Ketahui Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi Berikut Ini

happy woman with phone scaled - Ketahui Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi Berikut Ini

Internet kini sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Dengan akses ke seluruh platform yang lebih mudah, membuat internet menjadi pilihan untuk mengisi waktu yang senggang. Kebutuhan internet yang meningkat pastinya akan memengaruhi kebutuhan kuota internet seseorang. Semakin sering menggunakan internet, maka semakin besar kuota internet yang dibutuhkan. Bukan hanya itu saja, masa karantina saat pandemi ini membuat aktivitas pengguna internet juga semakin tinggi. Seperti halnya sebagian orang yang bekerja dari rumah memanfaatkan fitur virtual meeting online dari aplikasi Zoom misalnya. Artinya, semakin besar juga kuota internet yang kamu butuhkan. Nah, kira-kira seperti apa ya cara mudah hemat kuota internet saat pandemi ini? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1.Manfaatkan fitur Data Saver pada smartphone atau gadget lainnya

sten ritterfeld psKil0FkS58 unsplash 700x526 - Ketahui Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi Berikut Ini

Saat ini teknologi yang tersedia melalui smartphone atau gadget sudah semakin canggih. Fitur-fitur yang tersedia pun semakin beragam dan lebih memudahkan penggunanya. Salah satu fiturnya adalah penghemat data atau Data Saver. Dengan fitur ini smartphone atau gadget Anda akan secara otomatis menekan penggunaan data internetmu. Misalnya Anda sedang streaming video, resolusinya akan diturunkan secara otomatis. Lalu, jika smartphone dalam kondisi locked sampai beberapa menit, maka seluruh background apps yang masih bekerja akan dihentikan. Untuk mengaktifkan fitur Data Saver ini kamu bisa menuju menu Settings pada smartphone Anda.

2.Kurangi penggunaan fitur Video

business video call laptop 700x467 - Ketahui Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi Berikut Ini

Streaming atau mengunduh video pada platform seperti Youtube sangat menguras data internet. Dengan menonton video selama 10 menit saja membutuhkan ratusan Mb. Tidak hanya itu, video pada platform konferensi video virtual juga membutuhkan banyak kuota internet. Solusi dari masalah ini adalah dengan cara mengurangi intensitas penggunaannya atau menurunkan resolusi (kualitas) videonya. Dengan cara ini tentunya bisa menghemat kuota internet dan bertahan lebih lama.

Baca Juga: Aktivitas Seru di Rumah Selama Karantina Pandemi Covid-19

3.Menggunakan WiFi

bernard hermant X0EtNWqMnq8 unsplash 700x467 - Ketahui Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi Berikut Ini

Kini sangat mudah menemukan WiFi gratis di tempat umum. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas WiFi gratis yang tersedia jika sedang berada di luar rumah. Selain menghemat konsumsi daya baterai gadget, tentunya bisa menekan penggunaan kuota internetmu juga loh. Jadi kamu bisa manfaatkan untuk download video atau akses ke website yang kamu inginkan selagi sedang terhubung dengan WiFi. Sehingga, kuota internetmu bisa dialihkan untuk keperluan lain yang lebih penting.

4.Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

obi onyeador 0HOGSrEwLrg unsplash - Ketahui Tips Hemat Kuota Internet Saat Pandemi Berikut Ini

Kamu suka merasa kuota internetmu cepat habis meski sudah menggunakannya secara wajar? Bisa jadi fitur sikronisasi otomatis smartphone atau gadget kamu aktif. Fitur ini biasanya memungkinkan untuk akun pada aplikasi tetap berjalan meski dalam kondisi smartphone terkunci. Fungsi dari fitur ini adalah untuk memberikan pemberitahuan atau update terbaru dari akun yang di-sinkron-kan tersebut. Sehingga notifikasi dari aplikasi tersebut bisa kamu terima tepat waktu. Tentunya fitur ini akan membuat kuota internetmu terpakai walau sedang dalam keadaan tidak membuka aplikasi. Kamu bisa menonaktifkan fitur sinkronisasi otomatis ini untuk menghemat kuota internet.

Nah, itu dia tips-tips hemat kuota internet selama masa pandemi yang bisa kamu coba terapkan. Masa karantina yang masih berlangsung tentunya membuat kita lebih banyak untuk beraktivitas di rumah aja. Konsumsi akan internet juga semakin tinggi, apalagi dengan ketentuan bekerja dari rumah (Work From Home) yang diterapkan demi menurunkan potensi penyebaran Covid-19.

Jika pulsa untuk beli kuota internet habis, kamu ga perlu khawatir lagi. Karena ada aplikasi Qelola yang memudahkan untukmu beli pulsa. Hanya dengan top up saldo Qelola, kamu sudah bisa langsung beli pulsa untuk lanjut internetan. Jangan sampai kehabisan pulsa mempengaruhi  produktivitasmu jadi menurun loh. Yuk, segera unduh aplikasi Qelola melalui Playstore sekarang juga!

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,