3 Keuntungan Punya Paspor Elektronik, TKI Wajib Tahu Nih!

e-paspor

International Civil Aviation Organisation atau Organisasi Penerbangan Sipil Internasional menghimbau semua masyarakat dunia untuk menggunakan paspor elektronik. Bagi Anda yang ingin mengajukan paspor baru atau memperpanjang paspor lama, sebaiknya pilih paspor elektronik atau yang akrab disebut e-paspor. Wujud dari e-paspor ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan paspor non elektronik. Hanya saja biaya yang harus Anda keluarkan untuk pembuatan paspor jenis elektronik lebih mahal dibandingkan dengan paspor biasa. 

Sedangkan syarat dan proses untuk bisa memiliki e-paspor ini sama alurnya dengan pembuatan paspor non elektronik. Anda cukup membawa dokumen asli, seperti KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Ijazah Terakhir, dan Akta Nikah (bagi yang sudah menikah). Dokumen tersebut selanjutnya difotokopi di kertas berukuran A4 dan dibawa ke Kantor Imigrasi terdekat. Untuk fotokopi dokumen-dokumen tadi usahakan tidak perlu dipotong ya! Selanjutnya akan ada sesi pemeriksaan berkas, wawancara dan foto. Setelah proses tadi selesai, Anda tinggal membayar di bank yang ditunjuk dan kembali ke Kantor Imigrasi 5 hari kemudian untuk mengambil paspor yang sudah jadi. Simak informasi menarik lainnya tentang paspor elektronik berikut ini yuk!

Apa Itu Paspor Elektronik/ E-Paspor?

passport 1 - 3 Keuntungan Punya Paspor Elektronik, TKI Wajib Tahu Nih!

Paspor elektronik adalah dokumen perjalanan ke luar negeri yang di dalamnya terdapat chip. Chip ini berisi berbagai data biometrik pemilik e-paspor yang meliputi data biometrik wajah, data biometrik sidik jari, serta data pendukung lain yang mengandung unsur pengaman paspor. Karena hal tersebut, e-paspor ini juga sering disebut juga dengan istilah paspor biometrik. Paspor elektronik disebut lebih aman jika dibandingkan dengan paspor non elektronik. 

Mengapa e-paspor ini dianggap lebih aman? Karena seluruh data biometrik pemilik asli paspor sudah tersimpan di dalam chip yang ditanamkan di dalam paspor, jadi kecil kemungkinannya e-paspor ini untuk bisa disalahgunakan pihak lain apabila terjadi kehilangan. Selain aman, paspor elektronik juga dinilai ramah lingkungan karena mengurangi unsur pemakaian kertas. Beberapa negara yang sudah menerapkan e-paspor secara penuh diantaranya adalah Amerika Serikat, Australia, Inggris, Swedia, Selandia Baru, Jepang, dan juga Malaysia. Indonesia kapan ya?

Namun sayangnya, di Indonesia sendiri biaya pembuatan e-paspor ini tergolong sangat mahal. Jumlah uang yang harus Anda keluarkan untuk membuat paspor elektronik adalah 600 ribu rupiah dengan tebal 48 halaman. Nominal tersebut masih ditambah lagi dengan biaya jasa penggunaan teknologi sistem informasi keimigrasian sebesar 55 ribu rupiah. Ternyata angka tersebut jauh berbeda dengan pembuatan paspor non elektronik yang hanya menghabiskan biaya 100 ribu rupiah untuk 24 halaman dan 300 ribu rupiah untuk 48 halaman. Mungkin hal ini yang membuat orang mikir-mikir untuk mengajukan e-paspor.

Keuntungan Pakai E-Paspor

passport 2 - 3 Keuntungan Punya Paspor Elektronik, TKI Wajib Tahu Nih!

Biaya e-paspor yang Anda bayar tentunya sepadan dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan, termasuk dalam pembuatan paspor elektronik ini contohnya. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh jika memilih menggunakan e-paspor. Kalau kata orang ada harga ada rupa ya. Lalu apa saja ya keistimewaannya paspor elektronik ini. Ini dia ulasannya:

  • Memiliki Tingkat Keamanan Tinggi

Keamanan dari e-paspor tidak usah diragukan lagi. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, paspor jenis ini menyimpan data biometrik wajah dan sidik jari si empunya paspor yang ditanam di dalam chip. Jadi jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tidak perlu khawatir paspor Anda akan disalahgunakan orang lain. Hal tersebut kecil kemungkinannya bahkan sangat mustahil karena wajah dan sidik jari tiap-tiap orang jelas berbeda-beda. 

  • Ada Jalur Khusus Saat Pemeriksaan Paspor

Keistimewaan lainnya bagi pemegang e-paspor adalah tersedia jalur khusus saat pemeriksaan. Hal ini khususnya bagi Anda yang turun di Jakarta dan Bali. Kini, pemegang e-paspor tidak perlu repot-repot mengantri di pintu pemeriksaan imigrasi saat sampai di bandara. Anda dapat langsung meluncur ke autogate penerbangan internasional untuk melakukan pemindaian paspor. 

  • Bebas Visa ke Negara Jepang

Kabar gembira nih bagi Anda yang akan atau gemar bertandang ke Negeri Sakura Jepang. Kini, bagi pemegang e-paspor yang akan melakukan perjalanan ke Jepang tidak perlu membayar visa. Jadi Anda bisa mengunjungi Jepang tanpa visa bermodalkan paspor elektronik. Namun aturan ini hanya berlaku untuk kunjungan ke Jepang selama 15 hari saja. Perlu Anda catat untuk menikmati bebas visa ini, sebelum berangkat Anda harus mendaftarkan paspor Anda lebih dulu dan menunggu 2 hari untuk proses selesainya pendaftaran. 

Selain mengetahui keistimewaan paspor elektronik, Anda juga harus pastikan komunikasi Anda lancar dan terjaga saat berada di luar negeri. Nah, jika kehabisan pulsa Anda bisa melakukan pembelian pulsa melalui aplikasi online yang cukup populer saat ini yaitu aplikasi Qelola.

qelola app 2 1 - 3 Keuntungan Punya Paspor Elektronik, TKI Wajib Tahu Nih!

Aplikasi Qelola ini pada dasarnya merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk melakukan transfer uang dari Malaysia ke Indonesia langsung dari handphone. Selain untuk transfer uang, aplikasi ini juga bisa Anda manfaatkan untuk membayar berbagai tagihan di Indonesia seperti tagihan listrik, air, BPJS, dan TV Kabel. Ditambah lagi, melalui aplikasi ini Anda juga bisa isi ulang pulsa dan kuota internet. Caranya bagaimana? Mudah saja, unduh aplikasi Qelola terlebih dahulu melalui Playstore dan daftarkan nomor Anda. Selanjutnya segera nikmati fitur yang ada di dalamnya dalam sekali klik saja. Informasi lainnya tentang Qelola bisa Anda temukan lewat website resminya di sini.

Tags: , , , , ,