Intip Layanan Terbaru untuk TKI dari Kedutaan Indonesia di Malaysia

kedutaan indonesia di malaysia

Kedutaan Indonesia di Malaysia merupakan lembaga yang menjadi kepanjangan tangan negara untuk membina hubungan baik Indonesia serta menjaga keamanan WNI di Malaysia. Lembaga ini dipimpin oleh seorang Duta Besar yang menurut Pasal 13 ayat 1 UUD 1945 diangkat oleh Presiden. Secara umum, tugas dan fungsinya adalah untuk memberikan pelayanan dan perlindungan terhadap Warga Negara Indonesia, termasuk TKI yang berada di Malaysia. Kedutaan ini terletak di Jalan Tun Razak, No. 233, Kuala Lumpur, Malaysia.

Lembaga ini beroperasi dan menerima layanan di tempat dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore berdasarkan waktu Malaysia.  Di era globalisasi saat ini, tak hanya melalui layanan di tempat (offline), Kedutaan Indonesia juga melayani keperluan TKI secara online melalui layanan yang memiliki nama PEDULI WNI. Apa saja bentuk layanan yang diberikan oleh Kedutaan Indonesia untuk TKI? Simak rangkumannya berikut ini.

Layanan PEDULI WNI dari Kedutaan Indonesia di Malaysia

Portal Pelayanan dan Pelindungan WNI di Luar Negeri (PEDULI WNI) merupakan sistem yang diberikan oleh Kedutaan Indonesia. Tujuannya untuk memfasilitasi pendataan WNI di luar negeri melalui fitur lapor diri, serta memudahkan WNI untuk mengajukan layanan. Baik secara online, maupun booking online untuk datang langsung ke perwakilan. Portal ini juga memudahkan WNI untuk mengajukan pengaduan secara mandiri, langsung melalui aplikasi.

Layanan PEDULI WNI dari Kedutaan Indonesia merupakan bentuk optimalisasi pelayanan dan perlindungan kepada WNI dan TKI di Malaysia. Dengan adanya layanan ini, Kedutaan Indonesia mengharapkan keseluruhan WNI di Malaysia akan terdata secara detail, sehingga dapat memaksimalkan pelayanan dan perlindungan dari Perwakilan Indonesia di luar negeri.

rsz indonesian embassy kl 1 - Intip Layanan Terbaru untuk TKI dari Kedutaan Indonesia di Malaysia

Sumber: www.wikipedia.id

Fasilitas Layanan

Baik melalui pelayanan secara offline maupun online melalui layanan PEDULI WNI, Kedutaan Indonesia di Malaysia umumnya memberikan fasilitas layanan sebagai berikut:

1. Lapor Diri

Dengan melakukan lapor diri, pihak Kedutaan Indonesia akan lebih optimal dalam memberikan pelayanan dan pelindungan kepada TKI di luar negeri. Bagi TKI yang pindah dan menetap di Malaysia, diwajibkan untuk lapor diri saat kedatangan, perpindahan, dan kepulangan.

2. Pelayanan

Pelayanan prima bagi WNI maupun TKI melalui pengajuan untuk layanan administratif. TKI bisa datang langsung ke tempat Kedutaan Indonesia di Malaysia dengan membawa syarat-syarat dokumen yang diperlukan atau melalui layanan PEDULI WNI. Layanan PEDULI WNI dari Kedutaan Indonesia di Malaysia memiliki kelebihan untuk tracking status keperluan administratif secara mudah.

3. Pengaduan

Pengajuan pengaduan kasus untuk perlindungan hukum maupun pengaduan terhadap pelayanan yang diberikan dapat dilakukan dengan mudah, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui portal PEDULI WNI.

Bentuk Layanan Kedutaan Indonesia

Pelayanan yang diberikan oleh Kedutaan Indonesia untuk TKI adalah sebagai berikut:

1. Perlindungan Hukum

close up golden justice scale courtroom 23 2147876801 - Intip Layanan Terbaru untuk TKI dari Kedutaan Indonesia di Malaysia

Kedutaan Indonesia bertugas memberikan dan memenuhi hak-hak perlindungan hukum bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berada di Malaysia. Perlindungan hukum tersebut berupa mencari penyelesaian masalah hukum atas TKI tersebut dan mendampingi jalannya proses hukum hingga selesai.

2. Layanan Kekonsuleran

business man financial inspector secretary making report calculating checking balance internal revenue service inspector checking document audit concept 1423 126 - Intip Layanan Terbaru untuk TKI dari Kedutaan Indonesia di Malaysia

Kedutaan Indonesia di Malaysia bertugas memberikan pelayanan kekonsuleran bagi TKI yang berada di Malaysia. Adapun daftar pelayanan kekonsuleran tersebut di antaranya:

  • Legalisasi

Tenaga Kerja Indonesia bisa mengajukan legalisasi dokumen seperti paspor, visa, dan dokumen penting lainnya.

  • Surat Keterangan

Kedutaan Indonesia melayani pembuatan surat keterangan pendidikan, surat keterangan jalan, pindah, dan sebagainya.

  • Pelaporan/Pencatatan Peristiwa Penting

TKI bisa mengajukan pelaporan/pencatatan untuk peristiwa seperti kelahiran, pernikahan, dan kematian.

  • Penerbitan NIT (Nomor Induk Tunggal)

Kedutaan Indonesia memberikan pelayanan penerbitan atau pembuatan NIT untuk keperluan administratif WNI.

  • Pelayanan Ketenagakerjaan

Kedutaan Indonesia memberikan pelayanan pembuatan surat ketenagakerjaan, meliputi Pengajuan SSW (Specified Skilled Worker), dan KTKLN (Kartu Kerja Luar Negeri).

Kedutaan Indonesia bertekad untuk memberikan pelayanan yang prima, adil, dan tepat waktu tanpa dipungut biaya apapun. Lembaga ini akan membantu perlindungan dan keperluan administratif Anda selama berada di Malaysia. Tidak cukup hanya dengan mengetahui Kedutaan Indonesia di Malaysia untuk melancarkan keperluan Anda di Malaysia, Anda juga perlu mengetahui layanan aplikasi Qelola yang dapat mempermudah Anda melakukan pembayaran dan pengiriman uang selama berada di Malaysia.

Qelola merupakan aplikasi yang dapat membantu Anda melakukan kiriman uang ke Indonesia secara efektif kapan saja dan di mana saja. Qelola menawarkan layanan yang beragam, seperti e-wallet, transfer uang, dan layanan multi-billing untuk pembayaran segala kebutuhan Anda. Dengan berbagai fitur tersebut, transaksi yang dilakukan akan berjalan semakin mudah. Cara yang digunakan pun tidak rumit, cukup unduh aplikasi Qelola, registrasi, isi data, dan mulai bertransaksi.

Melalui Qelola, Anda bisa mengirimkan dan melakukan pembayaran dengan aman dan terjangkau. Qelola juga memiliki pos pengeluaran sehingga kiriman uang dapat difungsikan maksimal sesuai kebutuhan keluarga. Beragam tagihan dan transfer uang dapat Anda lakukan hanya dengan aplikasi Qelola di smartphone. Unduh aplikasi sekarang juga dengan klik di sini.

Tags: , , , , ,