Lupa Email dan Password Saat Login BPJS Ketenagakerjaan? Begini Solusinya

login bpjs ketenagakerjaan

Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, adakalanya Anda lupa e-mail utama atau password akun BPJSTKU Anda. Padahal e-mail dan password tersebut biasa digunakan untuk mengakses atau login BPJS Ketenagakerjaan. Ada beberapa kendala yang akan dialami jika Anda lupa e-mail dan password BPJS, yang pertama adalah Anda tidak bisa login BPJS Ketenagakerjaan. Selain itu, Anda juga tidak bisa cek saldo JHT dari secara online, tidak bisa mengajukan pencairan dana JHT melalui layanan e-Klaim JHT. Serta Anda pun tidak bisa mencari kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, dan informasi lainnya. Namun Anda tidak perlu cemas yang berlebihan, karena sebenarnya ada yang bisa Anda lakukan. Simak solusinya di bawah ini.

Baca Juga: Kerja di Luar Negeri Tapi Kartu BPJS Hilang? Jangan Panik

Lupa Password Akun BPJSTKU

login bpjs ketenagakerjaan 2 - Lupa Email dan Password Saat Login BPJS Ketenagakerjaan? Begini Solusinya

Apakah Anda pernah lupa password akun BPJSTKU? Namun Anda masih ingat e-mail utama yang Anda gunakan, tetapi ternyata Anda juga lupa password e-mail tersebut. Jika Anda sedang mengalami kasus semacam ini, maka Anda akan mendapatkan kendala pada tahap pemulihan akun BPJSTKU, karena tanpa bisa membuka e-mail utama yang Anda miliki disebabkan lupa password e-mailnya, Anda juga tidak akan bisa mengakses kode yang dikirimkan untuk proses verifikasi pemulihan akun. Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

Untuk kasus seperti ini, salah satu solusi yang paling tepat adalah dengan terlebih dahulu memperbarui kata sandi untuk membuka e-mail utama. Caranya, Anda bisa menggunakan nomor telepon atau alamat e-mail lain yang telah dikoneksikan dengan e-mail utama dari akun BPJSTKU Anda. Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui nomor telepon atau e-mail lain yang telah dikoneksikan dengan e-mail utama.

Setelah tahap verifikasi kepemilikan e-mail utama selesai, maka Anda akan diarahkan langsung pada halaman pengaturan merubah password baru untuk e-mail utama. Jika tahap membuat password baru telah selesai dan sudah bisa pula untuk membuka serta mengakses dari e-mail utama, maka langkah selanjutnya adalah Anda bisa membuka pesan masuk yang berisi kode verifikasi pemulihan akun BPJSTKU. Selanjutnya, Anda bisa langsung merubah password yang baru untuk bisa login BPJS Ketenagakerjaan. Hanya saja yang masih menjadi kendala adalah apabila e-mail utama dari akun BPJSTKU Anda tidak ditautkan pada nomor telepon atau e-mail lain. Sehingga tidak ada sarana lain untuk mengkonfirmasi bahwa e-mail utama tersebut adalah benar-benar milik Anda.

Lupa Email dan Password Akun BPJSTKU

login bpjs ketenagakerjaan 1 - Lupa Email dan Password Saat Login BPJS Ketenagakerjaan? Begini Solusinya

Lain halnya jika Anda lupa password yang digunakan untuk mengakses akun Aplikasi BPJSTKU, dan juga lupa apa nama e-mail yang dulu pernah digunakan untuk mendaftar akun BPJSTKU. Misalnya suatu ketika Anda ingat password yang digunakan untuk mengakses akun BPJSTKU, tapi di sisi lain Anda masih masih lupa e-mail utama yang digunakan, maka percuma saja karena e-mail adalah yang lebih utama. Bisa dikatakan bahwa masalah lupa e-mail utama termasuk masalah pada tingkat yang fatal. Hal tersebut bisa menandakan Anda secara tidak langsung sudah kehilangan akun.

Lalu misalkan Anda berinisiatif untuk membuat akun baru dengan cara menggunakan e-mail lain yang dimiliki apakah membantu? Sayangnya hal tersebut tidak bisa dilakukan. Karena data-data kepesertaan seperti nomor BPJS Ketenagakerjaan, dan data kependudukan seperti NIK yang sudah terdaftar pada e-mail yang sebelumnya. Namun sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, Anda dapat mengambil langkah dengan cara menghapus akun BPJSTKU. Setelah proses penghapusan akun telah selesai dengan sempurna, Anda baru bisa membuat akun yang baru. Yaitu dengan cara memasukkan data-data kepesertaan dan kependudukan yang Anda miliki.

Untuk menghapus akun, Anda harus melakukan panggilan ke nomor pusat BPJS Ketenagakerjaan yaitu 175 atau 15000910. Sampaikan pokok permasalahan yang Anda alami, seperti kehilangan jejak e-mail yang digunakan untuk login BPJS Ketenagakerjaan, serta ingin melakukan pengaturan ulang dengan cara menghapus akun BPJSTKU. Biasanya untuk membantu keluhan setiap peserta, dari pihak BPJS Ketenagakerjaan akan meminta Anda untuk memberitahukan data-data informasi pribadi seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor ID e-KTP, serta nomor referensi unik yang menjadi tanda bukti kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Apabila status kepesertaan Anda sudah bisa terlacak, maka pihak BPJS Ketenagakerjaan baru akan melakukan tahap reset dengan menghapus akun BPJSTKU lama Anda.

Pentingnya Menyimpan E-mail dan Password Akun BPJSTKU

login bpjs ketenagakerjaan 3 - Lupa Email dan Password Saat Login BPJS Ketenagakerjaan? Begini Solusinya

Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, sebaiknya Anda menjaga dengan baik e-mail sekaligus password yang telah Anda gunakan untuk registrasi akun Aplikasi BPJSTKU. Bisa dengan cara disalin pada buku catatan pribadi, atau menggunakan cara yang lainnya. Hal ini penting, agar Anda tidak kerepotan saat lupa e-mail dan password karena Anda masih bisa membuka catatan.

Agar status kepesertaan BPJS terus aktif, pastikan Anda tidak pernah terlambat untuk bayar tagihan. Pembayaran tagihan BPJS sekarang semakin mudah, karena bisa dilakukan secara online kapan dan dari mana saja. Termasuk jika Anda sedang berada di Malaysia sebagai pekerja migran. Anda tetap bisa membayarkan tagihan BPJS seluruh anggota keluarga di tanah air melalui aplikasi Qelola. Selain BPJS, berbagai macam tagihan lainnya juga bisa Anda bayarkan hanya dengan satu aplikasi saja. Mulai dari tagihan PDAM, PLN, dan lain sebagainya. Coba download aplikasi Qelola di ponsel Anda, dan lakukan pendaftaran akun secara gratis. Segera nikmati pengalaman bertransaksi dengan praktis dan murah pakai Qelola!

Tags: , , ,