk Anda bisa mengajukan beasiswa jalur profesional lho! Pihak pemberi beasiswa ini bisa berasal dari pemerintah atau pihak swasta. Tak cukup hanya paklaring saja, biasanya surat rekomendasi dari atasan juga akan diminta sebagai dokumen pelengkap.

  • Dokumen Pendukung Pencairan Pinjaman Bank dan Kartu Kredit

paklaring 4 - Penting! Paklaring: Dokumen Sakti Para Pekerja untuk Klaim JHT BPJS

Mungkin tak banyak yang tahu kalau paklaring juga jadi syarat yang harus dilampirkan saat pengajuan pinjaman bank. Selain pinjaman, dokumen tersebut juga bisa dijadikan referensi dalam persetujuan permintaan kartu kredit. Surat yang menjelaskan pengalaman kerja Anda tersebut akan jadi bukti bahwa Anda adalah karyawan dalam suatu perusahaan yang punya gaji tetap. Dengan kata lain, surat ini juga merupakan jaminan bahwa Anda nantinya sanggup membayar tagihan dari kartu kredit atau pinjaman yang dicairkan. Paklaring ini sifatnya hanya sebagai lampiran pendukung saja karena slip gaji biasanya yang lebih berpengaruh akan lolos tidaknya pengajuan Anda nanti. 

  • Klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan

bpjs 2 n - Penting! Paklaring: Dokumen Sakti Para Pekerja untuk Klaim JHT BPJS

Sumber: www.manajemen-pembiayaankesehatan.net

Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan dapat dicairkan jika Anda memiliki surat referensi kerja yang sudah terlegalisir. Apalagi, sekarang ada peraturan baru yang menyebutkan JHT ini bisa diklaim 100% tanpa harus menunggu jangka waktu 10 tahun dahulu. Aturan ini tertuang dalam Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2015 yang berlaku sejak 1 September 2015. Saat Anda melakukan proses pencairan JHT tersebut jangan lupa difotokopi terlebih dulu dengan tetap membawa dokumen aslinya ya!

Tak disangka ya, ternyata paklaring punya segudang manfaat yang sangat menguntungkan bagi Anda. Jadi, bagi Anda karyawan di suatu perusahaan sebaiknya mulai sekarang berhenti menyepelekan dokumen penting yang satu ini. Ada lagi satu hal penting yang harus Anda perhatikan terutama para pekerja imigran yang ada di Malaysia. Saat berada di negeri Jiran mungkin Anda sedikit repot jika harus melakukan transfer uang via bank atau agen pengiriman uang untuk diberikan ke keluarga di Indonesia. 

Untuk menjawab masalah tersebut kini hadir Qelola, sebuah aplikasi mobile yang dirancang khusus untuk TKI di Malaysia yang ingin berkirim uang ke tanah air. Uang yang Anda kirim pun langsung masuk ke rekening tujuan di hari itu juga dalam sekejap saja. Tidak perlu ragu melakukan transaksi keuangan dengan aplikasi ini, karena dijamin aman dan terpercaya. Selain kirim uang, Qelola juga mendukung Anda untuk bisa membayar berbagai tagihan di Indonesia lho! Mulai dari tagihan listrik, air, TV Kabel bahkan BPJS Kesehatan dapat Anda lunasi langsung dari Malaysia. Caranya bagaimana? Cukup dengan mengunduh aplikasi Qelola di ponsel pribadi, kini Anda bisa kirim-kirim uang dan bayar-bayar tagihanmu di mana saja dan kapan saja. Lebih lanjut tentang aplikasi ini, Anda bisa mampir ke website resmi Qelola disini!

Tags: , , ,