4 Alasan Pakai Aplikasi Remitansi Qelola untuk Kirim Uang ke Indonesia

remittance

Bagi Anda yang pernah tinggal, kuliah, atau bekerja di luar negeri tentunya sangat familiar dengan remittance atau remitansi. Remitansi adalah proses pengiriman atau transfer uang dalam bentuk valuta asing dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya. Transaksi remittance ini biasanya dilakukan oleh orang tua yang ingin mengirimkan uang untuk anaknya yang menuntut ilmu di luar negeri. Selain itu, remitansi juga dimanfaatkan oleh TKI yang rutin mengirimkan sebagian gajinya ke keluarga di tanah air tiap bulan.

Di Indonesia sendiri, Pekerja Migran Indonesia/TKI adalah komunitas yang paling banyak menyumbangkan transaksi remittance. Menurut data yang diterima oleh Bank Indonesia, kiriman devisa yang berasal dari Tenaga Kerja Indonesia di luar negeri mencapai US$10,971 miliar di tahun 2018. Jika dirupiahkan, nominal tersebut setara dengan 153,6 miliar rupiah. Hal inilah yang membuat para TKI di mancanegara mendapat julukan pahlawan devisa oleh pemerintah. 

Apa Saja Manfaat Remitansi?

woman hand touching confirm button smartphone screen transferring money online 8087 2869 - 4 Alasan Pakai Aplikasi Remitansi Qelola untuk Kirim Uang ke Indonesia

Layanan remitansi sangat terasa manfaatnya bagi orang-orang yang sering melakukan transfer dana ke luar negeri. Tak hanya itu saja, secara tidak langsung pemerintah dan pelaku bisnis skala internasional pun juga kecipratan untung. Berikut ini adalah manfaat yang diberikan sektor remitansi.

Mendongkrak Perekonomian Suatu Negara

Nilai mata uang di negara-negara tempat TKI bekerja pastinya sangat besar jika ditukar dalam pecahan rupiah. Banyaknya WNI yang bekerja di luar negeri membuat aliran dana dari luar negeri ke Indonesia semakin meningkat. 

Tiap bulannya, para TKI pasti selalu melakukan transfer uang ke Indonesia agar bisa digunakan oleh keluarga dan sanak saudara untuk memenuhi berbagai keperluan. Hal ini tentu saja berdampak positif pada pendapatan negara. Semakin banyak kiriman uang yang diterima dari luar negeri, maka pertumbuhan ekonomi di tanah air pun juga ikut meningkat.

Meningkatkan Taraf Hidup Keluarga

Motivasi utama masyarakat Indonesia yang mengadu nasib di luar negeri pasti ingin meningkatkan perekonomian dan taraf hidup keluarga. Iming-iming gaji yang berlimpah jadi semangat tersendiri bagi TKI di luar negeri untuk bisa mengubah nasib menjadi lebih baik. 

Layanan remitansi adalah jawaban untuk memudahkan para Pekerja Migran Indonesia agar bisa menyalurkan upah yang diterima langsung ke keluarga tercinta. Bahkan proses remittance sekarang bisa dilakukan secara real time tanpa harus menunggu berhari-hari.

Membuka Lebar Peluang Bisnis ke Kancah Internasional

Bagi pelaku bisnis, layanan remitansi adalah tambang emas dalam memajukan usaha yang telah dirintis. Berkat adanya remittance, siapapun punya kesempatan untuk melebarkan usahanya hingga ke skala internasional. Apalagi dengan adanya internet, berbagai promosi, transaksi jual beli, dan pembayaran bisa Anda lakukan meskipun jarak penjual dan pembeli berada di zona waktu atau benua yang berbeda. 

Baca Juga: Cara Mengirim Uang dari Luar Negeri ke Indonesia untuk TKI

Lakukan Transaksi Remitansi di Aplikasi Online

mobile banking network business man use mobile application banking 9949 42.jpg?size=626&ext=jpg&ga=GA1.2.1202749483 - 4 Alasan Pakai Aplikasi Remitansi Qelola untuk Kirim Uang ke Indonesia

Layanan remitansi sebenarnya bukanlah hal baru, hanya saja prosesnya dulu dilakukan dengan cara konvensional. Orang-orang pada zaman dahulu melakukan transaksi remittance melalui bank, jasa pengiriman uang, dan kantor pos. Namun seiring dengan kemajuan zaman, pilihan tersebut mulai ditinggalkan dengan penggunaan aplikasi online. Kenapa bisa demikian? Berikut adalah berbagai macam alasan kenapa aplikasi remittance kini lebih banyak dilirik oleh masyarakat.

Proses yang Mudah dan Praktis

Teknologi dan internet membuat segala sesuatu kini terasa mudah dan praktis termasuk dalam sektor remitansi. Layanan transfer uang ke luar negeri kini bisa Anda lakukan lewat aplikasi online yang bisa diunduh di ponsel pintar. Pastikan untuk memilih layanan remittance yang aman dan terpercaya agar proses pengiriman uang Anda berjalan dengan lancar.

Cepat Sampai ke Tujuan

Melakukan transfer uang dari luar negeri ke Indonesia via bank, jasa pengiriman uang, dan pos biasanya membutuhkan waktu beberapa hari. Hal ini tentu berbeda jika Anda memanfaatkan layanan aplikasi remittance. Hanya dalam hitungan menit, uang yang Anda kirim langsung sampai ke tanah air dan bisa segera dinikmati keluarga tercinta.

Biaya Transaksi Lebih Ekonomis

Salah satu hal yang membuat orang malas mengirim uang dari luar negeri ke Indonesia via bank adalah biaya administrasinya yang mahal. Nah, aplikasi remitansi kini jadi solusi tersendiri bagi Anda agar bisa menghemat biaya transaksi saat ingin melakukan transfer dana. Kirim uang ke Indonesia kini tidak perlu cemas dan was-was karena biaya transaksinya lebih murah jika melakukannya lewat aplikasi remitansi online.

Sistem Keamanan yang Terjamin

Walaupun melakukan transaksi keuangan secara online membuka peluang kejahatan scamming, namun Anda tidak perlu cemas. Aplikasi remittance yang terdaftar di Bank Indonesia tentunya sudah mengadaptasi sistem keamanan yang ketat dan canggih. Nah, salah satu aplikasi remitansi yang bisa Anda andalkan adalah aplikasi Qelola.

Aplikasi Qelola adalah aplikasi remitansi yang bisa dipergunakan bagi TKI atau WNI yang ada di Malaysia. Kini Anda bisa mengirimkan uang ke keluarga di tanah air dengan mudah, cepat, dan aman lewat aplikasi online yang satu ini. Cukup unduh aplikasinya melalui Playstore, lakukan pendaftaran dan top up saldo, layanan remitansi langsung bisa Anda lakukan. Pelajari lebih jauh tentang aplikasi Qelola dengan mengunjungi website resminya di sini.

Tags: , , ,